Cara Menyemir Ban Mobil yang Baik dan Benar

  • Whatsapp

Cara Menyemir Ban Mobil yang Baik dan Benar –¬†Bodi mobil yang bersih saja tak cukup, Anda juga harus memperhatikan kebersihan ban. T ampil sempurna dengan mobil kesayangan adalah keinginan setiap pemilik mobil yang selalu memperhatikan penampilan. Untuk itu ritual mencuci pun tak sebatas pada perhatian pada kebersihan bodi saja. Ban sebagai bagian paling bawah dan punya kemungkinan kotor lebih besar pun dibuat selalu mengilap. Jika bodi sudah bersih cemerlang dan ban disemir mengilap, sang pemilik akan lebih percaya diri mengendarai mobil kesayangannya.

Seperti seseorang yang menggunakan baju rapi dengan sepatu yang bersih. Tak hanya membuat mobil enak dipandang, ban yang selalu bersih juga berumur lebih panjang. Dilihat dari fisiknya, semir ban yang banyak dijumpai di pasaran umumnya terbagi menjadi dua jenis; berbentuk cairan dan foam. Selain itu, sebenarnya semir ban juga bisa dibagi berdasarkan material pembuatnya. Pertama adalah silikon berbasis minyak atau solvent, kedua silikon dengan bahan dasar air alias water base. Dalam memilih semir ban, sebaiknya jangan terpaku pada efek kilapnya saja, tetapi perhatikan juga kandungannya untuk menjaga kelembaban ban.

Baca Juga  Nissan Terus Gaungkan GT Academy

Silikon berbasis solvent biasanya memberikan hasil yang tampak lebih mengilap dan memberikan efek basah (wet look), namun efeknya tak bertahan lama. Efek selanjutnya justru buruk karena membuat permukaan ban justru menjadi kering. Jika sering digunakan pada ban, semir ban dengan kandungan silikon berbahan dasar solvent ini dapat membuat ban menjadi kemerahan, dan lama-kelamaan akan mengering, sehingga merusak permukaan karet membuat dinding ban getas serta retak. Salah satu ciri semir semacam ini adalah banderol yang murah. Ciri lainnya adalah bila diaplikasikan, semir ban dengan solvent lebih terasa lengket di permukaan ban. Sebaliknya material silikon dengan bahan dasar air alias water base tak memiliki efek samping yang merugikan bagi ban. Itu sebabnya produsen car care terpercaya juga menjadikan silikin jenis ini sebagai bahan dasarnya. Selain itu semir ban jenis ini juga lebih ramah lingkungan Kendala semir ban berbahan dasar silikon water base memiliki banderol yang kadang dianggap terlalu tinggi. Namun sebetulnya rentang harganya juga jauh, mulai dari Rp 25 ribuan hingga Rp 100 ribuan per kemasan.

Baca Juga  Mobil Suzuki Crossover Terbaru yang di Rilis

Ragam semir ban

Dalam bentuk cairan dan foam, di pasaran tersedia banyak sekali semir ban dalam berbagai kemasan baik menggunakan aplikator, berbentuk natural spray, atau kaleng aerosol. Semir ban jenis liquid biasanya dikemas dalam semprotan (natural spray). Penggunaannya menuntut kebersihan ban untuk dapat mencapai hasil maksimal. Agar merata, semir ban jenis ini harus dibantu oleh sapuan kuas atau menggunakan spons. Sama seperti pengilap ban berbentuk gel. Bedanya ada pada kepekatan cairan. Karena semir ban berbentuk gel ini sangat pekat, bantuan spons mutlak diperlukan.

Itu sebabnya beberapa produk menyertakan aplikator di kemasannya. Kemasan aerosol digunakan oleh semir ban berbentuk spray. Fungsinya sebagai pengilap membuat jenis spray juga menuntut ban yang benar-benar bersih untuk hasil maksimal. Penggunaannya lebih praktis dibanding model natural spray atau gel karena tidak perlu diratakan menggunakan kuas atau spons. Namun jenis ini lebih boros pemakaiannnya. Semir ban jenis foam belakangan semakin menjadi pilihan pemilik mobil karena pemakaiannya yang lebih praktis lagi. Jenis foam ini punya kelebihan yakni berfungsi juga sebagai pembersih. Dengan begitu, ban yang tidak terlalu kotor tak perlu lagi dicuci terlebih dahulu. Cukup disemprot dan biarkan foam bekerja membersihkan sekaligus mengilapkan ban. Kekurangannya adalag efek kilapnya yang tak sebaik jenis spray maupun gel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.