Honda HRV Vs Nissan Juke Mana yang Terbaik ?

  • Whatsapp

Honda HRV Vs Nissan Juke Mana yang Terbaik ?

 

Honda HR-V tahu untuk benar-benar menjadi kampiun di kelas ini ia harus terlebih dahulu mengalahkan Nissan Juke. Dan HR-V juga tahu tak ada cara lain selain melewati jalur neraka ini. Honda HR-V mendapat sambutan sangat positif selama eksistensinya di Indonesia. Ini merupakan kali pertama Honda terjun di kelas Compact SUV dan HR-V melakukan debutnya dengan sangat baik. Namun bulan madu itu berubah menjadi pergulatan ketat karena kami membawa HR-V ke arena komparasi. Bukan yang bermesin 1.800 cc (1.799 cc-red), HR-V yang kami pertandingkan kali ini adalah versi bermesin 1.500 cc (1.497 cc-red).

Pemilihan ini perlu karena mesin berkapasitas ini paling populer di kelas Compact SUV Indonesia. Lebih jauh, kami langsung mendatangkan Nissan Juke ke arena karena Juke-lah yang paling layak berhadapan dengan HR-V 1.5. Meski di kelas ini ada peserta lain seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Renault Duster, namun secara spesifikasi, Nissan Juke tetap yang paling spesifik. Selain mesin bensin yang berkapasitas mirip, Juke juga sama-sama berpenggerak roda depan (FWD) dan berkapasitas 5 penumpang. Ragam tur yang menjadi salah satu elemen penting HR-V 1.5 juga ditawarkan oleh Juke kepada para penyukanya. Itu sebabnya kami memilih HRV 1.5 E sebagai varian termewah dan terlengkap di line-up HR-V 1.500 cc. Sedangkan dari kubu Juke, pilihan pemuncak adalah Juke Revolt Red Interior, dan tipe itu pula lah yang kami hadirkan.

Lantas, mampukah HR-V melewati jalur neraka ini? ON THE ROAD n Di jalan, HR-V 1.5 E terlihat dinamis dengan siluet bodi indah dan proporsional. Dibanding Juke Revolt, ia tampil dengan postur lebih panjang sehingga terkesan lebih besar. Sementara Juke Revolt, modelnya yang unik makin dibuat istimewa berkat aplikasi body kit. Penggunaan warna putih di sebagian lis body kit turut menambah atraktif Juke Revolt. Jika tidak suka jadi pusat perhatian, maka memilih Juke Revolt adalah keputusan yang salah. Kenyamanan Tak bisa dipungkiri, Honda pasti sudah meriset kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil jenis Compact SUV.

Buktinya, kelemahan yang dimiliki Juke Revolt pada faktor akomodasi bisa diselesaikan dengan memuaskan oleh HR-V. Ruang kabin bagi penumpang belakang HR-V tersaji lebih lapang dengan berbagai trik. Selain kabin yang memang lebih panjang, pemangkasan kontur bangku penumpang depan serta plafon di atap penumpang belakang menghasilkan ruang yang lega di jok baris kedua. Tapi harus diakui set suspensi HR-V lebih keras dari Revolt. Ini membuat bantingan suspensi Revolt terasa lebih nyaman untuk berkendara jarak jauh. Satu hal lagi yang turut menambah kenyamanan HR-V adalah akomodasi luas untuk menaruh barang. Meski keduanya memiliki fitur lipat rata, tetapi ruang kargo HRV dalam kondisi jok belakang berdiri masih lebih lapang.

Baca Juga  Berapa Sih Konsumsi BBM Xpander ?

Terlebih akses memasukkan barang ke bagasi HR-V juga tetap mudah karena dek yang tak terlalu tinggi. Nyaman saat Anda meletakkan barang belanja yang berat. Fun to Drive Kemampuan akselerasi kedua mobil ini sebenarnya sama. Keduanya menyelesaikan sprint 0- 100 km/jam dalam 11,1 detik. Namun ada faktor lain yang mendukung keasyikan berkendara mereka. HR-V memiliki posisi duduk lebih baik dengan jarak yang pas antara tangan-kemudi dan kaki-pedal. Saat dipacu kencang maupun dibawa santai, HR-V menghasilkan impresi berkendara yang rileks. Handling HR-V pun secara alami lebih tajam dari Juke. Membuat ia lebih meyakinkan saat dibawa menikung kencang. HR-V 1.5 E pun juga memiliki paddle shift yang membuatnya sangat mengasyikan untuk apapun gaya berkendara Anda.

Namun Juke Revolt punya mode berkendara istimewa yang tidak dimiliki HR-V 1.5 E. Mode berkendara D-Mode itu punya 3 pilihan yakni Eco, Normal dan Sport. Ketiga opsi itu dibedakan dari setting transmisi, power steering dan AC. Eco merupakan titik terhemat dan Sport merupakan setting paling bertenaga untuk mengemudi agresif. Nah hal inilah yang tidak dimiliki HR-V 1.5 E. Ini membuat pengemudi seolah memiliki kuasa akan karakter mobilnya. Anda tinggal mengatur via tombol yang ada di dasbor, maka Juke Revolt bisa menjelma jadi sosok lembut atau garang sesuka Anda. Performa Performa adalah parameter penting di kelas ini. Selain kecekatan yang ditunjukkan dalam uji akselerasi, efisiensi BBM merupakan hal berikutnya yang vital bagi SUV kompak. HR-V dan Revolt mencetak angka identik untuk akselerasi 0-100 km/jam, yaitu 11,1 detik.

Keduanya membuktikan bahwa teknologi transmisi CVT bisa ‘galak’ merespons tenaga mesin. Pesona Juke Revolt semerbak saat beradu hemat. Di rute dalam kota ia mampu menyelesaikannya dengan catatan 14,1 km/l. Sedikit lebih irit dari HR-V 1.5 E yang harus puas di angka 13,7 km/l. Di rute tol, pengaturan mode berkendara dan supremasi transmisi CVT nan efisien membuat Juke Revolt mampu mencetak angka 20,0 km/l. Sementara HR-V 1.5 E figur terbaiknya hanya 17,6 km/l. Tapi kami melihat hasilnya tidak terpaut jauh dan keduanya hanya selisih tipis. Value for Money HR-V 1.5 E CVT berwarna Morphid Blue Pearl dipatok dengan harga Rp 292,5 Juta (on the road Jakarta). Dengan nilai tersebut, Anda mendapatkan model kendaraan yang benar-benar fresh karena ini pertama kali Honda mengeluarkan Compact SUV di Indonesia. Fitur-tur unggulan HR-V 1.5 E cukup lengkap, misalnya cruise control dan paddle shift.

Baca Juga  Mobil Hybrid Tercepat di Dunia

HR-V juga memiliki rem parkir elektrik yang mudah diaktifkan via tuas membuat ruang kabin lebih praktis dan mewah. Juke Revolt berwarna interior merah dibanderol dengan harga Rp 294,9 Juta (on the road Jakarta). Dengan nilai tersebut, Anda mendapatkan mobil yang hemat bahan bakar dan memiliki segudang fitur yang kompetitif pula. Sebut saja fitur I-CON yang bisa mengatur setelan AC hingga mode berkendara (D-Mode) dalam satu konsol. Headunit detachable dengan fitur internet pun mengesankan kendaraan masa depan. Belum lagi kenyamanan suspensi dan lampu berteknologi mutakhir yang jarang muncul pada mobil di bawah Rp 300 juta pun sudah diadopsinya. Desain Siapapun tahu bahwa desain Nissan Juke terhitung nyeleneh. Nah, versi Revolt yang dilengkapi body kit kian mengokohkan aura unik.

Di Revolt, imbuhan lips pada bagian bawah bumper depan dan belakang sukses membuat tampangnya seperti sports car. Kombinasi wajah khas Juke yang intimidatif dengan lampu bergaya mobil reli masa lalu kian cocok dengan imbuhan perangkat baru tersebut. Hadir belakangan setelah Juke membuat Honda sempat belajar banyak tentang selera masyarakat Indonesia. Alhasil meski berbagi basis dengan Jazz, HR-V 1.5 bisa hadir dengan desain yang tak kalah kompak dari Juke. Namun wajahnya tak sedemikian menantang layaknya Juke. Desain depan lebih santun dan terkesan futuristik dengan kontur lampu yang terintegrasi dengan gril.

Baca Juga  Penyebab Knalpot Mobil Rusak Efeknya dan Solusinya

Uniknya, Honda mengaplikasikan desain pintu belakang dengan cara membuka yang mirip dengan Nissan Juke. Di bagian Interior, HRV menawarkan desain yang tak kalah sporti. Bahkan konsol tengahnya pun didesain dengan sangat apik dan berfungsi layaknya separator kabin pada sebuah sports car. Asyiknya, kabinnya sangat driver-oriented, senada dengan unsur sporti yang coba ditunjukkan Honda pada HR-V.Fitur Untuk harga mobil di bawah Rp 300 juta, kedua mobil menawarkan tur yang lumayan bernilai. Misalnya pada Juke Revolt, lampu yang digunakan sudah otomatis menyala dan disertai tur auto levelling. Tak hanya itu, terdapat pula mode berkendara yang disebut D-Mode.

Sistem ini bahkan berfungsi sangat komprehensif untuk mengatur sistem berkendara. Tak hanya pengaturan mesin dan transmisi saja, namun hingga AC pun akan menyesuaikan mode yang ditentukan pengemudi. Sehingga mobil bisa berada dalam kondisi paling esien maupun full performa. Sistem hiburan yang disajikan lewat headunitnya juga termasuk royal. Lewat panel layar sentuh 7 inci yang dapat dilepas tersebut, akses multimedia bisa dilakukan hingga koneksi internet via WiFi. Meski tak bisa diinput CD dan DVD, namun file musik bisa dimasukkan lewat USB ataupun radio internet. Oh ya, koneksi telepon pun bisa dilakukan via Bluetooth dan panggilan bisa dilakukan dengan perintah suara.

Tak lupa kamera parkir untuk membantu pengemudi memarkir di ruang sempit. HR-V 1.5 E juga menggunakan panel layar sentuh 6,1 inci namun dengan metode input file yang lebih banyak, yakni tersedia juga slot keping CD/ DVD/MP3. Sayangnya, HRV tak memiliki koneksi internet dan perintah suara. Meski multimedia tak unggul, HR-V memiliki fitur yang lebih eksklusif yakni cruise control untuk menjaga kecepatan saat berkendara konstan.

Rem parkir elektris dan auto brake hold juga tersedia, sehingga tak perlu repot menarik tuas rem tangan setiap berhenti di tanjakan. Kontrol transmisi CVT pun bisa dilakukan via paddle shift. Perangkat ini tak dimiliki oleh Juke Revolt yang bertansmisi serupa. Termasuk pula kontrol kestabilan dan pengatur maju-mundur setir.

Kesimpulan n Nissan Juke Revolt, bagaimana pun adalah lawan tangguh bagi Honda HR-V 1.5 E CVT. Terutama di soal performa, ia sedikit lebih kencang dan sedikit lebih hemat dibanding HR-V.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.