Ini Lho Mobil 4 Seat Tercepat di Dunia

  • Whatsapp

Ini Lho Mobil 4 Seat Tercepat di Dunia

Family frendly kami menyebutnya Ferrari GTC4Lusso. Ya, karena spesies Kuda Jingkrak yang satu ini Ferrari, begitu beda sendiri. GTC4Lusso punya makna mobil dengan tipe Gran Turismo Coupe yang berpenggerak 4 roda, Lusso sendiri diambil dari bahasa Italia, artinya Luxury. Kabinnya mampu menumpang 4 orang dewasa dengan nyaman. Ferrari bikin spesies ini untuk para pemilik Ferrari yang ingin mengajak teman atau keluarga berkendara jauh dengan kenyamanan lebih tanpa mengurangi performa khasnya. Desain kabin besar mirip bentuk hatchback juga station wagon, tapi sebenarnya model ini disebut shooting brake. Pengertiannya beda, station wagon punya empat pintu, sedangkan shooting brake hanya dua pintu. Sebelumnya Ferrari punya spesies Grand Tourer bernama Ferrari FF. FF merupakan singkatan dari Ferrari Four, maksudnya mampu diisi 4 penumpang dan berpenggerak 4 roda. Sebelum Ferrari FF, ada spesies 612 Scaglietti yang punya konsep 2+2 coupe. Dibandingkan Ferrari FF, GTC4 Lusso yang dilansir sejak 2016 ini diklaim punya kabin yang lebih lega dan kedap, namun begitu Ferrari tetap mempertahankan dapur pacu 6.300 cc konfgurasi V12 naturally aspirated (N/A). Mesinnya ditaruh di bagian depan dan sanggup memuntahkan daya hingga 680 dk pada putaran mesin 8.000 rpm. Torsi maksimumnya tercatat di angka 697 Nm pada putaran 5,750 rpm. Salah satu teknologi baru yang diaplikasikan pada GTC4Lusso adalah penggunaan sistem penggerak empat roda 4RM Evo yang terintegrasi dengan pengaturan kendali roda belakang, kini disebut 4RM-S (four wheel drive and steering system). Lalu kenapa kami menyebutnya sebagai family friendly Ferrari, utamanya lantaran mobil ini mampu memuat lebih banyak penumpang dibandingkan Ferrari kebanyakan. Ia juga punya desain shooting brake yang terlihat lebih ‘ramah’ di jalanan. Bagaimana rasanya menjajal kemampuan si Kuda Jingkrak satu ini dalam waktu setengah hari, berikut laporannya

Baca Juga  Foto Modifikasi Motor Minerva

DESAIN

Tentu saja yang menarik perhatian kami adalah adalah desain keseluruhan. Shooting brake coupe terlihat dari tarikan garis bodi yang streamline dan terkesan fastback dengan atap yang semakin rendah ke belakang. Dua pasang lampu bulat belakang khas Ferari yang memberi kesan kuat, lekukan fender dari arah tengah menuju lampu dibikin kekar agar terkesan berotot. GTC4Lusso punya ukuran wheelbase sekitar 2,9 meter. Ia punya panjang total sekitar 4,92 meter dengan lebar 1,98 meter dan tinggi yang hanya 138 cm saja. Bagasinya cukup lega dengan ukuran sekitar 450 liter.

INTERIOR DAN AKOMODASI

Di bagian tengah dasbor, ini model Ferrari pertama yang diimbukan layar monitor 10.25 inci High Defnition. Semua pengaturan mulai dari hiburan hingga pengaturan AC tinggal pencet layar sentuhnya. Display tambahan yang menunjukkan mode berkendara dan informasi lainnya ditampilkan pada layar tipis di bagian dasbor penumpang depan. Ferrari juga memberikan setir yang ukurannya lebih kompak dengan airbag yang lebih kecil serta berbagai tombol kontrol Manettino yang posisinya dirancang ergonomis, sehingga berikan pengalaman sporty yang lebih. Mode mode berkendara dan stabilitasnya ada di kolom setir bagian kanan bawah, modenya mulai Wet, Comfort, Sport dan ESC Off. Setelah suara knalpot juga ikut dipengaruhi mode yang dipilih. Pencet tombol start di setir, raungan mesin V12-nya langsung terdengar. Hmm, seksinya. Menyenangkan sekali ketika mengajak GTC4Lusso ini berakselerasi. Torsinya langsung menjambak tubuh saat pedal gas diinjak penuh. Sebenarnya saat pedal diinjak posisi 1/5 saja, torsinya sudah begitu terasa. Menurut Ferrari walau torsi maksimumnya angka 697 Nm pada putaran 5.750 rpm, namun sekitar 80% sudah terasa sejak putaran 1.750 rpm. Klaimnya dari diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 3,4 detik saja. Ferrari juga klaim, kecepatan maksimum yang bisa diraih di khas Ferari yang memberi kesan kuat, lekukan fender dari arah tengah menuju lampu dibikin kekar agar terkesan berotot. GTC4Lusso punya ukuran wheelbase sekitar 2,9 meter. Ia punya panjang total sekitar 4,92 meter dengan lebar 1,98 meter dan tinggi yang hanya 138 cm saja. Bagasinya cukup lega dengan ukuran sekitar 450 liter. INTERIOR DAN AKOMODASI angka 335 km/jam. Gokil! Apakah ini mobil 4 penumpang tercepat di dunia saat ini? Mungkin saja.Desain bodi ala shooting brake coupe yang panjang dan atap yang lebih tinggi, membuat duduk di kabin belakang bisa dibilang cukup nyaman. Joknya mendekap badan. Cukup untuk dua orang penumpang dewasa, pas tidak bisa dibilang lega, walaupun ruang kakinya sedikit lebih panjang (16 mm saja) dari Ferrari FF. Di bagian tengah jok dipisahkan konsol boks dengan cover yang empuk. Atap panoramic roof-nya juga ikut memberikan kesan lega.

Baca Juga  Review Kelebihan Kekurangan Mobil Innova Matic

 

DRIVING IMPRESSION

Pencet tombol start di setir, raungan mesin V12-nya langsung terdengar. Hmm, seksinya. Menyenangkan sekali ketika mengajak GTC4Lusso ini berakselerasi. Torsinya langsung menjambak tubuh saat pedal gas diinjak penuh. Sebenarnya saat pedal diinjak posisi 1/5 saja, torsinya sudah begitu terasa. Menurut Ferrari walau torsi maksimumnya angka 697 Nm pada putaran 5.750 rpm, namun sekitar 80% sudah terasa sejak putaran 1.750 rpm. Klaimnya dari diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 3,4 detik saja. Ferrari juga klaim, kecepatan maksimum yang bisa diraih di angka 335 km/jam. Gokil! Apakah ini mobil 4 penumpang tercepat di dunia saat ini? Mungkin saja. Di seputaran BSD, Tangerang Selatan, kami diajak berkeliling mencari trek lurus dan menikung, beberapa kali injak gas dalam-dalam saat berada di tikungan. Pengendalian terasa mantap dan bikin rasa percaya diri yang tinggi terlebih lebih lantaran ftur Vehicle Dynamic yang disematkan. Vehicle Dynamic yang dimaksud adalah sistem penggerak empat roda 4RM Evo yang terintegrasi dengan roda belakang yang bisa dibelokkan (rear wheel steering). Saat dalam kondisi menikung, saat mobil dan setir bergerak ke kiri, roda belakang juga ikut bergerak ke arah kanan. Fungsinya menambah keseimbangan (stabilitas) berkendara saat dipacu dalam kecepatan tinggi saat menikung. Stabilitas berkendara si kuda jingkrak ini sangat ditunjang sistem Slip Side Control versi 4.0 (terbaru), berikut electronic differential (E-Diff) Serta SCM-E damper baru yang meningkatkan level kenyamanan peredaman suspensinya. Kesemuanya memberikan kepercayaan diri lebih tinggi kepada pemiliknya untuk berkendara di segala kondisi jalan termasuk di saat jalanan licin, dengan grip rendah atau tertutup salju sekalipun. Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan lokasi, kami tak bisa mengukur konsumsi bahan bakar secara real. Sedangkan Ferrari bilang kalau GTC4Lusso ini mampu habiskan bahan bakar satu liternya untuk 4,2 km, sedangkan perjalanan luar kota sekitar 1:9 km/liter.

Baca Juga  Modifikasi Motor Trail Kawasaki KLX 150

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.