Modifikasi Audio Xpander Ultimate Agar Makin Mantab

  • Whatsapp

Modifikasi Audio Xpander Ultimate Agar Makin Mantab

  • BUDGET 30 JUTA, UNTUK MODIFIKASI AUDIO XPANDER

Low MPV andalan Mitsubishi yakni Xpander, mulai ‘membanjiri’ jalanan, alias makin sering dijumpai wara-wiri. Bahkan ada yang sudah dimodifkasi, baik ekterior maupun interiornya. Nah, untuk di interior, ubahan yang kerap dilakukan adalah meningkat kualitas suara sistem interteinment-nya. Padahal, kualitas audio standar Xpander sudah termasuk baik loh. Namun memang untuk penyukan sound quality (SQ), tentunya masih dianggap kurang. Untuk memuaskan ‘dahaga’ para penggemar kualitas suara bagus, Eddie Soesanto, instalatur Cartens Audio di Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan, coba merancang paket sound qualityuntuk Xpander. Tak tanggung tanggung paket audio senilai Rp 30 juta tersebut, diperagakan dipasang di kabin Xpander miliknya. Mau tahu isi paketnya apa saja?

SISTEM 3WAY

Sebagai komando suara, head unit bawaan pabrik digantikan dengan produk Kenwood tipe DDX9017WS. Head unit ini punya banyak ftur, antara lain pemutar DVD, Radio AM/FM, konektivitas dengan Android Auto dan Apple Car Play, Bluetooth serta pengatur output suara alias equalizer. Lalu untuk keluaran suara, dipercayakan pada speaker Hertz Mille Legend sistem 3way. Salah satu ciri khasnya adalah, penempatan tweeter dan midrange pada pilar A. Posisi tersebut guna mengoptimalkan suara vokal serta nada tinggi, agar fokusnya di atas dasbor. Seperti menghadirkan efek panggung di depan kita. oh iya, karena posisi tweeter dan midrange bersatu di pilar A, “Kami membuat dudukannya dari bahan fberglass. Agar hasilnya presisi, pengerjaan audio total habiskan waktu sekitar 1 minggu,” terang Eddie. Sedangkan untuk mengangkat nada-nada rendah, dibutuhkan subwoofer yang mumpuni. “Kami pilihkan Rockford Fosgate ukuran 12 inci, yang dibuatkan boks dengan kubikasi 0,75 sampai 1,25 kaki kubik,” jelas pria berambut panjang ini.

Baca Juga  Fitur Fitur Wajib pada Mobil Jaman Sekarang

Posisi subwoofer dan boksnya ditaruh di bagasi belakang, dengan desain yang simpel dan tidak habiskan banyak tempat. Nah, guna memberi tenaga pada masing-masing speaker, Eddie menanam dua power ampilifer. Power amplifer yang pertama, speknya 4 kanal dari Crescendo Infnity Series 1A4, diset untuk mendukung nada-nada tinggi dan menengah. Sedangkan untuk memberi tenaga optimal pada nada-nada rendah, dipilihkan power monoblock Domination Buddy. Kedua power amplifer ini ditaruh di bagian bawah jok baris depan, untuk mengoptimalkan ruangan. Satu lagi, lantaran ingin hasilkan kualitas suara yang lebih baik, penyalur output dari head unit ke power amplifer hingga menuju speaker dan sub, kabelkabel diganti pakai produk Nakamichi. Plus dipasang pula peredam STP Black. Tentunya semua penataan komponen dibikin efektif, untuk optimalisasi ruang. Dengan kata lain, ada unsur kosmetiknya. Untuk hasilnya, Eddie menjaimin telinga Anda akan lebih dimanjakan dengan detail suara yang lebih sip dari sistem audio standar bawaan Xpander. Buktikan saja!

Baca Juga  Inilah Mobil Listrik Mercedes Benz

 

Data Modifikasi : Head unit Kenwood DDX9017WS, speaker Hertz Mille Legend 3Way, fberglass custom pilar, power amplifer Crescendo Infnity Series 1A4 4 channel, power amplifer monoblock Dominations Buddy, subwoofer Rockford Fosgate 12 inci, kabel Nakamichi, peredam STP Black CARTENS AUDIO: Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Rukan Blok D2 No.22 Fatmawati, Jakarta Selatan. Tlp.(021) 7279-8998

  • BUDGET 20 JUTA

Mitsubishi Xpander rupanya masih jadi favorit untuk dimodifkasi, baik eksterior dan interior maupun audionya. Berbagai gaya modifkasi sudah semakin banyak terlihat di LMPV terlaris ini, salah satunya seperti Xpander yang. Moelyadi, juragan gerai audio Dynamics, coba mengubah settingan audio di Xpander miliknya, guna mendapatkan sound quality yang lebih ciamik. “Intinya, kualitas suara harus jernih, tebal dan kuat. Makanya sekarang saya ganti perangkat audionya pakai full Crescendodengan sedikit kosmetik agar terlihat lebih menarik,” ujar Moelyadi. tapi untuk head unit, ia tetap mengandalkan Pioneer AVH-Z5050Bt. Sedangkan speaker depan diganti pakai 3-way Crescendo Evolution W1S3. “Ini produk terbaru Crescendo, dengan full pasif crossover untuk tweeter, midrange dan midbass,” jelasnya.

Baca Juga  Penyebab Motor Matic tidak Mau Nyala

Midrange dan tweeter diletakkan di pilar A dengan frame custom. Sementara midbass tetap di doortrim aslinya. nah, agar frekuensi suara yang disalurkan ke 3-way speaker tersebut lebih tajam dan jernih, maka didukung oleh power amplifer Cressendo lansiran terbaru, yaitu Evolution 1A4 4 channel dengan daya 65watt. “Kelebihan power ini, lebih bening suaranya karena distorsi suaranya rendah” bilangnya lagi. Sedangkan untuk mengakomodif suara rendah, ditugaskan subwoofer Crescendo Beat 10 yang bediameter 10 inci, dengan boks 15 liter. “Supaya bagasinya masih bisa dimaksimalkan, jadi boksnya dibuat kecil dan rendah,” tutur Moelyadi. Pada saat jok baris ketiga dilipat volume kabin belakang pun tak berkurang banyak. Hasilnya saat musik Jazz dipasang, suara yang keluar dari speaker 3-way benar-benar terdengar jernih dan tajam. Bahkan ‘gebukan’ bass dari subwoofer pun juga terdengar jelas sampai ke depan. oke banget nih!

Data Modifikasi : Head unit : Pioneer AVH-Z5050BT, Speaker : 3way Crescendo Evolution W1S3, Power : Crescendo Evolution 1A4 4 channel , Subwoofer : Crescendo Beat 10

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.