Tips Touring Motor Jarak Jauh

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Tips Touring Motor Jarak Jauh

Dewasa ini kondisi lingkungan di Indonesia khususnya daerah perkotaan, sangat tidak kondusif. Banyak hal yang mempengaruhi kondisi berkendara menggunakan sepeda motor. Selain panas terik, juga tingginya polusi udara berupa partikel debu yang berterbangan, kepadatan jumlah kendaraan dapat berimbas pada terganggunya proses berkendara, khususnya berkendara dengan Motor (riding). Berbagai kondisi lingkungan yang sering menjadi gangguan saat riding seperti

 

 

  • Udara panas yang terik, acap kali membuat rider mencari cara agar dapat menghindari gangguan tersebut dengan cara berkendara menempel pada kendaraan besar seperti truk besar dan truk kontainer untuk menghindar sinar matahari. Ingat, kendaraan semakin besar maka semakin tinggi area blindspotnya.
Baca Juga  Modifikasi Motor Honda Tiger

 

  • Kondisi hujan yang turun saat riding membuat jalan menjadi licin, tetapi rider sering tidak memperhatikan hal itu, tetap tancap gas hanya karena takut basah dan kotor akibat cipratan.

 

  •  Pembangunan infrastruktur lingkungan jalan yang kurang baik, membuat banyaknya debu disepanjang perjalanan. Berimbas pada terganggunya penglihatan dan pernapasan rider.

 

  • ? Pembuangan sisa pembakaran dari knalpot kendaraan yang tidak terawat juga menyumbang polusi di berbagai tempat, utamanya dari kendaraan besar seperti bus, truck, bajaj dan lainnya

 

Untuk itu, patut diperhatikan tiga hal berikut ini, agar proses berkendara tetap aman dan selamat sampai tujuan tertentu.

 

1.Persiapkan mental dan fisik sebelum berkendara. Riding butuh stamina yang tinggi sekalipun jarak tempuhnya pendek. Emosi yang stabil dibutuhkan untuk menghadapi distraction (provokasi dan tidak tertib lalu­lintas) yang datang dari pengguna jalan lain. Riding dengan emosi yang tidak stabil akan cepat membuat cepat lelah dan menguras stamina. Lakukan riding dengan santai dan penuh perhitungan (miliki toleransi yang besar dengan pengguna jalan lain, selalu menjaga jarak yang aman, bersiap dengan segala kodisi yang terburuk serta bertanggung jawab).

Baca Juga  Mobil Sport Mercy dengan Atap Terbuka

 

2.atur arah dan waktu perjalanan dengan matang. Cari waktu yang tepat dengan arah yang teraman. Usahakan hindari jalan umum yang banyak kendaraan besar serta daerah yang sedang melakukan perbaikan jalan, sehingga mengurangi gangguan mata dan pernafasan karena polusi.

 

3.Persiapkan peralatan riding secara lengkap Selain peralatan umum yang digunakan seperti helm, sarung tangan & jaket, tambahkan perlengkapan lain: sun glasses, masker, body protector, knee & elbow protector, jaket hujan juga sepatu boot. Pastikan juga semuanya dipakai dengan nyaman. Resiko bahaya saat riding sangat tinggi, oleh sebab itu selalu sadar dan bejaga jaga serta waspada menjadi salah satu kunci keselamatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.