Review Kelebihan Kekurangan Mobil Innova Matic

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Review Kelebihan Kekurangan Mobil Innova Matic

Kehadirannya dari tahun 1970-an tentu akan melekat pada setiap orang, bahkan masyarakat memberikan nama unik. Seperti Kijang Buaya pada generasi pertama, dan Kijang Doyok untuk generasi kedua. Setiap perubahan dari generasi ke generasi, Toyota Kijang selalu menunjukkan perubahan yang signifikan. Misalkan, Kijang Super generasi ketiga memiliki desain body yang boxy, lalu generasi empat yaitu Kijang Kapsul mendapatkan perubahan total dengan desain lebih aerodinamis dan lekukan halus. Langkah besar yang dilakukan Toyota adalah menggabungkan Kijang generasi kelima yaitu Kijang Innova dengan proyek global IMV bersama Hilux dan Fortuner pada tahun 2004.

 

Perubahan kali ini terbilang cukup drastis dengan generasi sebelumnya, walaupun demikian, tetap terdapat satu benang merah yang menyamakan dengan pendahulunya. Benang merah tersebut adalah adopsi ladder frame yang membuat Kijang Innova unik. Kesuksesan Kijang dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi Executive Chief Designer Hiroki Nakajima dalam mengembangkan Innova generasi keenam. Nakajima bersama tim memutuskan untuk berkeliling ke negara yang memiliki produk Innova dan mencari kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggannya. Dengan mengikuti perkembangan zaman, konsumen tidak hanya membutuhkan MPV yang fungsional dengan spesifikasi memadai, selain itu desainnya harus modern dan stylish. Terdapat dua pendekatan untuk pengembangan Innova, yaitu pendekatan dengan mempertahankan DNA sukses pada Innova, dan pendekatan kepada konsumen yang menginginkan nilai baru pada Innova.

 

Desain & Rekayasa

Pengembangan desain Innova bersadarkan pada konsep tough yang memberikan kesan sebuah MPV gagah. Toyota melakukan perubahan yang cukup radikal, namun tanpa melupakan DNA asli dari sebuah Kijang. Grille mengadopsi bentuk hexagonal yang menyatu dengan kap mesin serta lampu utama, paduan ini memberikan efek tiga dimensi. Dua bilah palang pada grille menegaskan impresi pada fascia.

review-mobil-toyota-kijang-inova-matic-1

Desain lampu turut berubah total, kini headlamp semakin menyipit dan tampil elegan berkat penggunaan Led Projector. Buritan mendapatkan perubahan yang cukup signifikan, satu hal yang mudah dikenali adalah perubahan lampu kombinasi. Lampu dengan desain tajam dengan desain slope seakan-akan memberikan tatapan tajam. Buritan milik Innova generasi terbaru ini menjadi daya tarik sendiri. All-New Kijang Innova Q Diesel memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Jarak sumbunya sebesar 2.750 mm, dengan jarak pijak roda depan 1.540 mm dan jarak pijak roda belakang 1.540 mm. Sedangkan ground clearancenya berada di angka 178 mm, cukup memadai untuk menghadapi jalanan di Indonesia. Dengan dimensi yang terbilang cukup besar, radius putar yang dimiliki sebesar 5,7 m. Cukup untuk mengarungi mengarungi lalu lintas serta kemacetan, tidak terlalu sulit untuk bermanuver. Meskipun sudah memasuki generasi keenam, All-New Kijang Innova masih mengadopsi ladder frame. Menurut Hiroki Nakajima, sasis ini memiliki kelebihan lebih kuat dan besar, cocok untuk menghadapi tipikal jalanan di Indonesia. Kekuatan frame jenis ini sudah terbukti sejak Kijang generasi pertama yang diluncurkan 1970-an silam.

Baca Juga  Harga Mobil Citroen yang Baru Rilis Saat ini

 

Interior

Selain perubahan eksterior yang terbilang drastis, Toyota melakukan perubahan yang cukup signifikan pada interiornya. Kini, desain interior milik Innova terbilang mewah dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Begitu pula dengan fitur-fitur yang kini lebih banyak, dan terbilang sophisticated. Terlebih lagi unit yang kami uji adalah tipe Q, yang merupakan kasta tertinggi dari Innova terbaru.

pengalaman-pakai-avanza-matic-3

Desain dashboard dibuat mengalir dengan ketinggian yang berbeda untuk pengemudi maupun penumpang. Nuansa interior berwarna hitam, sesekali diberi aksen silver serta panel kayu untuk memberikan kesan mewah. Sistem hiburan mengadopsi layar sentuh berukuran 8” dengan fitur lengkap, misalkan web browser, air gesture, miracast, hdmi, bluetooth, Toyota move, smartphone connectivity, voice command dan dlna. Varian Q dilengkapi dengan pengaturan AC otomatis, dengan satu sentuhan Anda akan dapat memaksimalkan suhu ruang kabin. Fitur modern lainnya yang bisa Anda atur adalah tombol Eco mode, Power Mode, hingga Traction Control.

pengalaman-pakai-avanza-matic-4

Sebagai pengemudi, Anda akan merasa terkejut dengan tampilan instrumental panelnya. Kini tampilan lebih modern dan mewah, layaknya Instrumental panel milik brand premium “Lexus”. Multi Information Display menampilkan beragam informasi yang akurat, seperti konsumsi bahan bakar rata-rata, sisa jarak tempuh, dan lain sebagainya. Lingkar kemudi dengan aksen kayu terasa kokoh dipegang, beragam fitur dapat diakses dari lingkar kemudi. Seperti voice command, telpon, sistem hiburan, dan pengaturan layar MID. Sayangnya Innova belum dilengkapi cruise control maupun paddle shift.

 

pengalaman-pakai-avanza-matic-6

Untungnya, tuas transmisi 6-percepatan tipe gate pada Innova sudah dilengkapi mode sequential. Penumpang baris kedua sangat dimanjakan dengan kehadiran captain seat khusus di tipe Q ini beserta ambient light pada langit-langit, lampu ini memberikan nuansa sejuk serta menenangkan. Anda dapat menggunakan cabin tray untuk beraktivitas menggunakan laptop maupun sekedar menyimpan barang. Satu hal yang patut diapresiasi adalah upaya Toyota untuk memberikan keselamatan optimal bagi penumpangnya. Innova Q Diesel sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Curtain Shield Airbags, Side Airbags, Knee Airbags, dan Dual SRS Airbags.

pengalaman-pakai-avanza-matic-5

 

Performa

Salah satu hal terbaik dari Innova generasi terbaru ini adalah penyematan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc dengan tenaga 149 hp pada 3.400 rpm dengan torsi puncak 359,9 Nm pada 1.200 – 2.600 rpm. Mesin baru tersebut kini sudah dilengkapi oleh teknologi VNT dengan intercooler, hasilnya tenaga lebih besar 47 hp dengan torsi puncak lebih besar 100 Nm jika dibandingkan dengan Innova diesel generasi sebelumnya.

Baca Juga  Fitur Fitur yang Ada pada Nissan Connect

pengalaman-pakai-avanza-matic-2

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan Sport Sequential Switchmatic. Banyaknya rasio gear membuat Innova dapat berpindah dari satu gear ke gear yang lain dengan halus. Selain itu, pada kecepatan 120 kpj dan gear 6, putaran mesin menunjukkan angka 2.000 rpm saja. Memungkinkan pengendaraan tenang pada kecepatan tinggi, sekaligus menghemat bahan bakar. Kesenangan berkendara semakin bertambah berkat fitur Drive Mode yang bisa diakses melalui sentuhan tombol saja. Anda dapat merubah karakteristik respon mobil hanya dengan merubah Drive Mode menjadi Eco Mode maupun Power Mode.

 

Seperti namanya, Eco Mode akan memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan membuat mesin berakselerasi secara halus meskipun Anda menginjak pedal gas dengan cepat. Sedangkan Power Mode membuat Anda dapat merasakan respon mesin serta torsi yang melimpah saat menginjak pedal gas dengan agresif. Jika ingin berada diantaranya, Anda bisa memilih mode berkendara normal. Mesin ini dapat menggerakkan mobil berbobot 1.845 kg mencapai kecepatan 100 kpj dalam waktu 13, 42 detik. Untuk mencapai kecepatan 120 kpj membutuhkan waktu 18,71 detik dengan jarak 386,06 m. All-New Kijang Innova sudah dilengkapi pengereman dengan sistem ABS serta EBD, untuk berhenti sempurna dari kecepatan 80 kpj membutuhkan waktu 2,96 detik dengan jarak 29,07 meter, sedangkan untuk berhenti dari kecepatan 60 kpj membutuhkan waktu 1,85 detik dengan jarak 15,34 meter. Konsumsi bahan bakar yang diberikan cukup mengesankan, hasil pengujian dalam kota mencatat angka 12,8 kpl, sedangkan konsumsi luar kotanya 16,6 kpl. Total jarak pengujian yang dilakukan sejauh 400 km.

 

Pengendaraan & Pengendalian

Toyota menyematkan fitur modern yang berkontribusi pada keselamatan serta kenyamanan. Fitur tersebut adalah VSC (Vehicle Stability Control) dan HAC (Hill Start Assist). Kedua fitur ini hanya bisa Anda dapatkan pada All-New Kijang Innova Q Diesel bertransmisi manual maupun automatis. Saat bermanuver di sirkuit kecil, All-New Kijang Innova cukup menyenangkan untuk dikendarai meskipun dimensi serta bobotnya terbilang besar.

 

Lingkar kemudi terasa nyaman dan mantap digenggam selama bermanuver. Gejala body roll yang disertai understeer kerap terjadi di tikungan tajam, namun sistem VSC akan segera menginterupsi dan membantu Anda untuk menstabilkan kembali mobil. Sistem pengereman dengan ABS & EBD turut serta berkontribusi untuk mengendalikan mobil. Pengaturan yang tepat pada suspensi double wishbone dengan coil spring & stabilizer pada bagian depan, serta 4 link dengan coil spring & lateral pada bagian belakang menjadi kombinasi yang tepat untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang dari baris pertama hingga ketiga. All-new Kijang Innova masih terasa nyaman saat melewati jalanan bergelombang pada kecepatan 80 kpj.

Baca Juga  Mobil City Car Paling Irit 2019

 

Membeli & Memiliki

Toyota menjual Innova terbaru dengan dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel, serta pilihan transmisi otomatis 6-percepatan dan manual 5-percepatan. Terdapat enam total varian All-New Kijang Innova yang dapat dipilih oleh konsumen dengan rentang harga dari Rp 288.400.000 ( G MT Bensin) hingga Rp 432.200.000 (Q AT Diesel) untuk area Jakarta. Varian yang kami uji, yaitu All-New Kijang Innova Q Diesel AT sekaligus menjadi varian tertinggi Innova untuk saat ini.

 

Harganya memang naik cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Meskipun tidak ada lawan head to head, jika dilihat dari segi harga maka Innova memiliki beberapa lawan yang sepadan. Misalkan Mazda Biante Rp 433 juta, Mitsubishi Delica Rp 429 juta, Nissan Serena Highway Star Rp 420.5 juta. Perbedaan mendasar dari Innova dengan lawan-lawan tersebut adalah jenis pintu yang digunakan, semua MPV yang berada di kisaran harga tersebut mengadopsi sistem pintu geser yang cukup mempermudah penumpang untuk mengakses mobil terutama pada lahan sempit. Namun, hanya Innova yang sudah mengadopsi mesin diesel dengan turbocharger. Jika Anda merasa Innova varian Q terlalu mahal, maka alternatif lainnya adalah mengambil varian G diesel dengan pilihan transmisi MT (Rp 318.5 juta), atau AT (Rp 340 juta). Pastikan Anda memilih mesin diesel, karena mesin ini sanggup menggerakkan mobil berbobot 1.845 kg dengan cara menyenangkan berkat torsi yang melimpah di beragam putaran. Terlebih lagi efisiensi bahan bakar yang cukup memuaskan.

 

 

Kesimpulan

Toyota Kijang memiliki perjalanan yang cukup panjang di Indonesia. Bagi kami, penyematan mesin diesel yang sanggup menyemburkan tenaga dengan torsi melimpah, serta keputusan untuk memberikan transmisi otomatis 6-percepatan menjadi kelebihan tersendiri. Mesin ini dapat memberikan kesenangan berkendara sekaligus efisiensi bahan bakar yang memuaskan berkat transmisi otomatis 6-speed. Kini sistem Drive Mode juga tersedia untuk semua varian. Upaya Toyota untuk melengkapi fitur keselamatan juga perlu diapresiasi. Fitur keselamatan sepertiaBS & EBD, VSC, HSa, serta Curtain Shieldairbags, Sideairbags, Knee airbags, dan Dual SRSairbags membuat tipe Q sepadan dengan harga yang ditawarkan. Secara keseluruhan,all-New Kijang Innova Q DieselaT membuatnya benar-benar berbeda, jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.