Modifikasi Motor Yamaha Jupiter Z untuk Balap

  • Whatsapp

Modifikasi Motor Yamaha Jupiter Z untuk Balap

Ican Wahyu Sudirman atau Ican Naruto, batu sandungan bagi pembalap lain yang berlaga di kelas Pemula, khususnya Bebek Modifikasi. Terlihat beberapa waktu lalu di event grasstrack di Kopeng, Jawa Tengah. Pembalap 14 tahun ini menunjukkan kualitasnya dalam memacu motor yang diseting Sudiman, sang Ayah. Yuk, bedah Yamaha Jupiter-Z pacuan Ican ini. Berikut penjelasannya.

MESIN. Kemampuan mesin dioptimalkan dengan melakukan penggantian komponen-komponen standar pakai racing. Seperti pakai piston Daytona diameter 53,25 mm. “Stroke atau langkah piston tetap. Sehingga melalui perhitungan matematis kapasitas mesin didapatkan sebesar 119,97 cc,” beber Sudirman.

RASIO KOMPRESI. Masih di seputaran dapur pacu, papas head setebal 0,5 mm dilakukan untuk memperkecil volume ruang bakar. Dengan semakin kecil volume ruang bakar, rasio kompresi akan semakin besar. “Jadinya, perbandingan kompresi sebesar 12 : 1. Sehingga masih nyaman menggunakan bahan bakar Pertamax Plus,” tambahnya. KATUP. Katup dipercayakan pada kemampuan dari produk TDR ukuran 27/23 mm. “Untuk menghindari floating saat putaran tinggi, per klep diganti juga dari TDR yang lebih keras,” jelas mekanik yang tinggal di Gedongan, Somokaton, Karang Nongko, Klaten.

PENGAPIAN. Sistem pengapian dilakukan penyempurnaan untuk menghasilkan pembakaran lebih sempurna. Koil Yamaha YZ125 jadi langganan para mekanik untuk menaikan tegangan yang menuju ke busi. Dari 12 volt jadi kisaran 60 ribu volt. CDI dipercayakan pada Vortex dengan setingan yang disesuaikan dengan ubahan mesin. RASIO. Rasio gigi transmisi ditata ulang dengan aplikasi dari produk UMA Racing. Untuk gigi 1 (13/33), 2 (16/29), 3 (18/26) dan 4 (20/24 mata). Terakhir, untuk final gir dipilih kombinasi 13/52 mata untuk meredam keliaran motor, sehingga lebih nyaman saat dipakai start.

Baca Juga  Begini Cara Oper Kredit Mobil yang Aman dan Agar Tidak Tertipu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.