Aki Motor Terbaik 2017

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Aki Motor Terbaik 2017

Teknologi sepeda motor, semakin hari semakin berkembang. Kini banyak fitur baru – – yang disematkan untuk meningkatkan kualitas produk dari motor tersebut. Kabanyakan, teknologi yang digunakan untuk kebutuhan ‘Go Green’ alias ramah lingkungan. Salah satunya teknologi Idling Stop System (ISS) yang terdapat di skubek Honda, mulai dari New Vario 125 eSP, Vario 150 eSP, BeAT eSP, Scoopy dan PCX 150.

Juga ada Stop & Start System (SSS) yang diterapkan oleh pabrikan Yamaha, lewat Mio M3 dan Soul GT. Tujuan dari teknologi ISS/SSS, untuk menghemat bahan bakar saat berhenti di lampu merah. Cara kerja dari ISS/SSS, motor akan mati setelah berhenti beberapa detik dan akan menyala secara otomatis saat throttle gas dibuka. Saat throttle gas dibuka, membutuhkan arus aki yang cukup besar. Namun untuk melayani teknologi ISS/SSS perlu aki yang bagus. Setidaknya ada dua syarat aki bisa digunakan pada motor berteknologi ISS dan SS. “Yang pertama, aki harus lebih besar dan punya kemampuan menyerap arus lebih cepat,“terang Hendro Sutisna, Product Engineering Dept. Head PT GS Battery.

Baca Juga  Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

 

Perbedaan ada di formulasi, seperti ramuan plat, separator dan desain akinya sendiri. “Untuk mendukung teknologi ISS/SSS, aki GS Astra hadir lewat tipe GTZ-6V,” tukas Edwin Surjadipradja, selaku Battery Dept. Head PT Astra Otopart Tbk. Aki GS Astra GTZ-6V, punya arus yang lebih besar dibanding aki biasanya. Aki biasanya, hanya 3,5 Ampere, sedangkan GTZ-6V punya 5 Ampere. Lewat arus aki 5 Ampere, kemampuan starter dengan teknologi ISS/SSS akan lebih banyak dan tahan lama dibanding aki standar “Saat penggantian aki motor dengan teknologi ISS/SSS, dianjurkan menggunakan aki dengan kode GTZ-6V,” detail Edwin. Jangan pernah, mengganti aki motor berteknologi ISS/SSS dengan aki yang biasa. Akibat bila mengganti aki dengan spek di bawah GTZ-6V, massa pakai dari aki jadi tidak tahan lama. “Kita kasih jaminan, aki GS Astra GTZ-6V punya massa pakai lebih lama dibanding aki biasa,” janjinya. Intinya, motor yang sudah dilengkapi ISS/SSS wajib menggunakan aki GTZ-6V 5 Ampere, biar enggak mudah ngedrop! Oh iya.. berdasarkan atas pemilihan pembaca MOTOR Plus lewat event “MOTOR Plus Reader Choice 2016”, aki GS Astra menjadi aki yang paling banyak diminati oleh biker di Indonesia. Itu bukti aki GS Astra memiliki kualitas dan kepuasan konsumen yang paling top!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.