Cara Pasang Lampu LED di Mobil

  • Whatsapp

Cara Pasang Lampu LED di Mobil  – Teknologi lampu LED kini ramai-ramai digunakan pada mobil keluaran teranyar. Dikenalkan sekitar tahun 2004, lantas teknologi lampu ini terus berkembang hingga dipakai di sebagian besar mobil terbaru. Aplikasi lampu LED diklaim lebih efsien dari segi kebutuhan listrik, lantaran rata-rata konsumsi daya listrik (watt) hanya setengah dari bohlam halogen standar. Serta memiliki usia pakai lebih panjang hingga dengan respon lebih cepat dan warna sinar lebih baik. Lantas bagaimana dengan mobilmobil yang ingin mengganti lampu bohlam halogen biasa menjadi LED? “Tentu bisa saja. Sekarang kan banyak produk lampu LED yang tinggal plug and play menggantikan bohlam halogen biasa,” buka Wihong Jackson pemilik workshop Hogiori, dealer authorized Autovision di Jl. Moh Toha, Ruko R6 No.3. Villa Grand Tomang 1, Sangiang, Tangerang.

Walau terkesan mudah lantaran pemasangannya plug and play, aplikasi lampu LED ini mesti memperhatikan beberapa hal. “Salah satunya pastikan produknya berkualitas termasuk memiliki garansi dan pelayanan aftersales service yang baik,” kata Jack, panggilan akrab Wihong Jackson Cara pemasangan juga mesti dilakukan dengan benar, “Supaya cahaya yang dipendarkan dapat fokus dan berfungsi maksimal dalam menerangi jalan saat berkendara,” jelasnya lagi. Ia menyarankan terlebih dahulu membaca manual book atau petunjuk pemasangan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan pemasangan, kemudian pastikan kabel dari LED tidak berdekatan dengan sumber panas. Agar cahaya dipendarkan dengan baik, workshop Hogiori melakukan penyetingan headlamp menggunakan Autovision Headlamp Aimer. Fungsi alat ini agar lampu headlamp mendapatkan pencahayaan yang maksimal dan lebih fokus.

Baca Juga  Daftar Diskon Servis Mobil Toyota Wuling Mitsubishi Menjelang Lebaran

“Kami berikan lifetime warranty untuk setingan headlamp jika pendaran cahaya lampu terjadi perubahan ketika digunakan Tujuannya agar menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara,” promo Jack kembali. Hogiori mematok harga Rp 100 ribu bagi konsumen yang ingin melakukan setingan headlamp menggunakan LED, untuk menyempurnakan arah dari pendaran cahaya lampu mobilnya. Pengaturan lampu menggunakan Autovision Headlamp Aimer, cara kerjanya simpel. Setelah lampu LED dipasang di headlamp, cahaya lampu mobil diproyeksikan masuk ke Autovision Headlamp Aimer dengan jarak antara alat dengan headlamp sekitar 90 cm Lantas kemudian dilakukan penentuan fokus lampu. Caranya menggunakan alat titik laser pada Headlamp Aimer yang disesuaikan dengan tanda titik fokus pada headlamp. “Hasil cahaya dapat dilihat pada monitor Headlamp Aimer, apakah posisinya center dan fokus atau tidak. Kalau belum, tinggal kita seting pada rumah headlamp,” kata Jack.

Baca Juga  Mobil SUV Baru Harga Kisaran 400 Jutaan Terbaik

DO:

• Untuk pemasangan LED H4 perlu mendapatkan perhatian yang lebih detail, karena pemasangan yang terbalik dapat menyebabkan lampu high beam menjadi lampu low beam, dan lampu low beam menjadi high beam.

• Untuk LED H4 secara umum memiliki payung kecil, payung kecil ini hendaknya menjadi acuan dalam pemasangan, letaknya nanti harus di bawah.

• Penempatan kabel maupun driver LED (jika ada), disarankan dijauhkan dari sumber panas (atau logam yg dapat membawa panas berlebih).

• Setelah pemasangan, jangan lupa menutup kembali karet penutup di belakang headlamp, agar debu tidak masuk dan tidak terjadi gap suhu (menyebabkan embun dalam headlamp).

DON’T:

• Pemasangan jangan sampai terbalik (high beam dan low beam).

• Menyemprot air pada bagian ruang mesin pada saat mencuci, karena air kemungkinan dapat mengendap pada bagian soket-soket di dalam ruang mesin. Salah satunya soket lampu utama, dimana air dapat memicu korosi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.