Tips Beli Vios Bekas

  • Whatsapp

Tips Beli Vios Bekas

Pada 2012 PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan ge­ nerasi ketiga dari small sedan andalannya selama ini, Vios. Perubahan signifikan ditawarkan kepada konsumen demi meningkatkan penjualan tentunya. Dimensinya yang lebih panjang dan tinggi dari pendahulunya, serta lekukan pada Vios membuatnya terlihat dinamis. Belum lagi lampu depan yang menyipit dibuat senada dengan desain gril krom membuatnya kian terlihat atraktif.

Desain kisi udara trapezoidal pada bumper memancarkan aura kencang pada sedan yang pada armada taksi bernama Limo ini. Desain buritan pada bodi membuat Toyota Vios ini terlihat lebih mewah. Pada bagian belakang terlihat ada lekukan bodi tebal tepatnya di pintu bagasi. Aplikasi lampu belakang yang melebar dan elegan membuatnya tampil lebih dewasa. Masuk ke dalam, desain dasbor terlihat cukup menggoda untuk memandangnya. Setir bergaya sporti terasa pas digenggam dengan posisi duduk yang ergonomis khas sedan. Berbicara soal posisi duduk, TAM sepertinya mendengar keluhan konsumennya.

 

Toyota Vios generasi ini mempunyai posisi duduk yang lebih nyaman dan pas. Dari sisi performa, mesin 1NZ­FE masih menjadi andalan karena termasuk legendaris saat itu. Berkapasitas 1.497 cc 4 silinder bertenaga 109 dk. Untuk menyalurkan tenaganya, Toyota mengandalkan transmisi manual 5­speed dan otomatis 4­speed konvensional. Namun Toyota melakukan finetuning pada ECU, throttle body, injektor BBM, dan torque converter untuk meredam karakter mesin yang melonjak di putaran bawah. Kini dengan hadirnya Toyota Vios terbaru dengan perubahan pada mesin dan transmisi otomatis, Vios lama berpotensi banyak beredar di pasar mobkas. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli bekasnya

Baca Juga  Nissan Terus Gaungkan GT Academy

 

  • CATATAN Servis

Toyota mempunyai jaringan purna jual yang luas di Indonesia. Rasanya tidak ada alasan pemilik mobil sebelumnya tidak melakukan servis di bengkel resmi selama masih garansi. Saat ini bahkan beberapa bengkel Toyota tidak hanya merekam jejak servis mobil melalui nomor rangka tapi juga nomor polisi. Ini lebih memudahkan Anda ketika ingin mengetahui catatan servis apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin.

 

  • Oli Mesin

Mesin sebagai jantung dari mobil mempunyai peran vital. Cek seluruh komponen mesin khususnya bagian fluida seperti oli. Pastikan tidak ada rembesan oli di sekitar mesin. Bila terlihat ada rembesan oli, segera bawa ke bengkel resmi untuk dicek.

Baca Juga  Contoh Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 R

 

  • KAKI-KAKI 

Sebagai mobil yang umumnya digunakan pada perkotaan, tentu sering melalui jalanan rusak. Lakukan test drive untuk memastikan bahwa kaki­kaki pada mobil masih dalam kondisi baik. Cara paling mudah adalah saat test drive tidak ada bunyi yang terdengar di kabin.

 

  • KARAT

Toyota Vios generasi ketiga ini memang mempunyai usia yang tidak terlalu tua. Tetapi jangan sepelekan soal karat yang hinggap pada beberapa bagian mobil. Karena dari benturan misalnya, jika luka pada permukaan itu terekspos dan tidak segera ditangani, maka bisa menyebarkan karat. Paling mudah adalah cek di kolong­kolong serta bawah daun pintu. Pastikan besi­besi di area tersebut tidak berkarat karena paling sering terkena benturan dengan obyek di jalan.

Baca Juga  Mobil Matic Paling Irit di Indonesia 2019

 

  • KARET 

Karet­-karet di sekitar pintu punya peran penting agar air hujan tidak merembes masuk ke dalam kabin. Cek seluruh bagian karet khususnya pintu apakah sudah ada yang getas. Bila terlihat ada retak maka lebih baik segera menggantinya.

 

Dari banyaknya varian yang beredar di pasaran mobil bekas, kami merekomendasikan Toyota Vios tipe G A/T. Selisih harga yang tidak terlalu jauh dengan tipe E terendah membuatnya layak untuk ditebus. Transmisi otomatisnya memang masih konvensional tetapi masih cukup nyaman. Terlebih bila Anda sering menggunakannya di perkotaan akan lebih berguna.

 

Populasi Toyota Vios cukup banyak di Indonesia karena memang penjualannya bagus. Bila berencana membeli kondisi bekasnya, periksa catatan servis pemilik sebelumnya. Dari situ bisa terlihat apakah mobil ini terawat atau tidak. Kalau di mesin bisa cek rembesan oli apakah ada yang bocor. Jangan lupa juga kaki­kaki pastikan tidak ada bunyi ketika melakukan test drive.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.