Tips Membeli Head Unit Mobil yang Murah Berkualitas dan Bagus

  • Whatsapp

Tips Membeli Head Unit Mobil yang Murah Berkualitas dan Bagus

Melihat banyaknya pengemudi yang bisa menelepon melalui headunit tanpa membuka handphone tentu membuat kita tergugah untuk meng-upgrade sistem audio di mobil. Bisakah dilakukan? Tentu saja. Namun pahami dulu kondisi mobil dan gadget Anda sebelum melakukannya Fitur multimedia sudah sangat jamak diaplikasikan pada mobil. Banyak pabrikan yang menghadirkan perangkat multimedia yang mumpuni sebagai unjuk level kemewahan. Bahkan aneka konektivitas pun mengikuti di dalamnya agar kenyamanan dan keamanan berkendara kian menunjang. Tak mau ketinggalan, pabrikan headunit pun mengikuti tren yang sedang berkembang tersebut.

Baca Juga : All New Ertiga vs Ertiga Apa Bedanya ?

Jika Anda memilih varian mobil yang belum dilengkapi perangkat multimedia dengan konektivitasnya, saat ini sudah banyak pilihan headunit aftermarket yang beredar di pasaran dengan keunggulan fitur dan sistem koneksinya. Hal ini menjadi penting untuk dipahami karena sebenarnya perlu atau tidaknya memilih head unit aftermarket bukan bergantung pada budget semata, namun kondisi gadget yang dimiliki juga. Jika Anda hanya membutuhkan headunit yang bisa digunakan untuk menelepon, maka tak perlu juga memilih headunit yang bisa terkoneksi dengan ragam aplikasi karena terbatasnya perangkat gadget yang kita miliki. Hal itulah yang berusaha dihindari, jangan sampai salah membeli headunit dan fitur-fiturnya tak terpakai. Atau malah harus membeli gadget baru yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga  Harga Mobil Mercedes Benz Terbaru, Tercepat, Mercedes-Benz c300 coupe

4 Tips Membeli Head Unit Mobil 

PAHAMI GADGET ANDA

Sebelum membeli headunit, ada baiknya Anda mengenali dulu gadget Anda. Sebab saat ini beberapa headunit membatasi konektivitasnya hanya pada salah satu sistem kerja gadget saja, baik itu iOS, Android, Symbian maupun Safari. Memang ada juga yang bisa terkoneksi ke beberapa jenis sistem operasi, namun biasanya hanya bisa bekerja optimal memunculkan fitur- fiturnya melalui salah satu sistem operasi.

KENALI FITUR

Kenali juga fitur apa saja dari gadget yang dapat digunakan nantinya pada headunit. Jika gadget hanya menjadi mobile tethering semata, hal ini lebih menguntungkan karena Anda tak perlu memperhitungkan fitur yang ada pada gadget karena head unit telah memiliki sistem operasi sendiri yang mampu memainkan apllikasi. Jika ingin mengandalkan sistem navigasi dari smartphone, maka tak perlu mencari headunit navigasi, melainkan cari yang bisa memantulkan citra smartphone pada headunit, seperti headunit bersistem Mirrorlink. Seperti Sony XAV-712BT yang bisa mengkoneksikan smartphone ke perangkat iOS lewat Bluetooth saja.

Baca Juga  Harga Mazda 2 Skyactiv

PELAJARI KEBUTUHAN

Di pasaran banyak terdapat pilihan headunit dengan beraneka fitur dan rentang harga.Jika hanya membutuhkan fitur pairing phone untuk menelepon, biasanya harganya tak akan terlalu tinggi. Berbeda jika Anda membutuhkan konektivitas lengkap antara gadget dan headunit, maka headunit dengan sistem koneksi Mirrorlink lah yang harus ditebus.Lain lagi jika hanya ingin memainkan video dengan HDMI, tentu Anda perlu memperhatikan apakah headunit yang diinginkan memiliki koneksi tersebut. Jika ingin sekadar memainkan koleksi lagu dari smartphone, maka headunit berkoneksi Bluetooth, USB atau AUX pun cukup. Seperti Pioneer AVH-X1650DVD yang bisa memainkan lagu dari Android atau iOS dengan koneksi Bluetooth saja.

SPESIFIKASI MOBIL

Jangan lupa pertimbangkan juga ruang bagi headunit nantinya. Beberapa tipe mobil tidak bisa dengan mudah diganti produk aftermarket. Untuk itu carilah yang sesuai agar tidak merusak dan pas estetika. Perhatikan juga agar headunit pengganti tidak sampai menghilangkan fungsi dari fitur bawaan mobil, seperti kontrol audio di kemudi. Termasuk pula fitur-fitur lain yang sudah menyatu dengan headunit standard, seperti navigasi dan MID, yang justru hilang ketika diganti produk lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.