Fungsi dari Camshaft Adalah

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Fungsi dari Camshaft Adalah

Camshaft tugasnya menggerakkan klep (buka tutup) dengan atau noken as, timing dan tinggi angkatan tertentu. Karena ada tekanan per, bubungan kem lazimnya dirancang fix atau menyatu pada asnya, biar kuat. Tapi, Benny Koesworo terbesit ide berani. Pemilik sekaligus teknisi bengkel bubut Benny Motor ini, coba merancang noken as dengan sistem knock down.

Waduhh.. cam mana tuh bor? “Saat kustom kem kan sering mengubah LSA. Kadang juga perlu geser gigi timing, biar waktu buka tutup klep sesuai keinginan. Itu jadi enggak praktis kan?” buka pria yang bengkelnya di di Jl. Plawa No. 43A, Denpasar, Bali. Karena alasan ribet itu lah, pria asal Lamongan, Jawa Timur ini terbersit ide untuk membuat noken as sistem knock down. Maksudnya, bubungan kem bisa dibuka pasang untuk digeser posisinya, agar buka tutup klep bisa sesuai hitungan, tanpa perlu bubut ulang profil kem atau geser sproket kem. Doi mengaku, trik ini juga sering ia terapkan pada kem motor langka. Untuk bahan bubungannya, penggemar Honda CB series ini lebih mempercayakan pada milik Binter Merzy. “Punya Binter Merzy itu selain bubungan kemnya besar, juga materialnya kuat. Walaupun itu bukan yang asli, lho,” yakin pria dengan logat Jawa medok ini. Mula-mula kem Binter Merzy dibubut sampingnya, biar rapi. Lalu dibuat bolongan pada sisi dalam. Untuk lebarnya, tergantung di motor mana mau dipasangnya.

Baca Juga  Harga Mobil Suzuki Ertiga Diesel Terbaru

Sedangkan untuk as tengahnya, Benny membuatnya sesuai dengan panjang kem motor yang akan dipasangi. Setelah itu, perlu juga dibuatkan ring untuk pembatas antara bubungan kem in dan ext, agar tidak bergeser. Setelah itu tinggal dipress. Namun sayang, Benny enggan merinci clereance antara as dengan bubungan kem nya. “Rahasia dapur dong, hehe..,” kilah Benny sembari tertawa. Oh ya, selama ini Benny sudah menerapkan trik tersebut pada beberapa konsumen pengguna CB di komunitasnya. “Reviewnya bagus kok. Suara mesin halus dan powernya juga oke,” yakin Benny, sembari bilang sudah lebih 10 set noken as knock down yang dibuatnya. “Sejauh ini belum ada kendala lho,” bangganya. Kelebihan kem sistem ini, adalah ketika karakter mesin kurang sesuai, mekanik bisa menggeser salah satu bubungan kem, untuk memperlebar atau mempersempit LSA sesuai karanter performa yang diinginkan. “Tinggal dicabut dulu bubungannya, lalu digeser dan dipress lagi,” tutup pria yang juga kerap mengakali kem-kem motor antik ini. Mantap Bro

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.