Review Fitur Spesifikasi Harga All New Toyota Camry 2.5L HV Hybrid

  • Whatsapp

Review Fitur Spesifikasi Harga All New Toyota Camry 2.5L HV Hybrid

Seperti prediksi kami edisi lalu akan kehadirannya di Indonesia, kali ini kami berkesempatan bertemu langsung sosok All New Toyota Camry, yang kini memasuki generasi delapan pada saat peluncurannya 8 di Jakarta (8/1). Camry teranyar ini menggunakan platform terbaru Toyota yang disebut TNGA (Toyota New Global Architecture). PlatformTNGA diklaim menggabungkan tiga unsur sekaligus yaitu stabilitas, kelincahan serta keamanan. Ini berarti menjadi model kedua setelah C-HR yang mengusung platform unibodi ini. Salah satu efeknya adalah dari segi desain bodi. Kalau beberapa generasi sebelumnya ada perbedaan bentuk bodi dan wajah Camry versi Asia dengan versi Jepang atau Amerika. Kini secara global, bentuknya sama. Simak impresi pertama kami di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.

baca juga : Inilah SUV Crossover Paling Canggih Ternyaman dan Mewah di Dunia

Fitur

Untuk ftur keselamatan, Camry dari tipe G hingga Hybrid sudah dilengkapi peranti airbag sebanyak 7 titik. Sedangkan ftur stabilitas lewat VSC, HAC, ABS, EBD dan BA. Selain itu, dilengkapi pula dengan kamera belakang dan sensor (samping dan belakang). Tak ketinggalan ftur safety kekinian juga ikut ditambahkan, seperti BlindSport Monitor, Rear Cross Trafc Alert dan Hill Start Assist.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic CVT

Eksterior

Oke, desain bodinya sudah kami ulas edisi lalu. Ia tampil berbeda dan lebih menarik dari dibandingkan versi sebelumnya. Kami suka bentuk desain striking grille-nya, minimalis namun meruncing pada bagian tengah. Kesan pertama yang terlihat adalah lebih menyipit tapi atraktif. Bumper depan terlihat lebih lebar dengan banyak garis horizontal, ini yang bikin membuat kesan agresif apalagi didominasi warna hitam dan krom. Kalau menurut pihak Toyota, desain anyar fascia All New Camry ini membuatnya jadi lebih personal. Desain headlampnya punya konsep slim and sleek, dan sudah menggunakan teknologi LED, lengkap dengan Daytime Running Light (DRL). Bentuk stoplamp juga terkesan slim dan sleek mengikuti headlamp, dan juga telah menganut LED. Oh iya, kalau secara postur, generasi terbaru ini berukuran lebih panjang 3,5 cm, lebih lebar 1,5 cm dan lebih rendah 2,5 cm dibandingkan generasi sebelumnya. Jarak pijak antar rodanya juga lebih panjang 5 cm. Ini berarti overhangnya lebih pendek. Secara teorinya, spesifkasi tersebut membuatnya jadi mantap dikendarai. Apalagi kini, suspensinya menggunakan sistem MacPherson strut (depan) serta double wishbone (belakang) sesuai platform TNGA, yang membuat peredaman kakikakinya jadi lebih baik

Mesin

Kalau di pasar Thailand, Camry memiliki 3 varian mesin, yaitu 2.0L, 2.5L dan 2.5L Hybrid. Nah, di Indonesia berbeda. Di sini hanya dapat pembagian dua mesin saja, yaitu 2.5L dan 2.5L Hybrid. Untuk yang 2.5L mesin konvensional, dibagi lagi jadi 2 tipe, yakni G dan V. Namun mesin konvensional 2.5L yang dipakai di Tanah Air, berbeda dengan di Thailand. Di negeri Gajah Putih sana sudah menggunakan mesin baru berkode A25A-FKB berteknologi VVT-IE. Sedangkan untuk Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih pede dengan mesin 2AR-FE yang dipakai di generasi sebelumnya. Namun untuk varian hybridnya, baik di Thailand maupun Indonesia punya kesamaan mesin bensin yang dipakai, yaitu berkode A25-FXS 2.5L, 4 silinder segaris, 16 Valve DOHC. Mesin ini punya daya maksimum 175 dk pada 5.700 rpm, dan torsi puncak 220 Nm antara 3.600 hingga 5.200 rpm. Sedangkan teknologi hybrid dengan motor generatornya, mampu menghasilkan tenaga sendiri sebesar 87 dk dan torsi maksimum 202 Nm.

Baca Juga  Rekomendasi Ban Mobil Terbaik untuk Mobil SUV

Interior

Impresi positif kami rasakan saat masuk dalam kabin Camry Hybrid. Desain kabin terasa lebih lega dan mewah, visibilitas dari posisi jok pengemudi sangat baik, desain sudut kaca segitiga pilar A yang mungil membuat pandangan ke samping makin jelas. Dasbor tengah dihiasi head unit dengan layar 8 inci dan tata suara dari speaker JBL. Head unit ini juga terintegrasi dengan komputer mobil, sehingga pengemudi bisa memantau kondisi baterai dan sistem hybrid. Kemudian hadir sistem AC Triple Zone dengan teknologi Nano E. Sama seperti Camry Thailand, setirnya palang tiga warna hitam dan silver, yang lingkarnya dibalut kulit. Tombol di setir lengkap, cruise control, pengaturan audio, telefoni. Oh iya, tipe Hybrid juga sudah dilengkapi dengan head up display. Masih di kabinnya, Camry generasi baru ini juga dilengkapi ftur wireless charger, keyless entry and start, serta panel digital multi-information display (MID). Duduk bagian belakang, dengan tinggi rata-rata orang Indonesia di 165-173 cm, tak ada masalah sama sekali mengenai ruang kaki dan kepala. Ciri khas Camry di generasi sebelumnya juga hadir di model terbaru ini. Di bagian tengah jok, ada arm rest yang ditanamkan panel instrumen (convinient rear seat control) untuk pengaturan AC baris belakang (triple zone), setelan jok (reclining), audio, serta tirai kaca belakang. Oiya kini ada dua slot USB yang disediakan untuk penumpang baris kedua. Soal ruang bagasi, Toyota klaim punya volume bagasi yang besarnya 524 liter. Kalau sebelumnya baterai listriknya ditaruh di bagasi, kini posisinya di pindah ke bawah jok penumpang belakang.

Baca Juga  Cara Membersihkan Mika Plastik pada Fog Lamp Mobil

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.