Tips Membeli Mobil Bekas Vios Matic

 Otomotif

Tips Membeli Mobil Bekas Vios Matic

ALL NEW TOYOTA VIOS G A/T 2013

Sejak diluncurkan tahun 2003, Toyota Vios selalu mempunyai pasar tersendiri. Lincah, ekonomis, dan mudah dikemudikan sendiri mudah dalam perawatan serta ketersediaan spare parts menjadi alasan mengapa mobil ini terbilang laris, baik versi baru maupun bekas. Toyota Vios generasi terakhir ini memiliki desain eksterior dan interior yang lebih modern, mewah, dan juga sporty. Banyak juga yang mengatakan kalau desainnya mirip dengan Toyota Corolla Altis, dengan ukuran yang lebih mini. Tarikan garis tajam dari depan ke belakang membuat Vios semakin terlihat menarik. Bahkan head lamp yang diadopsi sudah menggunakan proyektor dengan list chrome di beberapa bagian yang menambah kesan mewah. Mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi VVT-i yang sudah terkenal handal, membuat Anda tak perlu ragu dalam hal performa dan perawatan. Terlebih lagi, konsumsi bahan bakar juga terkenal irit. Apalagi dengan transmisi otomatis, tak akan membuat kaki Anda lekas lelah. Masuk ke kabin corak warna hitam dan beige terlihat mendominasi. Namun, seluruh jok berbahan fabric warna beige, ada baiknya dilapis ulang dengan bahan kulit sintetis agar tetap terjaga kebersihannya. Untuk head unit 2-DIN yang canggih, lengkap dengan steering switch control bisa dengan mudah digunakan. “Saya pilih Vios ini karena dimensinya tidak terlalu besar, jadi saya mudah untuk parkir atau lewat jalan kecil,” ujar Miranty Hendrawan, seorang ibu dua anak yang tinggal di kawasan Bendungan Hilir, Jakpus. Katanya lagi, Vios ini sudah cukup nyaman. Pun begitu, sebelum Anda meminangnya, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. ”Perhatikan sektor kakikaki, mulai dari tierod, long tierod, balljoint, bushing-bushing, dan support sokbreker. Kalau mesin relatif aman,” ujar Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, Jaktim.

Baca Juga  Inilah Mobil Atap Terbuka yang Rilis pada 2017

 

“Perhatikan sektor kaki-kaki, mulai dari tierod, long tierod, balljoint, bushing-bushing, dan support sokbreker. Kalau mesin relatif aman.”



Menakar Biaya Servis

Toyota Vios ini diservis berkala setiap 10 ribu km atau setiap 6 bulan di bengkel resmi Toyota. Sebagai gambaran untuk jarak tempuh 10 ribu km yang diganti adalah oli mesin, fi lter oli, dan tune up. Sementara pada jarak tempuh 20 ribu km yang diganti adalah oli mesin, fi lter oli, cek fan belt, busi, coolant, aki, filter udara serta kampas rem. Ada baiknya, sebelum Anda membeli unit sekennya perhatikan service record kendaraan tersebut. Pasalnya, hal itu akan sangat berpengaruh pada harga jual kembali atau resale value dari mobil tersebut.

Spare Parts
Filter Oli Rp 72.000
Filter Udara Rp 191.000
Filter Bensin Rp 1.450.000
Kampas rem depan Rp 951.000
Kampas rem belakang Rp 492.000
Tierod Rp 435,000
Long tierod Rp 710.000

 

Baca Juga  Ini Lho Pesaing Honda CRV dengan Harga Murah Fitur Lengkap

Simulasi Biaya KPM

 

Hati-hati ketika memutuskan untuk membeli mobil tersebut melalui jalur kredit. Pasalnya, ada banyak pertimbangan agar kredit tidak macet. Nah, untuk bisa menakar kemampuan Anda, sebaiknya kredit yang dibayarkan tiap bulan selama tenor berlangsung harus sepertiga dari pendapatan. Itu juga Anda harus bebas dari urusan hutang lainnya. Sebagai gambaran ilustrasi KPM (Kredit Pemilikan Mobil), Anda bisa lihat tabel. Pada tabel tersebut, tenor yang dipilih adalah tiga tahun dengan Down Payment (DP) yang cukup rendah, yaitu Rp 47 juta. Bila Anda menginginkan pokok hutang lebih ringan, Anda bisa tinggikan nilai DP. Selamat mencoba

 

KPM 3 tahun
Harga Jual Rp 188.000.000
DP 25% Rp 47.000.000
Asuransi kombinasi Rp 6.298.009
Angsuran Rp 5.349.782
Administrasi Rp 3.500.000
Premi TJH Rp 100.000
Total DP Rp 62.247.791

 

 

Bila melihat ke belakang, Toyota Vios kali pertama hadir pada tahun 2003 dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Saat itu Vios bersaing dengan sedan sejenis, yaitu New Honda City dan Suzuki Baleno Next-G yang sama-sama mengusung kapasitas mesin 1.500. Sayangnya, generasi pertama dari Toyota Vios ini memiliki sejumlah kelemahan, antara lain jok penumpang yang terlalu tegak sehingga membuat kurang nyaman penumpang.

 

Selain itu, power window sebelah kemudi juga kerap macet. Nah, kalau Anda menemukan penyakit seperti ini segera bawa ke gerai spesialis power window terdekat di kota Anda. Selanjutnya pada tahun 2007 hadir New Toyota Vios dengan model yang sama sekali baru. Mulai dari eksterior hingga interior. “Saat ini Vios masih tetap digemari lantaran opini yang berkembang bahwa mesinnya cukup irit dan performa juga sudah teruji,” jelas Wahyudi, punggawa Optima Auto di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Kemudian pada tahun 2013 hadir model teranyar dengan perubahan total pada tampilan luar dan dalam.

 

Untuk generasi ini, modelnya dibuat lebih sporty. Sementara itu Daniel, punggawa dari bengkel Barcode Motorsport di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, menyarankan, bagi yang berminat membeli kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini. “Ekstra perhatian pada bagian kaki-kaki lantaran sejumlah komponen sudah termakan usia, terlebih lagi bagi pemilik sebelumnya yang kurang perawatan,” bilangnya. Untuk perawatannya sendiri, masih menurutnya tidaklah sulit, mengingat sudah banyak bengkel umum yang bisa menanganinya. Selain itu, ketersediaan komponen dan body parts copotan juga banyak

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.