Tambal Ban Tip Top Tangerang, Begini Teknik Tambal Ban Mobil yang Awet

  • Whatsapp

Tambal Ban Tip Top Tangerang – T erkadang saat melaju di jalan Anda tidak bisa memilih kondisi jalan. Sudah sangat hati-hati mengemudi, tapi bisa saja tanpa sengaja ban mobil Anda terkena ‘ranjau’, mulai dari lubang atau benda tajam yang bisa merusak ban. Banyak yang beranggapan kalau ban rusak pada bagian samping sebaiknya tidak lagi digunakan. Ada juga yang menganjurkan menggunakan ban dalam karena tapak ban masih tebal. Sebaiknya hal itu tidak dilakukan karena kini sudah ada beberapa workshop yang bisa melakukan reparasi dari kerusakan tersebut. Kerusakan pada ban terbagi menjadi empat bagian: pada posisi telapak atau tread, dinding ban atau side wall, bahu, dan bead. “Bagian telapak ban menjadi posisi yang paling rentan rusak. Berbagai ‘luka’ pada ban bisa diperbaiki, tentu dengan tingkat dan kerusakan yang berbeda-beda. Namun, ada batasan untuk kerusakan, yakni hanya berdiameter panjang 10 cm dan lebar sekitar 2,5 cm,” buka Wibowo, owner workshop Setuju Motor dan Reparasi Ban di kawasan Cilandak Tengah, Jakarta Selatan.

Baca Juga  Mobil Balap Keren, BAC Mono

Wajar jika Wibowo punya keterampilan soal ban. Pasalnya, ia pernah bekerja di Technical Service Department Bridgestone antara tahun 1981-2002. Ia pun akhirnya membuka jasa reparasi ban dengan teknik khusus. “Awalnya saya hobi jalani reparasi ban. Selanjutnya, membuka workshop ini untuk memenuhi kebutuhan para pemilik mobil yang ban-nya mengalami kerusakan,” sahut Wibowo kembali. Wibowo saat ini hanya melayani perbaikan ban jenis passenger car dengan biaya kisaran Rp 200-500 ribu.

Saat perbaikan menggunakan material karet tambahan yang dapat bersenyawa dengan karet ban yang diperbaiki sehingga hasilnya dapat bertahan lama. “Tapi untuk perbaikan pada sisi sidewall dengan luka yang cukup lebar, setelah perbaikan tidak begitu dianjurkan untuk dibawa berkendara dengan kecepatan tinggi. Karena perbaikan sifatnya tidak mengembalikan kondisi ban seperti semula,” saran Wibowo. Untuk perbaikan luka akibat paku, workshop ini menggunakan tambal jenis ‘payung’. Tapi metode yang digunakan lebih baik ketimbang tambal ban pinggir jalan. Sedangkan untuk luka yang agak besar, seperti robek 2-10 cm, karet ban terkelupas, permukaan ban terkena pelat besi, Wibowo menggunakan produk penambal tire patch pada bagian dalamnya Karena material penambal tersebut tak sekadar bahan karet, di dalamnya juga terdapat cord atau kawat nilon yang berfungsi sebagai penguat tambalan dan merupakan standar konstruksi pada ban. Contohnya seperti produk penambal Tech keluaran Amerika dan Maruni asal Jepang. “Langkah pertama biasanya kita lakukan investigasi atau cek kerusakan ban.

Baca Juga  Mobil 7 Seater Paling Irit Nyaman Terbaru dan Terbaik

Yang paling agak menyulitkan jika luka terlalu besar dan pada posisi side wall dan bibir ban atau bead. Apalagi ban tersebut berprofl tipis. Makanya, kadang membutuhkan waktu pengerjaan maksimal 4 jam,” ujar pria murah senyum ini. Begitu juga dengan ban benjol, diselidiki terlebih dahulu pada bagian bead, sidewall dan shoulder. Sementara untuk ban Run Flat Tire (RFT), kerap kerusakan atau retak pada posisi side wall. Terakhir, setelah direparasi, sebaiknya ban tersebut didiamkan minimal 18 jam, agar kekuatan lem dapat bekerja maksimal. Oh ya, Wibowo juga kasih garansi selama 6 bulan

Berikut beberapa langkah metode perbaikan yang dilakukan wibowo bersama sang anak saat reparasi ban. Kami ilustrasikan perbaikan pada kebocoran telapak ban.

1. Langkah awal adalah inspeksi kerusakan pada ban.
2. Buka velg pada ban dan gunakan alat tire spreader. Cabut tambalan pake tang.
3. Gunakan bor khusus untuk merapikan luka tersebut. Lantas luka dibuatkan tanda untuk tahap perbaikan.
4. Semprot cairan khusus ban dan gerindra permukaan agar lebih rata dan memudahkan untuk proses pengeleman.
5. Untuk bocor akibat paku bisa memakai penambal payung.
6. Untuk luka yang agak serius, bisa menggunakan produk TemVulc berbahan karet yang dapat bersenyawa dengan material karet ban standar.
7. Aplikasi tire patch Tech dan beri lapisan security coat pada sekelilingnya. Fungsinya untuk menutup celah-celah antara produk penambal dengan permukaan ban bagian dalam.
8. Bersihkan sisa-sisa kotoran ban akibat gerindra dengan vakuum cleaner.
9. Untuk bagian permukaan luar ban, seperti telapak, lakukan fnishing dengan gerinda untuk membuat alur atau tapak sesuai dengan desain standar ban.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.