Mobil Pesaing XPander Apa aja sih ?

  • Whatsapp

Mobil Pesaing XPander Apa aja sih

Tak butuh waktu lama buat Toyota dan Daihatsu menjawab tantangan Mitsubishi Xpander. Namun alih-alih memakai varian Avanza-Xenia, justru duet Rush-Terios yang tampil. Ya, sekarang postur Toyota Rush dan Daihatsu Terios tak lagi SUV murni. Bodinya sedikit panjang agar mampu memuat 7 penumpang. Konsep SUV masih tersisa dari posturnya yang tinggi. Mirip Xpander yang mengawinkan akomodasi MPV dan postur SUV. Benar seperti dugaan saat Xpander muncul. Konsep dan fiturnya yang melimpah jadi tolak ukur buat mobil lain di segmennya. Pergeseran selera pasar dari konsumen yang suka MPV ke arah SUV ditanggapi cepat oleh produsen Tanah Air. Memang MPV masih jadi raja. Namun kategori SUV mulai bertambah seiring tumbuhnya konsumen segmen kelas menengah. Tampilan dan fitur yang melimpah akan memainkan emosi konsumen di kelas ini. Terbukti Rush-Terios yang sebelumnya pelit fitur, kini sudah berbenah. Sektor mesin tak terlalu diperhatikan sebatas cukup bertenaga dan hemat BBM. Gelombang persaingan segmen MPV dengan postur SUV bisa saja berlanjut. Sebenarnya Honda sudah memulainya lebih dahulu lewat BR-V. Namun sebatas tampilan saja. Posturnya atau ground clerence kurang dapat dikategorikan SUV. Lantas apa sih yang dicari konsumen dari konsep MPV dengan SUV-look ini? Saya bisa prediksi jawabannya adalah utilitas.

Baca Juga  Mobil Sport Mewah Fitur Wifi, Audi TT RS

Sejak dulu konsumen Indonesia suka akan mobil yang mampu memuat banyak penumpang. Sekaligus andal dipakai di beragam medan atau kondisi jalan. Untuk itu banyak produk yang dijual dengan survei kondisi jalanan di Indonesia yang tak semua mulus. Toyota Kijang memulai dengan mobil angkutan 40 tahun lalu. Kemudian menjelma menjadi mobil penumpang. Konsep keandalan di berbagai kondisi jalan tetap dipertahankan. Salah satunya dengan sasis tangga (ladder) dan bukan monokok. Juga tarikan roda belakang (rear wheel drive). Paduan ini diyakini Toyota andal dipakai menembus jalanan di pelosok Tanah Air. Keandalan sebuah mobil sudah cukup terwakili dari postur SUV. Ground clearence tinggi (umumnya di atas 200 mm) membuat konsumen percaya diri menembus jalanan rusak atau bahkan menerjang banjir.

Baca Juga  Mobil yang Paling Nyaman Suspensinya

Kapasitas penumpang diwakili dari postur MPV yang panjang dan mampu memuat hingga 7 penumpang. Sekarang malah akomodasi penumpang di jok paling belakang banyak ditingkatkan. Dari ruang kaki ala kadarnya, saat ini sudah lebih manusiawi. Konsumen disuguhkan satu mobil dengan dua keunggulan. Itulah mengapa mulai banyak yang melirik di segmen MPV dengan tampilan SUV. Persaingan Xpander VS Rush-Terios akan terus berlanjut. Bisa jadi ini baru awal. Saya tak bisa bilang Honda dan Suzuki bersiap di segmen ini. Namun pastinya mereka selalu memantau kondisi ini. Apalagi Suzuki masih punya senjata baru lewat Ertiga total model change tahun depan. Kita nantikan babak selanjutnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.