Mobil Hatchback Terbaik di Indonesia

 Otomotif



[Total: 0    Average: 0/5]

Hatchback Terbaik di Indonesia

Ketatnya pertarung­ an di kelas Small Hatchback membuat pabrikan berlomba­lomba untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Tahun lalu Mirage tampil sebagai pemenang, namun mahkotanya tidak bisa dipertahankan di tahun ini setelah Honda merilis trim termahal dari Honda Brio, RS.



Berbeda dengan Satya, RS adalah varian berbeda yang menempati golongan berbeda dari Satya. Selain punya fasilitas lebih lengkap, ia juga terlihat lebih keren dan punya set suspensi yang lebih stabil. RS pun juga tidak memiliki kewajiban untuk mengenakan identitas lokal seperti badge, atau nama mobil yang ada kesan ‘nasional’­nya. Alhasil, RS pun terasa lebih berkelas dan tak heran kami masukkan di kelas yang berbeda dari Satya. Di Small Hatchback, lawan Brio RS adalah Mirage dan Sirion. Namun dibanding kedua lawannya itu, Brio RS terlihat lebih sporti. Ia menggunakan headlamp proyektor yang serupa dengan Mobilio RS. Gril baru yang terlihat sederhana dan bumper dengan desain dinamis.

Baca Juga  Mobil Bekas 90 Juta Irit BBM Bandel dan Murah Perawatan

Memang bagian eksterior belakang Brio bukan selera semua orang, tapi desain pintu belakang yang sepenuhnya kaca itu memiliki nilai sejarah, karena digunakan juga oleh Civic Wonder di tahun 80­an. Begitu juga soal performa, ia menggunakan mesin yang serupa dengan Brio lainnya, yaitu unit berkapasitas 1.198 cc dengan tenaga 90 dk. Sekadar informasi, bahwa Brio mengalami peningkatan tenaga 2 dk dari pendahulunya. Tak lupa aplikasi transmisi otomatis CVT yang digunakannya. Tidak hanya nyaman ketika dikendarai, tansmisi itu juga ampuh menciptakan konsumsi BBM yang apik. Hal menariknya lagi, ialah pengendalian yang dimilikinya. Ia memiliki set suspensi yang cukup keras, tapi justru membuahkan pengendalian yang tajam. Terlebih saat ia menikung dalam kecepatan tinggi, terasa presisi feedback stir yang dirasakan oleh pengemudi. Yang terakhir adalah value for money. Honda Brio dilansir dengan rentang harga Rp 160,2 juta–179,2 juta. Dari harga yang disajikan dengan yang konsumen dapatkan sesuai. Maka ia worth it untuk dimiliki.

Baca Juga  Harga Range Rover All New Evoque Terbaru di Indonesia

 

 

Pesaing :

  • MitsuBishi MirAGe

Fitur menjadi keunggulan mutlak Mitsubishi Mirage dibandingkan rival sekelasnya. Dengan tersedianya immobilizer, start/stop, sensor parkir, indikator eco, sensor parkir, dan climate control, ia berhasil membukukan poin tertinggi di sektor fitur. Sayang di parameter lainnya, Mirage belum mampu memberikan poin tinggi untuk melawan Brio RS. Hingga akhirnya ia harus lengser dari posisi kemenangannya di tahun ini.

 

  • dAihAtsu sirion

Kenyamanan Sirion sedikit lebih baik dari Brio RS. Bantingan suspensinya sedikit lebih empuk dengan legroom yang lebih lega. Fitur pun ia juga unggul karena memiliki ISOFIX, sensor parkir, pelipat spion otomatis, BT Audio, headlamp proyektor dan sensor parkir+depan. Hal lainnya adalah varian yang disediakan oleh Daihatsu. Sirion menyediakan 4 pilihan trim, yaitu Sirion 1.3 D FMC MT, 1.3 D FMC AT, 1.3 D FMC MT SPORT dan 1.3 D FMC AT Sport. Harga yang dilansir mulai dari Rp 160,525 juta–180,025 juta.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.