BeritaBisnisKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNews

Apa itu Data Science, dan Contoh Penerapannya di Bidang Bisnis

Apa itu Data Science, dan Contoh Penerapannya di Bidang Bisnis – Dunia berkembang begitu cepat, termasuk dunia digital dan internet yang semakin berkembang melahirkan banyak bisnis baru berbasiskan data. Bisnis berbasis data ini sendiri telah lama dimulai oleh google, facebook dan beberapa raksasa dunia. Mereka banyak mengumpulkan data para pelanggan dalam sebuah database besar bernama big data, lalu menganalisisnya untuk dijadikan modal dalam mengkapitalisasi bisnis dan desain bisnis yang akan mereka kembangkan. Pola kerja raksasa internet dunia ini sampai saat ini jamak dikenal dengan sebutan ilmu data science.

Data science adalah suatu bidang yang melakukan analisis terhadap data yang besar dan kompleks untuk menemukan pola, hubungan, dan trend yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Data science menggunakan metode dan teknik dari berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, statistik, ilmu komputer, dan ilmu sains, untuk mengekstrak informasi yang berguna dari data yang tersedia. Data science juga dapat digunakan untuk membuat model prediksi dan mengambil keputusan berdasarkan data.

 

Lalu apa itu data science?

Secara harfiah, data science jika diterjemahkan menjadi ilmu tentang data (data: sebuah informasi, untuk tunggal disebut dengan datum, sementara science disebut dengan ilmu). ilmu tentang data ini bukan hanya sekedar mengumpulkan data seperti arsiparis ataupun pustawakan yang menumpuknya ke dalam sebuwah perpus, gudang atau media penyimpanan. Fokus pada data science adalah membentuk sebuah big data, menganalisisnya dan kemudian dijadikan modal untuk mengambil keputusan. Sampai sini bisa dipahami ya apa itu data science.

Apa itu data science sangat penting di dunia modern ini, ilmu tentang data ini merekam informasi, perilaku, gaya hidup, bahkan sampai informasi besar semacam kesukaan, hobi, atau preferensi kecil semisal berita-berita apa saja yang sering diakses oleh seseorang individu (seperti contoh ilmu data science di google dan facebook).

Selanjutnya dari basis big data (data besar) ini akan dijadikan dasar pengambilan keputusan sebuah tim, manajemen atau logaritma, atau pengembangan bisnis. Itulah mengapa data science menjadi ibu dari segala ilmu-ilmu modern yang bermunculan seperti ilmu digital marketing, ilmu statistika digital, ilmu aktuari bisnis dan bahkan menjadi panduan bagi pengusaha-pengusaha digital.

Bagaimana penerapan apa itu data science dalam kehidupan bisnis sehari hari?

Pernahkah anda mengklik sebuah iklan di facebook, instagram atau website, misalnya anda mengklik iklan promo kacamata. Maka, dalam sehari, dua hari kedepan hingga bahkan seminggu facebook, instagram dan semua website yang anda kunjungi akan sering menawarkan iklan-iklan yang masih berhubungan dengan kacamata. Kenapa bisa begitu ya? Dalam ilmu teknologi informasi hal demikian disebut dengan pengaturan logaritma bisnis.

Akan tetapi dasar dari penerapan logaritma bisnis ini adalah ilmu data (apa itu data science) yang menjadi kunci pengembangan logaritma bisnis yang melibatkan kemampuan teknologi informasi, machine learning (pengaturan mesin teknologi informasi), hingga pengembangan kecerdasa buatan (artifical intelligent). pasti bingung kan dengan istilah yang aneh-aneh? Hehe, jangan khawatir baca terus selanjutnya akan diterangkan dengan bahasa sederhana.

Jadi penerapan data science workshop dalam sebuah ilmu bisnis seperti internet dan digital marketing melibatkan banyak sarana (tools), jika di atas disebutkan apa itu machine learning dan artificial intelligent, maka tools inilah yang bertugas mengumpulkan data menjadi big data dan dijadikan alat pengambilan keputusan.

Lalu bagaimana penerapannya ke dalam praktek bisnis seperti facebook dan instagram? Nah ini penjelasan yang akan lebih membumi biar anda bisa memahami secara mendasar ketika akan mengikuti pelatihan data science.

Contoh Penerapan Data Science

Pertama, mesin internet (machine learning) dan teknologi artifical intelligent

yang ditanamkan facebook, instagram dan beberapa raksasa internet seperti google di website mereka akan mendeteksi perilaku anda, merekam dan mengumpulkan kebiasaan anda seperti kapan mengakses email, berapa kali membuka email, berapa lama membaca sebuah postingan, dan berapa kali anda mengklik sebuah berita. Data ini diteliti oleh machine learning dan artificial intelleigent dan kemudian di jadikan big data (data besar).

Pada data science workshop anda akan mendapat penjelasan kenapa facebook, instagram dan google banyak membakar uang untuk mengajar big data melalui tools machine learning dan artifical intelligent ini. Karena disanalah para raksasa internet ini bisa mempunyai kemampuan dalam mengkapitalisasi bisnis mereka.

Misal begini, ketika google sudah memegang data tujuh juta penduduk Indonesia yang menyukai coklat, google telah merekam bertahun tahun melalui dua tools di atas dan dapat menunjukkan bahwa aktivitas tujuh juta data tersebut akan meningkat interaksinya mengakses email, membeli coklat melalui marketplace tokopedia dan shopee (dimana anda loginnya melalui google). maka apa yang bisa google lakukan untuk mengkapitalisasi big data tersebut?

Menjualnya. Yapz. Anda tidak keliru. Bukan artian data tersebut dijual seperti data jual beli illegal yang melanggar hukum. Tapi google akan menganalisis big data tersebut, kemudian membuka peluang para produsen coklat, penjual coklat untuk beriklan melalui google ads atau google adword. Google akan bilang kepada para produsen dan penjual bahwa dia telah memiliki data tujuh juta masyarakat yang menyukai coklat. Apakah kabar ini membuat produsen dan penjual senang? Tentu saja. Dan tentunya mereka akan memasang iklan melalui google. Ini adalah contoh sederhana memahami sebuah pelatihan data science.

Kedua Adalah Penerapan di Bidang Perbankan dan Rumah Sakit

Salah satu contoh penerapan data science adalah dalam bidang perbankan, dimana sebuah bank dapat menggunakan data science untuk menganalisis data tentang kebiasaan pengeluaran dan pemasukan dari nasabahnya untuk memprediksi kemungkinan risiko kredit. Bank dapat menggunakan hasil analisis tersebut untuk mengambil keputusan mengenai apakah nasabah tersebut layak menerima kredit atau tidak.

Selain itu, data science juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan untuk menganalisis data tentang riwayat kesehatan pasien dan faktor-faktor lainnya seperti gaya hidup dan lingkungan untuk memprediksi risiko terjadinya penyakit dan memberikan saran pencegahan yang tepat.

Data science juga dapat digunakan dalam bidang retail untuk menganalisis data tentang preferensi dan kebiasaan belanja pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Lalu apa saja yang diajarkan dalam pelatihan data science?

Ketika anda memutuskan mengikuti data science workshop, maka setidak-tidaknya anda harus memahami secara dasar perkembangan teknologi informasi, kemudian bahasa pemrograman, kemudian digital marketing familiar dengan internet dan tentu saja familiar dengan bisnis, data, statistika dan pengetahuan dasar mengenai aktuaria.

Jika anda berminat mengikuti pelatihan data science, setidaknya kemampuan-kemampuan di atas akan mempercepat pemahaman anda mengenai proses data science dalam sebuah sistem, sederhannya dijelaskan dalam tahap berikut ini:

Pertama, belajar dasar dasar teknologi informasi akan mempermudah anda mengenal bahasa bahasa TIK, kemudian memudahkan anda mengenal internet dan digital marketing.

Kedua, memahami machine learning dan artifical intelligent akan memudahkan anda membangun sebuah sistem dalam mengumpulkan data, membuat menjadi big data dan kemudian dijadikan sebagai modal pengambilan keputusan berbisnis.

Ketiga, pengetahuan dasar bisnis, statistika dan aktuaria akan memudahkan anda membuat format bisnis perusahaan anda kedepan dengan olahan data yang telah anda terima.

Berminat mengikuti pelatihan big data? Berikut beberapa tempat belajar data science yang bisa anda coba:

1.Pelatihan data science yang bersifat temporer online seperti pelatihan di Skill Academy, Akademi Bisnis Digital hingga pelatihan temporer secara fisik di sebuah kantor seperti TEMPO Institute dan Katadata Institute juga bisa anda coba.

2.Pelatihan data sciense yang bersifat formal dan memperoleh gelar bisa anda dapatkan di tempat belajar data science yang bersifat umum seperti mengambil kuliah di ITB, UI atau beberapa universitas swasta berbasis teknologi informasi.

Bisakah menguasai data science tanpa harus mengikuti kursus data science?

Sejujurnya ilmu data science termasuk ilmu yang agak sulit dipelajari tanpa mengikuti kursus data science, terkecuali anda merupakan lulusan TIK, Matematika dan juga statistika, programming software atau anak akuntansi, ekonomi dan bisnis dimana sudah terbiasa mengenal permodelan pengumpulan data sebagai bahan analisis bisnis.

Namun, jika anda memang tidak mempunyai latar belakang keilmuan tersebut, lalu ingin menguasai ilmu data science tanpa mengikuti kursus data science. Setidaknya anda butuh usaha lima kali lipat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti kursus data science.

Biasanya alasan utama tidak bisa mengikuti kursus data science karena faktor kesibukan kerja, atau karena tidak memiliki biaya untuk bergabung ke dalam kursus-kursus data science formal. Namun, tenang saja, anda bisa mengikuti kursus data science berbasis online atau membaca banyak publikasi liputan yang mengulas perkembangan dan model bisnis di Indonesia yang mengandalkan data science sebagai bahan pengambil keputusan dalam ekspansi bisnisnya.

Langkah-langkah yang bisa anda ambil menguasai data science

Berikut beberapa langkah-langkah yang bisa anda ambil menguasai data science tanpa harus mengikuti kursus data science secara penuh:

1.Mendaftar kursus data science secara online gratis. Kursus ini biasanya menggunakan google classroom dimana berbasis materi dan penugasan, atau bisa juga berbasis webinar dimana seorang pemateri akan memberikan materi dalam bentuk video dan anda tinggal mendengarkan. Beberapa kursus online akan mempunyai target yang mesti dikerjakan oleh pesertanya.

2.Mendaftar kursus data science berbayar separuh, biasanya diadakan oleh pakar-pakar data science secara parsial. Walaupun parsial sebenarnya sangat bermanfaat dalam membangun landasan keilmuan anda dalam membangun kemampuan sebagai ahli data science. Biasanya disebut parsial karena materi materi yang dasar biasanya diberikan secara gratis, sementara jika ingin melanjutkan materi selanjutnya bisa berbayar (alias premium).

3.Lalu bagaimana jika tidak ingin mengikuti kursus data science? Maka anda harus berusaha lebih keras. Yaitu banyak membaca artikel artikel publikasi yang dikeluarkan lembaga lembaga kajian yang biasanya membedah model bisnis berbasis data science. Beberapa lembaga seperti Katadata.id atau tempo institute (majalah tempo) biasanya meluncurkan beberapa artikel yang membahas beberapa model bisnis teknologi berbasis data science.

4.Langkah selanjutnya adalah banyak membaca artikel start up seperti di laman techasia atau idntimes. Kenapa banyak membaca artikel berbasis start up? Karena industri berbasis start up biasanya banyak memainkan model bisnis start up, dengan memahami model bisnisnya, maka anda bisa memahami cara pengumpulan data, cara menganalisis data dan cara mengolah data menjadi basis pengambilan keputusan dalam berbisnis.

5.Langkah kelima dalam menguasia data science adalah dengan banyak membaca berita investasi, ekonomi dan juga keuangan. Walaupun sebenarnya agak jauh, tetapi masih mempunyai benang merah di hulu bisnis data science. Misalnya anda akan memahami kenapa sebuah perusahaan berbasis start up seperti gojek membeli saham perusahaan taksi blue bird yang sejatinya secara inti bisnisnya jelas jelas berbeda. Tentu saja ini bisa dipahami dalam kacamata ahli data science bahwa gojek telah lama menganalisis perilaku konsumennya yang terus meningkat penggunannya dan butuh armada baru.

6.Pada bagian terakhir ini, anda bisa tambahkan dengan banyak menonton video, podcast atau tedxtalk yang berbicara soal industri industri berbisnis ala data science yang dapat anda temukan dengan mudah di youtube atau internet.

Apa itu Data Science

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Apa itu Data Science
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Apa itu Data Science
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^