Desain Rumah Bernuansa Alam Minimalis

  • Whatsapp

Desain Rumah Bernuansa Alam Minimalis

WALAUPUN TIDAK SEPERTI DUNIA FASHION yang cepat sekali mengalami perubahan, desain bangunan dan interior pun mengalami pergeseran tren. Berdasarkan pengamatan akan karya-karya arsitektur dan desain interior terkini di Indonesia, ditemukan sebuah benang merah. Desain yang merespons alam dan mengapresiasi segala sesuatu yang serba natural saat ini semakin mendapat tempat. Alam, yang diterjemahkan ke dalam iklim tropis dan lingkungan sekitar, menjadi pertimbangan utama saat mendesain bangunan dan interior sekarang ini. Tampilan material yang apa adanya tanpa finishing akan lebih dihargai, karena di sinilah terukir proses yang tidak sederhana. Jika dicari kata kuncinya, desain tropis dan unfinished yang akan mendominasi tren desain ke depannya. Berbagai desain yang memanfaatkan potensi alam ini akan kami tampilkan di halamanhalaman berikut. Ulasan prinsip desain bangunan tropis, pilihan material yang dapat diekspos, serta karakter furnitur masa kini akan melengkapi. Semoga terinspirasi!

 

KEMAJUAN TEKNOLOGI yang melaju sangat pesat membawa dampak banyak sekali pada  kehidupan manusia, termasuk dalam mengubah pola pikir manusia tentang desain bangunan. Menariknya, teknologi tinggi tidak selalu menciptakan tren desain bangunan ke arah gaya futuristik yang dahulu banyak diprediksi. Untuk desain bangunan rumah tinggal, justru muncul kecenderungan yang berkebalikan dari apa yang identik dengan anggapan tentang kecanggihan teknologi. Beberapa tahun belakangan, semakin banyak desain hunian yang kembali mengapresiasi alam dan tradisi. Semakin sering kita menemui bangunan yang justru membuka diri kepada lingkungan sekitarnya, dengan memanfaatkan potensi alam berupa matahari, udara, serta vegetasi. Semakin banyak pula terlihat penggunaan material alam seperti kayu, rotan, batu, dan tanah liat pada bangunan maupun sebagai pengisi rumah.

Baca Juga  Mobil Favorit Christian Sugiono

Di tahun ini, yang banyak ditemukan bahkan bukan sekadar materialnya yang alami, tetapi tampilannya pun apa adanya. Finishing yang alami dengan memperlihatkan material aslinya saat ini lebih disukai. Bahkan, tak jarang yang menggunakan material tanpa finishing sama sekali. Keuntungan Alam Tropis Di Indonesia khususnya, desain yang menggunakan kaidah bangunan tropis tidak akan lekang di makan zaman. Karena mustahil mengingkari iklim yang erat kaitannya dengan kenyamanan bertinggal dalam bangunan. Arsitek Cosmas Gozali bahkan meyakini bahwa desain tropis akan terus bertahan, antara lain karena alam menyediakan energi yang dapat dimanfaatkan untuk penghematan. Bangunan dibuat terbuka, demi memasukkan cahaya matahari yang berlimpah dan memungkinkan adanya pertukaran udara alami, tanpa bantuan perangkat yang membutuhkan konsumsi energi. Penghematan energi menjadi isu yang semakin santer seiring dengan meluasnya kesadaran akan krisis energi global. Konsumsi energi yang berbanding lurus dengan biaya akan menjadi perhatian utama, terutama di tengah krisis ekonomi.

Baca Juga  Ramalan Shio Kamu Hari ini

Segala upaya penghematan akan dilakukan, termasuk yang terkait dengan penggunaan energi pada bangunan, berupa penerangan dan pengudaraan. Pendekatan serupa dilakukan oleh arsitek Deddy Wahjudi, saat merancang huniannya yang justru merangkul alam, yang memungkinkan penghuni berinteraksi bebas dengan alam sekitarnya. Kala matahari bersinar atau pun turun hujan, sensasinya dapat terasa dari dalam rumah. Vegetasi asli pada lahan dibiarkan tak tersentuh demi mendapatkan view dan menjadi penyejuk alami. Bentuk-bentuk khas bangunan tropis seperti atap pelana kembali naik daun. Seperti ditemukan pada rumah arsitek Muchrifin. Masalah akibat hujan dan panas yang terkait atap dapat diminimalkan tanpa mengorbankan estetika. Teritisan lebar tanpa talang kembali mendapat tempat yang meniadakan masalah tampias tanpa menghilangkan sensasi curahan hujan. Anti Artifisial Desain selalu memiliki alternatif bentuk baru yang merupakan hasil dari kejenuhan akan apa yang sedang berlangsung. Di tengah maraknya berbagai teknologi yang menawarkan proses instan untuk mempermak segala sesuatu, muncul kejenuhan sehingga sesuatu yang alami lebih diapresiasi.

Seperti tren rias wajah yang natural, ini juga terjadi dalam dunia desain bangunan dan interior. Segala yang berbau artifisial dianggap punya kesan menutup-nutupi kekurangan. Karena itulah muncul istilah unfinished yang memiliki arti material tanpa finishing atau lapisan lain. Mengekspos material asli menjadi sebuah kesengajaan, tanpa takut terkesan seperti bangunan belum jadi. Arsitek Realrich Sjarief mengungkap kan bahwa material perlu dikembalikan ke posisi natural yang jujur, tanpa perlu kosmetik. Kejujuran material adalah istilah yang umum digunakan para arsitek kini untuk menggambarkan konsep material yang tampil apa adanya, tidak ada yang ditutup-tutupi. Beton terlihat seperti beton. Kayu terlihat seperti kayu. Menghargai proses merupakan sikap yang terkandung di balik pemilihan material unfinished ini. Seperti dikatakan Realrich, bahwa urat beton yang terlihat justru dapat menceritakan proses pengeringan beton yang perlahan. Ini juga pernah diungkapkan oleh Irvan Noeman, bahwa ke depannya slow design akan menjadi tren. Bagaimana proses sebuah benda diciptakan akan lebih dihargai, bukan sekadar tampilan akhirnya. Tren di dunia desain bangunan dan interior memang tidak berubah secepat tren fashion. Seperti dijelaskan oleh Isti Dhaniswari, desainer produk dan trend forecaster, bahwa tren sangat erat kaitannya dengan mindset atau pola pikir masyarakat. Namun, teknologi saat ini memungkinkan orang lebih mudah berbagi informasi dan membuat tren cepat tersebar. Dapat disimpulkan, bangunan yang merespon kondisi alam dan menampilkan material sebagaimana adanya yang akan banyak dihasilkan. Tropis dan unfinished, kedua kata kunci yang kami yakini akan mewarnai desain bangunan dan interior di tahun mendatang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.