Desain Rumah Sempit Agar Terlihat Luas

 Lain-Lain


[Total: 0    Average: 0/5]

Desain Rumah Sempit Agar Terlihat Luas

MENONJOL DAN UNI K di antara sekelilingnya. impresi awal tampilan rumah Itulah ini. Berlokasi di kompleks perumahan yang cukup padat, rumah ini ada di antara bangunan rumah lainnya yang berderet dengan tampilan bentuk dan tapak yang sama. Namun, kesan lapang begitu terasa pada bangunan yang didesain dengan konsep tropis kontemporer ini. Adalah Putri Novianty dan Grace Lisa Susanto, dua arsitek muda yang merancangnya.

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-1




Dalam desain ini, nuansa tropis kontemporer diwujudkan dalam layout ruang, fasad bangunan, pencahayaan alami, detail bangunan, penggunaaan material, dan pilihan warna. Desain praktis dan fungsional diterapkan untuk memaksimalkan lahan yang terbatas. Rumah ini merupakan fusi yang unik dari kesatuan ruang-ruang lentur dan mengalir. “Kami berusaha menciptakan sesuatu yang berbeda dari kebiasaan perencanaan rumah selebar 6 m yang biasanya menampilkan tipikal pembagian ruang yang kaku,” ujar Putri. Konsep ruang yang terbuka (open plan) yang menjadi salah satu ciri kontemporer, diterapkan dengan mengaburkan batas antarruang sehingga tercipta satu ruang yang ikonik. Hasilnya, penghuni bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu area ruang yang sama tanpa batas. Duduk berkumpul di ruang keluarga—yang merupakan ruang utama di rumah ini—bisa dilakukan sembari memasak dan makan bersama, sekaligus menikmati hiburan dari televisi. Kamar tidur diletakkan di bagian depan sehingga tidak menyekat ruang utama yang serbaguna ini.

Baca Juga  Kosmetik yang Bagus untuk Laki Laki

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-2

Bangunan Tinggi

Memberi kenyamanan pada ruang utama ini, cross ventilation pun dihadirkan melalui taman kering di bagian samping dan skylight di atas tangga. Hasilnya, kesan lapang pun tercipta dan kesegaran terasa setiap waktu di ruang yang sebenarnya sempit ini karena masuknya cahaya alami ke dalam ruang. Tak hanya menyatukan ruang secara horizontal sebagai upaya menciptakan kesan luas, pengondisian secara vertikal pun dilakukan. Caranya, ruang utama memiliki langit-langit tinggi (double height) dengan void yang cukup besar. Konsep double height juga diterapkan pada carport dengan kapasitas tampung 2 mobil. Desain seperti ini diterapkan agar kehadiran carport tidak memblok cahaya masuk ke lantai dasar. “Desain bangunan yang tinggi juga membuat bangunan bernapas lega dan menampilkan view terbuka di depannya sehingga terlihat lapang,” tambah Grace.

Baca Juga  Ide Bisnis Francise Playgroup yang Menguntungkan

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-3

Estetika Material

Selain itu, juga dilakukan pemaksimalan penggunaan material dengan menerapkan sistem modular kelipatan 15 cm. Hal ini juga dilakukan untuk tujuan mewujudkan estetika yang baik. Ciri bangunan masa kini pun tercipta melalui bentuk geometri sederhana yaitu kotak (kubus). Pengolahan desain juga memerhatikan arah hadap bangunan. Rumah tinggal yang menghadap ke timur dengan view taman terbuka dan kampung kota di belakangnya ini, fasad bangunannya dibuat lebih banyak transparan. Untuk mewujudkannya, digunakan kaca yang dikombinasikan dengan kisi-kisi kayu yang dapat dibuka-tutup untuk memberi pengudaraan dan pencahayaan alami yang baik.

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-4

Tak cukup di sini. Inovasi yang lebih kreatif pun dilakukan oleh Putri dan Grace dengan menggunakan material bangunan yang sedang tren dan populer saat ini. Sebagai batas luar yang aman, perforated panel diaplikasikan pada pagar. Pilihan material ini menampilkan desain yang terbuka dan ramah dengan lingkungan sekitar namun tetap kuat laksana benteng. Pemakaian material parket pada lantai dan penerapan material unnished pada dinding dilakukan untuk menciptakan kesan alami. Tidak ada pola pada dinding, pun hampir tak memiliki detail. Seperti terlihat pada dinding ruang keluarga yang tampil apa adanya dengan menggunakan acian ekspos dan tanpa nishing cat.

Baca Juga  Inilah Kabupaten Termuda di Indonesia

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-5

Permainan warnanya sangat minim, sebaliknya konsisten dengan pilihan warna “bumi” seperti putih, hitam, abu-abu, dan cokelat dengan sedikit percikan warna terang sebagai aksen pelengkap estetika. Untuk memperkuat kesan kontemporer, dipilih perabot modern (sofa rendah, karpet tebal) yang dikombinasi dengan perabot non-modern seperti keramik motif beton, kabinet TV dari beton cor, serta furnitur kayu yang hangat. Kesederhanaan dan keindahan alam yang tergambar dari rumah ini mewakili gaya hidup masa kini. Rumah terlihat artistik dan penuh kesegaran yang mampu meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Desain yang berbeda dari kebiasaan membuat rumah menjadi pusat perhatian di lingkungan sekitarnya.

desain-rumah-sempit-agar-terlihat-luas-6

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.