Tips Menyetir Mobil dan Menghindari Kemacetan

  • Whatsapp

Tips Menyetir Mobil dan Menghindari Kemacetan

 

Mengemudi sudah harus memiliki perencanaan yang matang, hal ini untuk menekan energi yang terbuang secara sia sia, yaitu: boros bahan bakar, waktu, tenaga dan pikiran. Kenapa? karena mengemudi membutuhkan kemampuan pikiran yang rileks dan fisik yang prima.

 

cara menghindari kemacetan

 

Berikut teknik menghindari sebuah kemacetan:

1. Atur waktu keberangkatan dengan cermat

2. Buat pertemuan di luar jam sibuk, misal diluar pagi hari (semua orang berangkat beraktifitas) dan sore hari (semua orang pulang setelah beraktifitas dengan pekerjaannya).

3. Pilih lokasi pertemuan diluar atau pinggiran kota saat pagi hari dan sebaliknya. Tujuannya adalah crossing terhadap arah berlawanan dengan aktifitas pada umumnya.

Baca Juga  Honda BR-V Rush dan Terios Pilih Mana ?

4. Manfaatkan aplikasi google map atau waze untuk menentukan arah yang lebih lancar, aman dan terdekat.

5. Ubah meeting point apabila memungkinkan untuk menghindari kemacetan akibat adanya kecelakaan, perbaikan jalan, iringan kunjungan pejabat, cuaca buruk dll.

 

Diluar itu segala kemungkinan yang berujung kemacetan kadang tidak bisa kita hindari, maka kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar resiko yang jelek dapat dihindari.

1. Relaks a. Atur posisi duduk senyaman mungkin, sehingga proses sirkulasi darah dalam tubuh lancar. b. Pikirkan hal hal yang positif dan sikapi sekeliling dengan positif juga. c. Lakukan aktifitas yang terkontrol untuk menunjang proses mengemudI.

2. Kontrol Emosi a. Jauhi pengemudi lain yang agresif. b. Jangan terprovokasi pengguna jalan lain yang tidak tertib. c. Lakukan akselerasi dan deselerasi dengan lembut.

Baca Juga  Beginilah Kisah Sukses Pengusaha Kuliner

3. Toleransi

4. Keamanan a. Atur jarak kendaraan dengan kendaraan di depannya, pastikan ada ruang untuk melakukan evakuasi menghindar apabila diperlukan. b. Gerakan mata terus menerus untuk memantau sekeliling dengan memanfaatkan kaca spion. c. Fokus dengan mengemudi saat ditengah kemacetan, persiapkan dengan hal yang tidak terduga. d. Baca dan taati rambu-rambu lalu lintas.

5. Sopan a. Selalu berkomunikasi positif (sign / smooth klakson / dimmer dll) dengan sesama pengguna jalan lain. b. Beri ruang pengguna jalan lain apabila diperlukan. c. Tidak memotong lajur dan jalur pengguna jalan lain. d. Jangan bereaksi dengan tiba-tiba yang dapat memicu perselisihan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.