Ketahui Perbedaan Mobil SUV Dengan Mobil MPV Disini

  • Whatsapp

Ketahui Perbedaan Mobil SUV Dengan Mobil MPV Disini

Saat ini terdapat berbagai jenis dan macam mobil yang beredar di pasaran otomotif Indonesia. Terdapat beberapa istilah baru yang digunakan untuk menamai jenis dan juga tipe mobil tersebut.

Diantara nama-nama baru tersebut adalah mobil SUV, dan juga mobil MPV. Lalu apa sih perbedaan dari mobil SUV dengan mobil MPV ini? bagi kita yang masih awam atau tidak mengikuti perkembangan dunia otomotif tentu saja akan susah untuk mengerti apa itu sebenarnya mobil SUV dan apa itu mobil MPV. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda informasi mengenai pengertian dan juga perbedaan dari mobil SUV dan MPV.

Perbedaan Mobil SUV Dengan Mobil MPV

Tren mobil di Indonesia kini sedang diliputi oleh atmosfer peperangan dari mobil SUV dengan mobil MPV. Mobil MPV yang dalam beberapa tahun belakangan ini berhasil merajai industri otomotif dalam negeri harus siap-siap bersaing dan berperang melawan pendatang baru yaitu Mobil SUV.

Baca Juga  Apa itu Mobil Hybrid? Tipe Mobil Hybrid Apa saja?

Keduanya sebenarnya hampir sama, jika anda yang masih awam tentu akan susah untuk menentukan pilihan ingin memilih yang mana. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada anda penjelasan terkait pengertian dan juga perbedaan masing-masing mobil ini.

Mobil SUV

Apa itu mobil SUV? kenapa bisa sampai menjadi saingan terberat dari mobil MPV? Singkatan dari SUV adalah Sport Utility Vehicle, yang berarti mobil ini adalah gabungan dari desain mobil pickup, jeep dan juga mobil sedan.

Mobil SUV dibuat untuk kendaraan yang bisa melahap berbagai jenis medan on road dan off road. Karakter jeep yang sangat kuat dan macho tentu saja bisa diandalkan untuk melalui medan tanah, bukit dan bebatuan bahkan sampai pegunungan.

Mobil SUV dilengkapi dengan desain body yang sangat kokoh dan juga tampak garang. Saat ini ada banyak sekali mobil SUV yang beredar di pasaran Indonesia dan sudah diuji pada berbagai medan yang ekstrim seperti jalanan bebatuan, dan pegunungan.

Baca Juga  Review Lengkap Land Rover Discovery Sport Mobil Offroad Terbaik

Selain dibuat dengan tangguh, mobil SUV juga memiliki karakteristik mobil sedan yang bisa mengangkut penumpang dengan kenyamanan berkendara yang hampir sama ketika kita menaiki mobil sedan. Bahkan saat ini sudah ada banyak juga mobil SUV yang bisa memuat banyak penumpang dalam sekali waktu. Mobil SUV ini juga didesain supaya bisa membawa banyak barang, kursi bagian belakang bisa dilipat sehingga bisa digunakan untuk menempatkan barang bawaan yang lebih banyak lagi.

Mobil MPV

Mobil MPV adalah mobil yang didesain untuk mempunyai kemampuan bisa mengangkut banyak penumpang sekaligus. Dalam mobil MPV ini biasannya dapat memuat penumpang hingga 7 orang, bahkan bisa juga sampai 9 orang jika dipaksakan.

Di Indonesia sendiri, mobil MPV ini dikenal sebagai mobil keluarga karena bisa memuat satu keluarga sekaligus dalam sekali perjalanan. Karena bisa memuat banyak orang dalam sekali angkut tersebut, tidak heran jika mobil MPV ini menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia.

Belum lagi saat ini sudah ada banyak sekali mobil MPV yang murah sehingga bisa memenuhi kebutuhan mobilitas setiap keluarga di Indonesia.

Baca Juga  Mobil SUV Terbaik dengan Fitur HSA Hill Start Assist 2019

Jika dilihat dari fisik, mobil MPV ini mempunyai dimensi yang panjang dan juga lebar. Hal ini wajar saja sebab namanya juga mobil keluarga tentu saja dibutuhkan body yang besar agar bisa memuat banyak orang atau satu keluarga dalam sekali angkut.

Pada dasarnya mobil MPV ini memiliki kapasitas 7 tempat duduk dan biasanya dikonfigurasikan dengan 2-2-3, artinya 2 tempat duduk di depan, 2 di tengah dan 3 di belakang.

Seperti namanya, mobil MPV jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti kendaraan yang serba guna. Mobil MPV selain bisa mengangkut banyak penumpang dalam sekali perjalanan juga bisa muat loh untuk meletakkan berbagai barang-barang yang berukuran kecil pada sela-sela jok atau di sela-sela mobil bagian belakang.

Mobil MPV juga bisa dipakai untuk membawa berbagai barang-barang dalam jumlah yang banyak, hal ini karena jok belakang dari mobil MPV ini bisa dilipat untuk digunakan sebagai ruang meletakkan barang.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.