Apa Itu Kamera 360 Cara Kerja dan Biaya Pemasangan Kamera 360 Pada Mobil

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Apa Itu Kamera 360 Cara Kerja dan Biaya Pemasangan Kamera 360 Pada Mobil

Pasang Kamera 360 Derajat – Manfaatkan Pandangan Burung

Mengemudi mobil makin mudah dengan fitur ini. Berkat visibilitas 360 derajat, memarkir mobil atau melewati jalan sempit tidak kesulitan lagi Demi memudahkan pengemudi memantau, pabrikan mobil mulai menerapkan teknologi Around View Monitor di mobil massal. Disebut Around View Monitor, karena melalui teknologi ini pengemudi bisa memantau sekeliling mobil dengan melihat layar monitor. Tampilan di layar pun seperti dilihat mobil dan area sekelilingnya dari atas seperti burung melihat ke arah bawah (bird view). Teknologi ini pertama kali diperkenalkan untuk mobil massal oleh Infititi pada 2007. Beberapa tahun kemudian fitur ini bisa dijumpai di Infiniti FX50 pada 2011.

Mobil yang Menggunakan Kamera 360

Lalu di 2013, Nissan Elgrand juga mengaplikasi fitur tersebut. Terakhir, sistem ini juga disematkan pada Nissan All New X-Trail dan Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4, beberapa varian BMW serta Toyota Alphard. Tapi jangan kecil hati, kini mobil Anda pun bisa mengaplikasi perangkat layaknya beberapa mobil mewah itu. Kartolo Saimin dari gerai Dharma Audio di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat punya solusinya. “Pada dasarnya, cara kerja fitur Around View Monitor memanfaatkan empat kamera yang dibantu modul tambahan. Kameranya ditempatkan di depan, belakang dan di bawah spion kiri-kanan,” terang Akang panggilan akrabnya. Namun Akang juga menyebut kalau pemasangan kamera 360 derajat ini perlu syarat. “Yang penting sudah dilengkapi head unit bermonitor,” ujar pria yang sering memasang perangkat ini di Toyota Alphard dan Fortuner.

Baca Juga  Mobil Jaguar XF Terbaru Termahal Buatan Negara Mana

Kamera yang di Gunakan Pada Kamera Mobil 360

Dalam satu paketnya tersedia 4 kamera dan satu modul prosesor untuk membuat tampilan kamera terintegrasi dengan head unit standar. Sayangnya, buat mobil yang sudah dilengkapi rear view camera justru tidak bisa memanfaatkan kamera belakangnya. “Kamera standar hanya memiliki angle 130 derajat. Sementara kamera ini lebih lebar yakni mencapai 192 derajat,” paparnya. Pemasangan produk kamera 360 derajat aftermarket pada mobil-mobil yang sudah dilengkapi fitur ini juga bisa dilakukan. “Toyota Alphard terbaru sudah ada fiturnya, tapi diganti dengan produk aftermarket. Soalnya standar mereka pakai splitter jadi hasil di monitor kurang baik. Kalau lihat marka jalan bisa miring,” jelasnya.

Baca Juga  Mobil SUV Matic Terbaik yang Cocok untuk Perjalanan Jauh 2019

Biaya Pemasangan Kamera 360

Untuk pemasangan di mobil keluaran Jepang, Akang mematok harga sekitar Rp 5 juta. Sedangkan untuk mobil asal Eropa dijual dengan harga sekitar Rp 10 juta. Alasannya, pemasangan di mobil Eropa cukup rumit. “Harus ada tambahan modul interface. Ini fungsinya untuk membuka akses agar tidak terbaca error di komputer mobil,” jelasnya. Prinsip pemasangan tak jauh berbeda di setiap mobil, karena sifatnya universal. Untuk mobil-mobil yang belum dilengkapi dudukan kamera di cover spion, terpaksa harus dilubangi di sisi bawah. Sementara pada Alphard terbaru, di cover spion samping yang sudah dilengkapi dudukan kamera. Dengan fitur seperti ini, mengemudi di jalan sempit pun jadi terasa mudah walau tidak ada navigator di bangku samping.

Baca Juga  Mobil Sport Terbaru, Kecepatan Tinggi, Audi R8 V10 Plus Selection 24H

Bagaimana Cara Kerjanya?

Kalau versi OEM seperti di Nissan All New X-Trail, untuk mengaktifkannya cukup memindahkan tuas transmisi ke posisi R atau tekan tombol “Disp” pada head unit. Seketika fitur ini akan aktif. Sementara versi aftermarket justru lebih mudah dalam hal penggunaan. Pertama, ketika tuas transmisi diposisikan pada gigi mundur, otomatis layar monitor head unit terbagi dua penglihatan. Sisi kanan monitor memperlihatkan gambar kamera belakang, sedangkan visibilitas 360 derajat pada sisi kiri.

Cara kedua, fitur ini bisa aktif ketika mengaktifkan tuas lampu sein. Saat sein kiri aktif, maka di monitor akan terlihat pandangan dari kamera sebelah kiri. Begitupun sebaliknya. Cara ketiga, Akang mensiasatinya dengan cara menekan dua kali tombol lampu hazard, maka layar monitor akan memperlihatkan visibilitas dari kamera depan dan vibilitas 360 derajat. Untuk menon-aktifkannya tekan lagi tombol lampu hazard dua kali. Bila fitur bawaan pabrik akan non aktif ketika mobil melaju di atas 20 km/jam, maka Akang bisa menset aktifnya fitur ini selama 5-30 detik. “Tinggal pilih sesuai keinginan mau diset berapa lama,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.