Mobil Baru Sport Matic 200 Jutaan yang Bagus dan Terbaik

  • Whatsapp

Mobil Baru Sport Matic 200 Jutaan yang Bagus dan Terbaik , Yaris Heykers

maraknya kompetisi di segmen crossover membuat Toyota Astra Motor (TAM) memutar otak agar bisa tetap bersaing dengan kompetitornya. Alhasil, Toyota Yaris generasi terbaru pun mendapat operasi plastik. Karena Toyota Yaris Heykers, begitu mobil ini disebut, memiliki tambahan bodi kit plastik disekeliling tubuhnya. Secara kasat mata, Toyota Yaris Heykers ini memberikan tampilan yang lebih kekar. Mulai dari tampilan depan yang ditambah plastik hitam layaknya protection moulding, mulai dari bawah lampu utama hingga ke bagian bawah bumper.

Kemudian di samping tersedia overfender dan side protection moulding juga dari plastik, serta roof rail hingga ke bagian belakang, di mana bumper belakang juga mendapat tambahan “otot plastik” untuk proteksi tambahan. Masuk ke dalam kabin terlihat sedikit perubahan, tampilan interior Yaris Heykers ini sudah dilengkapi dengan piranti audio dengan sistem layar sentuh berukuran 7 inci yang memiliki fungsi miracast/mirroring, internet, dan Bluetooth. Sayangnya fitur navigasi belum tersedia bahkan di varian Yaris Heykers tertinggi dengan transmisi otomatis. Begitu juga dengan fitur kamera parkir yang absen dari Yaris Heykers. Memang untuk ukuran mobil hatchback, fitur ini tidak terlalu penting mengingat ukuran bodi mobil yang masih tergolong kompak. Fitur sensor terbukti sudah cukup saat parkir. Ternyata ubahan belum selesai, perbedaan paling signifikan dengan Yaris generasi terakhir adalah pada sektor kaki­kakinya, karena Yaris Heykers mendapatkan per dan shockbreaker racikan baru dari TRD (Toyota Racing Development) yang membuatnya lebih tinggi sekitar 20 mm. Profil ban dan ukuran velg berukuran 16 inci dengan ban 185/55 R16 juga menambah tinggi Yaris Heykers.

Baca Juga  Mobil Mercedes Benz yang Baru Rilis Tahun ini

Sedangkan Yaris biasa menggunakan velg 15 inci dengan ban 195/60 R15. Perbedaan inilah yang menambah ketinggian hingga 15 mm. Kedua faktor ini yang membuat perbedaan hingga 35 mm. Jika Yaris biasa memiliki ground clearance 149 mm, sedangkan Yaris Heykers memiliki ground clearance 184 mm. Awalnya saya sangsi dengan berubahnya ketinggian Yaris Heykers ini akan membuat pengendaliannya menjadi lebih baik, karena biasanya semakin tinggi mobil akan terasa limbung terutama di kecepatan tinggi. Suspensi racikan TRD yang berwarna merah ini ternyata memberikan dampak yang signifikan, bantingan lebih empuk namun pengendalian tetap tajam. Meski ground clearance meningkat signifikan, tapi saat bermanuver di kecepatan tinggi tetap stabil tidak terasa limbung. Ketika diisi oleh empat penumpang pun suasana di dalam kabin Yaris Heykers ini tetap terasa nyaman dan stabil. Ternyata Toyota juga membekali Yaris Heykers dengan mesin baru 2NR­FE yang berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi Dual VVT­i.

Baca Juga  Spesifkasi Harga Review Toyota CHR Mobil SUV Terbaru dari Toyota

Dipadukan dengan transmisi CVT 7­speed sequential shiftmatic, tentu Toyota mengharapkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Meski kami tidak sampai menghitung tingkat efisiensi BBM Yaris Heykers ini, tapi jelas rasa berkendara pun berubah. Mesin baru serta transmisi CVT juga membuat pengendaraan hatchback ini semakin tenang. Teknologi dual VVT­i di mesin 2NR­FE ini sama seperti yang diterapkan pada Sienta. Sementara transmisi CVT membuat akselerasi terasa lebih halus tanpa hentakan. Tenaga yang dihasilkan berkurang sedikit dari yang tadinya 107 hp menjadi 105 hp dan torsi 140 Nm.

Ternyata semua ubahan ini membuat pengendalian Yaris Heykers ini semakin mumpuni. Jika pada Yaris sebelumnya terasa bantingan yang cukup keras, namun pada Yaris Heykers ini terasa lebih nyaman. Satu hal yang membuatnya lebih percaya diri adalah ketinggian ala crossover yang membuat rasa aman saat harus melewati jalan yang tidak ramah. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan tampilannya, tapi percayalah saat Anda berada dibalik kemudinya, ini bukanlah Yaris yang dulu Anda kendarai.

Baca Juga  Inilah Pesaing Rival NMAX dan Honda PCX yang Irit BBM

 

Racikan suspensi TRD menyempurnakan mesin dan transmisi barunya

Harga Rp 277,8 juta (OTR)
Mesin Bensin 1.496 cc 2NR-FE
Tenaga 105 hp @ 6.000 rpm
Torsi 140 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi CVT 7-speed
Ground Clearance 184mm
Berat Kosong 1.500 kg
Dimensi 4.115 x 1.700 x 1.550 mm

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.