Berapa Konsumsi BBM Mobil Ertiga Diesel Hybrid ?

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Berapa Konsumsi BBM Mobil Ertiga Diesel Hybrid

Berdasarkan Test yang dilakukan oleh tim Kompas.com Mobil Ertiga Hybrid Diesel ini mencatat skor konsumsi BBM sebesar 20.3 km / liter.

 

Desas-desus mengenai kehadiran Suzuki Ertiga Diesel sebenarnya sudah mencuat sejak akhir tahun lalu. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bahkan sudah menggelar temu media massa khusus untuk memberi sedikit informasi seputar teknologi mesin di Ertiga Diesel ini. Meski sayang, PT SIS masih enggan untuk membocorkan waktu resmi peluncuran mobil tersebut. Bak durian runtuh. Dalam satu kesempatan yang tidak disengaja, tim Auto Bild berhasil memergoki sosok Suzuki Ertiga Diesel itu. Mobil ini kedapatan sedang melintas di seputaran area Serpong, Tangerang (11/1).

Butuh mata yang jeli untuk memastikan jika mobil tersebut adalah Suzuki Ertiga Diesel. Pasalnya tampilan luar mobil ini begitu identik dengan saudaranya yakni Ertiga GX. Satu hal yang menjadi indikasi awal ialah tampilan warna baru. Ya, bodi luar Ertiga Diesel ini terbungkus warna abu-abu gelap, yang tidak pernah kami lihat di model Ertiga bensin saat ini. Dari penelusuran kami, berdasarkan model Ertiga yang beredar di India, warna baru di Suzuki Ertiga Diesel merupakan warna granite grey. Kemungkinan warna ini merupakan “hero color” Ertiga Diesel agar tampak berbeda dengan Ertiga yang sudah beredar selama ini. Selebihnya, tampang Ertiga Diesel ini sama dengan Ertiga GX.

Baca Juga  Begini Cara Mengganti Ban Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Mulai dari desain bumper depan, lampu utama berukuran besar, gril krom, dan model lampu kabut bulat masih dipertahankan. Termasuk dengan desain pelek alloy yang juga berukuran 15 inci. Dugaan kami k i a n tepat setelah mengamati bagian belakang Ertiga Diesel ini. Di sana jelas-jelas tersemat emblem Hybrid dan ZDi sebagai penanda model. Tidak hanya itu, di area bumper belakang terdapat tambahan 2 sensor parkir sehingga total ada 4 sensor parkir. Berbeda dengan Ertiga regular yang hanya menempatkan 2 sensor di area bumper belakang. Kami tidak bisa memastikan rupa mesin yang tertanam di jantung pacu mobil ini.

Tapi dari pendengaran sekilas, yang terdengar memang raungan khas mesin diesel. Dari literatur yang ada, Suzuki Diesel akan menyematkan mesin 1.300 cc CRDi yang mampu menyemburkan tenaga 90 dk pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Tenaganya lebih kecil 2 dk dari mesin bensin yang sekarang dijual di Indonesia tapi torsi lebih besar. Salah satu kelebihan Suzuki Ertiga Diesel yang lain ialah sematan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Sistem ini bekerja layaknya idle start/stop di mesin diesel. Hal inilah yang membuat Ertiga Diesel diklaim lebih irit hingga 50% dalam penggunaan bahan bakar. Indikasi kehadiran Suzuki Ertiga Diesel tentu dapat menyemarakkan peta persaingan di segmen Small MPV.

Baca Juga  Mobil Sedan Mewah Keluaran Terbaru, DS 4S

Gema ‘peperangan’ bahkan sudah dimulai PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan meluncurkan Honda Mobilio Facelift beberapa waktu lalu. Selain itu, tentu Ertiga Diesel harus menghadapi duet tangguh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, plus Nissan Grand Livina. Meski belum meluncur resmi, tapi pemesanan sudah bisa dilakukan di dealer Suzuki. Pasalnya di jagad maya, beberapa dealer Suzuki sudah membuka kran pemesanan Suzuki Ertiga Diesel dengan booking fee Rp 5 juta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.