Mobil Offroad Mini Terbaik TOYOTA NEW YARIS HEYKERS

 Otomotif

Mobil Offroad Mini Terbaik

Nama Heykers sendiri sebenarnya diambil dari kata hikers atau hiking yang bisa diartikan sebagai jalan kaki untuk rekreasi atau berpetualang. Selain itu, jika diambil dari bahasa Jepang, HaiKars (High Cars) berarti mobil yang memiliki ground clearence tinggi. Donny Adhi Yuwono, (Head C & A Accessories Planning and Styling Design) bahkan menyebutkan kalau mobil ini juga terinspirasi pada bentuk batu yang biasa dipakai dalam tradisi lompat batu di Nias, Sumatera Utara, utamanya pada bentuk over fender yang memiliki desain mengotak. Dalam pembuatan New Yaris Heykers ini, banyak anak bangsa yang terlibat. Sebut saja Akbar Juniarto yang bertanggung jawab akan desain eksterior.

mobil-offroad-mini-terbaik-3



Sementara Arif Aulia Rahman bertanggung jawab soal teknis seperti suspensi dan roda. Bisa dibilang, New Yaris Heykers masuk dalam kategori crossover. Sebab ground clearence mobil ini sudah lebih tinggi dari versi standar menjadi 184 mm. Hal ini didapat dari ubahan sektor suspensi yang lebih tinggi 20 mm serta diameter roda yang membuat New Yaris Heykers bertambah tinggi 15 mm. Supaya lebih jelas, mari kita perhatikan perbedaannya satu persatu. Dari depan, ciri khas paling terlihat tentu saja penggunan plastik hitam yang terlihat kekar pada bagian bumper depan. Ditambah lagi, cover foglamp berwarna silver yang diberi emblem TRD terlihat semakin kontras. Tampilan makin mencolok justru terlihat ketika mobil terlihat dari samping. Overfender yang terinspirasi dari batu lompatan di Nias membuatnya lebih berkarakter.

Baca Juga  Spesifikasi, Harga, Mobil Sport Atap Terbuka di Indonesia, Audi R8 Spyder

mobil-offroad-mini-terbaik-1

Hasil karya anak bangsa, dari sekadar mobil konsep yang dipamerkan hingga akhirnya diproduksi massal

Ditambah lagi, mobil yang akan bersaing dengan Suzuki SX4 S-Cross ini dilengkapi side protection moulding serta side skirt dari bahan serupa over fender. Sebagai pelengkap, di atap juga dilengkapi roof rail. Di atas side skirt, Toyota tetap mempertahankan stiker, bedanya tak ada lagi tulisan TRD Sportivo melainkan hanya tulisan Heykers. Desain velg pun kini berubah. Bila semua Yaris TRD Sprotivo terdahulu menggunakan velg palang 8 yang dibalut satu warna abu-abu atau silver, kini New Yaris Heykers menggunakan velg dengan model palang lima double spoke yang diberi fisnishing hitam dan polish. Oh ya, pada New Yaris Heykers diameter ban dibuat lebih besar karena menggunakan ban ukuran 195/55R16. Lebih tebal dibanding ban versi TRD Sportivo yang memiliki ukuran 195/50R16. Hal ini tentu saja untuk mengejar ground clearence yang lebih tinggi. Selain itu, agar lebih menjulang satu set suspensi TRD dipasangkan di keempat sisi. Bisa jadi banyak yang menyangka kalau suspensi TRD lebih keras dibanding versi standar. Tapi yang dari kami rasakan ketika mencobanya melintasi rintangan seperti polisi tidur yang cukup tinggi, bantingannya masih cukup nyaman.

Baca Juga  Ban Mobil Apa sih yang Irit BBM ?

mobil-offroad-mini-terbaik-2

Melihat bagian interior, rasanya tak ada perbedaan berarti dibanding All New Yaris saat pertama kali diluncurkan 2014 silam. Tapi tunggu dulu, ternyata head unit yang diusung kini berbeda meski sama-sama menggunakan model layar sentuh. Head unit ini sama seperti milik Toyota Sienta. Sayangnya, fitur gesture yang dimiliki pada All New Yaris tak lagi bisa ditemukan. Tapi sebagai gantinya, haed unit ini sudah tersedia fitur HDMI, Miracast/ Mirroring. Selian itu tak ada yang berbeda dari interior New Yaris. Namun kejutan besar ada pada sumber tenaga. Mesin 1 NZ-FE tak lagi digunakan. Sebagai gantinya, mesin berkode 2 NR-FE yang juga digunakan pada Sienta kini menjadi sumber tenaga utama buat Yaris. Bedanya, mesin berkapasitas 1.496 cc ini sudah mengandalkan teknologi Dual  VVT-i. Dapur pacu baru ini mampu menghasilkan tenaga hingga 107 ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal di angka 140,2 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tak hanya mesin, untuk versi otoamtis, New Yaris juga sudah dilengkapi transmisi CVT yang juga digunakan pada Sienta. Berkat paduan mesin serta transmisi CVT, klaimnya New Yaris bisa lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar hingga 30%. Sementara ketika dipadu transmisi manual 5-percepatan bisa lebih efisien sebanyak 17 persen. Sayangnya kami tidak bisa mengeksplorasi lebih jauh performa dari mesin serta transmisi barunya ini. Tapi tunggu di edisi-edisi mendatang ulasan lebih lengkapnya lagi.

Baca Juga  Fungsi dari Camshaft Adalah

 

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.