BahasaBeritaNews

Gelar S2 Di Luar Negeri

Gelar S2 Di Luar Negeri – Seseorang yang merupakan lulusan luar negeri memiliki gelar yang berbeda, termasuk pada jenjang master. Hal itu karena pemberian gelar di luar negeri memiliki perbedaan dengan yang ada di Indonesia. Tidak hanya dari penulisannya, tertapi juga penyingkatannya.

Gelar S2 adalah singkatan dari gelar master dalam sistem pendidikan di Indonesia. S2 sendiri merupakan singkatan dari strata dua, yang menunjukkan tingkat kelulusan setelah sarjana (S1) atau gelar bachelor. Gelar S2 dapat dikejar di dalam maupun di luar negeri, tergantung dari program studi yang dipilih oleh seseorang.

Ada banyak gelar S2 di luar negeri. Hal itu bisa dibedakan dari jenis dan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa. Beberapa jenis gelar master yang saat ini ada adalah seperti master pascasarjana, master bisnis atau manajemen, master eksekutif, penelitian pascasarjana, master terintegrasi.

 

Berikut Daftar Gelar S2 Di Luar Negeri

1. Gelar S2 Di Luar Negeri , Gelar master pascasarjana (M.A., M.Sc., M.L.A., M.S.W., dll)

Gelar master ini biasanya terbuka untuk siapa saja yang telah memegang gelar sarjana sebelumnya.

2. Gelar S2 Di Luar Negeri, Gelar master bisnis atau manajemen (M.B.A, M.Sc., M.I.M., M.S.M., M.A., M.E.M.)

Gelar S2 di luar negeri jenis ini umumnya fokus pada pengalaman profesional tertentu, terutama dalam gelar M.B.A. atau Magister Administrasi Bisnis.

Gelar M.Sc. dalam Manajemen (M.Sc., M.I.M., M.S.M.) membutuhkan gelar sarjana dalam ilmu sosial terlebih dahulu. Sedangkan gelar M.A. dalam Manajemen dapat menerima kandidat yang berasal dari semua latar belakang pendidikan.

Sementara itu, gelar S2 di luar negeri Master in Engineering Management (M.E.M.) dirancang khusus hanya untuk mahasiswa teknik.

3. Gelar S2 Di Luar Negeri, Gelar master eksekutif (E.M.B.A., E.M.S.)

Gelar S2 di luar negeri ini didesain khusus untuk para profesional eksekutif menengah. Gelar master eksekutif membutuhkan kandidat yang memiliki pengalaman profesional yang signifikan, bahkan lebih daripada MBA.

Yang paling umum pada jenis gelar S2 di luar negeri ini adalah Master Eksekutif dalam Manajemen Bisnis (E.M.B.A.) atau program M.Sc. Eksekutif.

4. Gelar S2 Di Luar Negeri , Gelar magister penelitian pascasarjana (Magister Penelitian)

Program Master by Research dirancang untuk seseorang yang memegang gelar sarjana dengan komponen penelitian yang signifikan atau memiliki beberapa makalah penelitian yang diterbitkan.

Gelar S2 Di Luar Negeri

5. Gelar master terintegrasi (M.Eng., M.Math., M.Sci., dll)

Jenis gelar S2 di luar negeri ini adalah gelar master yang mengikuti langsung program sarjana. Jenis ini paling umum tersedia dalam jurusan ilmiah dan teknologi. Uniknya, mahasiswa dapat mendaftar program gelar magister ini langsung setelah menyelesaikan pendidikan tingkat menengah.

Program gelar master terintegrasi ini biasanya berlangsung setahun lebih lama ketimbang waktu pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun, mahasiswa bisa saja memiliki pilihan untuk tidak mengambil tahun terakhir tetapi hanya lulus sebagai tingkat sarjana.

Dari beberapa jenis gelar S2 tersebut, kemudian dibagi lagi menjadi dua, yaitu gelar master umum dan gelas master khusus. Nah, berikut ini adalah penjabaran gelar S2  umum dan khusus.

Gelar Magister Umum

1.  Master of Arts (M.A.)

Gelar S2 di luar negeri Master of Arts (MA) biasanya diberikan dalam disiplin ilmu yang dikategorikan sebagai seni atau ilmu sosial, seperti komunikasi, pendidikan, bahasa, linguistik, sastra, geografi, sejarah, dan musik.

Master of Arts (M.A.) adalah gelar akademik yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan program studi pascasarjana di bidang seni atau ilmu sosial. Program ini biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua tahun untuk diselesaikan, tergantung dari institusi pendidikan yang menawarkannya. M.A. biasanya diberikan setelah seseorang menyelesaikan program studi yang berfokus pada kelas dan pembelajaran, dan memiliki kurikulum yang lebih terfokus dibandingkan dengan program Master by Coursework. Gelar ini biasanya ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke tingkat doktor (Ph.D.) setelah menyelesaikan program M.A.

2. Master of Science (M.S., M.Sc.)

Gelar Master of Science (MS, MSc) biasanya diberikan dalam disiplin ilmu yang dikategorikan sebagai ilmu seperti biologi, kimia, teknik, kesehatan, dan statistik.

Master of Science (M.S. atau M.Sc.) adalah gelar akademik yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan program studi pascasarjana di bidang ilmu pengetahuan. Gelar ini biasanya diberikan setelah seseorang menyelesaikan program studi yang berfokus pada penelitian dan memiliki kurikulum yang lebih terfokus dibandingkan dengan program Master by Coursework. Program ini biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua tahun untuk diselesaikan, tergantung dari institusi pendidikan yang menawarkannya.

3. Master of Research (M.Res.)

Gelar Master of Research (M.Res.) dirancang untuk memberikan pelatihan tentang cara menjadi seorang peneliti. Pendidikan pada gelar ini mengandung elemen penelitian yang jauh lebih besar daripada program M.A. atau M.Sc..

Gelar S2 di luar negeri M.R. dapat memberikan kandidat keuntungan jika ingin mengejar gelar Ph.D. atau memasuki karir dalam bidang penelitian.

4. Master by Research (M.Phil.)

Master by Research (M.Phil.) adalah gelar S2 di luar negeri berbasis penelitian lanjutan yang memungkinkan kandidat untuk fokus pada topik tertentu secara mendalam dan mandiri. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk menyelesaikan proyek penelitian besar tunggal.

Master by Research (M.Phil.) adalah jenis program studi pascasarjana yang fokus pada penelitian dan memiliki kurikulum yang lebih terfokus dibandingkan dengan program Master by Coursework. Program ini biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua tahun untuk diselesaikan, tergantung dari institusi pendidikan yang menawarkannya. Program ini biasanya ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke tingkat doktor (Ph.D.) setelah menyelesaikan program M.Phil.

5. Magister Study (M.St.)

Gelar ini hanya diajarkan di beberapa tempat, seperti termasuk University of Oxford dan University of Cambridge. Gelar Master of Studies (M.St.) sebanding dengan M.A. atau M.Sc., yang membutuhkan pembelajaran di kelas dan penyelesaian tesis atau ujian.

Dalam beberapa kasus tertentu, gelar master di luar negeri M.St. ini dapat berfungsi sebagai pendaftaran sementara untuk gelar Ph.D.. Oleh karena itu, memiliki gelar ini lebih menguntungkan ketimbang gelar bachelor.

Gelar Magister Khusus

1. Master of Business Administration (M.B.A.)

Gelar Master of Business Administration (M.B.A.) adalah gelar yang diberikan pada mahasiswa yang memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk kemajuan karir dalam peran bisnis dan manajemen. Beberapa gelar yang tercakup dalam Magister Akuntansi Profesional (M.P.Acc.) dan Magister Sains dalam Sistem Informasi (M.S.I.S).

2. Master of Library Science (M.L.S., M.L.I.S., M.S.L.S.)

Master Ilmu Perpustakaan dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan akademik dan para profesional untuk masuk ke tempat kerja – dalam hal ini, perpustakaan. M.L.S. sering kali merupakan persyaratan untuk posisi pustakawan profesional di AS dan Kanada.

3. Master of Public Administration (M.P.A.)

Gelar Master of Public Administration adalah gelar kebijakan publik mirip dengan M.B.A. tetapi berfokus pada sektor publik ketimbang sektor swasta. Gelar master kebijakan publik lainnya adalah seperti Master of Public Policy (M.P.P.), Master of Public Affairs (M.P.A.), Master of Urban Planning (M.U.P.), dan Master of International Affairs (M.I.A.).

4. Master of Public Health (M.P.H.)

Gelar S2 di luar negeri Master of Public Health memiliki pemaduan antara elemen akademik dan profesional. Gelar master ini mengambil pendekatan interdisipliner ke bidang yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

5. Master of Social Work (M.S.W.)

Gelar S2 di luar negeri Master Pekerjaan Sosial ini mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang pekerjaan sosial. Nantinya, karir tersebut berfokus pada peningkatan kualitas hidup bagi individu, kelompok, dan masyarakat.

6. Master of Laws (L.L.M.)

Gelar Master of Laws biasanya diambil setelah lulus dari gelar sarjana hukum profesional. Gelar ini memberikan kandidat kesempatan untuk menggabungkan pengetahuan tentang keterampilan dasar untuk menjadi pengacara dan pengetahuan spesialis yang diperoleh melalui penelitian di bidang hukum tertentu.

7. Master of Arts in Liberal Studies (M.A., M.A.L.S., M.L.A. / A.L.M., M.L.S.)

Gelar S2 Master of Arts dalam Studi Liberal adalah program interdisipliner yang dirancang untuk memberikan pengajaran dalam seni liberal. Biasanya, mahasswa seni liberal memilih kursus, mengeksplorasi ide-ide dan mengejar pengetahuan, daripada mengejar jalur karier tertentu.

8. Master of Fine Arts (M.F.A.)

Master of Fine Arts adalah gelar S2 kreatif yang diberikan dalam disiplin ilmu seperti seni visual, pertunjukan, dan studio. Gelar ini bisa termasuk penulisan kreatif, desain grafis, fotografi, pembuatan film, teater, dan lukisan.

9. Master of Music (M.M. / M.Mus.)

Gelar S2  ini diberikan oleh universitas dan konservatori musik. Gelar Master of Music menggabungkan studi lanjutan di bidang terapan spesialis yang dipilih oleh mahasiswa (seperti kinerja musik, komposisi atau melakukan) dengan studi lanjutan dalam teori musikal.

10. Master of Education (M.Ed., M.S.Ed., M.I.T., M.A.Ed., M.A.T.)

Seperti namanya, gelar Master of Education mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang pendidikan. Beberapa gelar Magister Pendidikan mempersiapkan guru siswa untuk disertifikasi.

Sementara itu, gelar yang lain lebih cocok untuk guru yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi untuk berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti kurikulum, pengajaran, pendidikan khusus, konseling dan administrasi.

11. Master of Engineering (M.Eng.)

Tingkat Master of Engineering dapat berupa akademik (dengan fokus pada teori dan praktek teknik) atau profesional (dengan fokus pada mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang teknik).

Sementara itu, beberapa program M.Eng. mengharuskan mahasiswa untuk mempublikasikan karya dalam jurnal industri. Yang lain melibatkan periode pelatihan di industri atau laboratorium, atau kombinasi keduanya untuk dapat lulus.

12. Magister Arsitektur (M.Arch.)

Master of Architecture adalah gelar S2  dalam arsitektur yang menilai siswa melalui magang praktis, ujian akhir dan / atau tesis atau tugas akhir untuk menerima lisensi. Karena derajat M.Arch bervariasi dalam jenisnya, kita dapat menemukan nama yang berbeda untuk berbagai jenis program.

Itulah tadi beberapa gelar S2 yang masih digunakan hingga kini. Untuk penulisannya dalam bahasa Indonesia, gelar master di luar negeri tersebut tetap dipertahankan formatnya.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Gelar S2 Di Luar Negeri
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Gelar S2 Di Luar Negeri
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^