Inilah Total Jumlah Data di Internet

  • Whatsapp

Jumlah Data di Internet

  • Persentase Spam dari Jumlah Surel Global

Situs web Statista mencatat persentase spam dari seluruh lalu lintas surel yang ada, mulai dari bulan Januari 2014 sampai September 2016. Menurut catatan ini, dari seluruh lalu lintas surel yang dikirim oleh para pengguna Internet di seluruh dunia, sebanyak 66,41 persen di antaranya merupakan spam. Sementara itu, Kaspersky via situs web Securelist menyatakan bahwa lampiran dalam surel yang bermuatan jahat begitu bervariasi. Lampiran ini di antaranya fi le exe (yang bisa berjalan secara langsung begitu diklik pengguna). Selain itu, masih ada dokumen-dokumen perkantoran dengan ekstensi .doc, .docx, .xls, .rtf. Lampiran dokumen perkantoran ini biasanya disisipi macro jahat. Juga, dalam lampiran ini, banyak terdapat program jahat berbasis Java dan Javascript (berupa fi le berakhiran .js, .jar, .wsf, atau .wrn). Securelist juga menguraikan berbagai bahasa yang dipakai dalam surel spam ini. Selain bahasa Inggris, para pengirim spam ini juga mengirim spam dalam bahasa Rusia, Polandia, Jerman, Perancis, Spanyol, Portugal dan beberapa bahasa utama lain. Sementara isi surel spam semacam ini kebanyakan meniru pemberitahuan tagihan yang belum dibayar atau dilunasi, serta surat bisnis.

Baca Juga  Daftar Wifi Router Terbaik dan Bagus untuk Jarak Jauh 2019

  • Besarnya Lalu Lintas Data Global di Tahun 2020

Menurut hasil riset Cisco yang dirilis pada pertengahan tahun 2016, di tahun 2020 nanti, besarnya lalu lintas data Internet secara total mencapai angka 511 terabit per detik (Tbps). Angka ini setara dengan 142 juta orang yang menonton video HD secara streaming bersamaan sepanjang hari, setiap hari. Hasil riset ini juga menyebut bahwa di tahun 2020, transfer data secara global akan sama dengan 504 miliar keping DVD per tahun, 42 miliar keping DVD per bulan, atau 58 juta keping DVD per jamnya. Lalu lintas data Internet secara total memang mengalami pertumbuhan dramatis. Pada lebih dari dua puluh tahun lalu, atau pada sekitar tahun 1992, jaringan Internet secara global hanya mentransfer data sejumlah sekitar seratus gigabyte per hari. Lalu dalam waktu sepuluh tahun kemudian, yakni di tahun 2002, lalu lintas data Internet global mencapai angka seratus gigabyte per detik. Sementara di tahun 2015, lalu lintas Internet global mencapai lebih dari 20 ribu gigabyte per detik. Di tahun 2020 nanti, diperkirakan bahwa lalu lintas data secara global akan mencapai angka 61.386 gigabyte per detik

Baca Juga  Cari Smartwatch untuk Renang ? Inilah Pilihan Terbaiknya

 

  • Banyaknya Objek Web yang Disimpan Internet Archive

Internet Archive (https://archive.org/index.php) merupakan lembaga yang mencoba mengarsipkan situs-situs web dan berbagai objek yang ada di dalamnya. Situs ini telah menyimpan rekaman tentang banyak situs web yang ada di dunia maya selama dua puluh tahun. Arsip situs-situs ini (yang disebut web capture) menampung sekitar 510 miliar objek yang ada dalam situs-situs tersebut. Menurut Internet Archive, miliaran halaman Web yang disimpan ini berasal dari jutaan situs Web yang diarsipkan. Halaman-halaman Web ini sering kali dihasilkan oleh atau menuju ke berbagai gambar, video, style sheet, skrip, atau objek lainnya. Menurut Internet Archive, defi nisi situs Web yang akan bisa diarsipkan di Internet Archive adalah sebuah host yang memiliki beberapa halaman Web dan setidaknya memiliki satu tautan (link). Tautan ini berasal dari halaman Web dari situs dengan nama domain berbeda. Saat ini, Internet Archive sendiri secara resmi menyimpan 273 miliar halaman Web dari lebih 361 juta situs Web. Semuanya disimpan dalam penyimpan berkapasitas lima belas petabyte (15.360 terabyte atau 15.728.640 gigabyte).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.