Inilah Drone wifi Gratis dari Google

  • Whatsapp

Inilah Drone wifi Gratis dari Google

 

Perkembangan iptek terbaru saat ini memang terus terjadi. Terlebih untuk sebuah perusahaan teknologi sebesar Google. Mereka pun bahkan kini dilaporkan tengah membangun proyek internet 5G dengan memanfaatkan drone dalam proyek yang mereka beri nama Skybender. Drone yang menggunakan sumber tenaga berupa tenaga matahari itupun sudah dalam proses pengujian di Spaceport America, perusahaan luar angkasa yang pernah dipunyai oleh Virgin Atlantic yang ada di New Mexico Amerika Serikat. Dengan adanya drone Skybender ini, Google pun berniat untuk menghadirkan akses internet super cepat 5G dari angkasa.

 

Pihak Google pun memanfaatkan teknologi transmisi gelombang radio milimeter sebagai sarana untuk menghadirkan internet 5G dari angkasa. Dengan penggunaan teknologi radio milimeter ini, kecepatan internet yang bisa diraih pun mencapai 40 kali lebih tinggi jika dibandingkan akses internet cepat 4G LTE yang saat ini tengah booming di tanah air.

Baca Juga  Harga Printer untuk Kantor bisa Fax Wifi

 

skybender drone

 

Namun bukan berarti penggunaan teknologi radio milimeter ini tidak terkendala sama sekali. Gelombang radio milimeter memiliki pita yang pendek. Selain itu, gelombang ini juga sangat rentan terhadap gangguan, terlebih gangguan cuaca seperti hujan, kabut ataupun salju. Dan hal ini pun jadi tantangan keras yang dihadapi oleh Google dalam menjalankan proyek Skybender. Dalam menjalankan uji coba proyek drone Skybender ini, Google pun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Mereka dikabarkan telah membayarkan uang sebanyak 300 ribu USD kepada Spaceport America. Biaya tersebut pun digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk di antaranya adalah instalasi server pemasangan transceiver guna mendukung gelombang milimeter dan lain-lain. Namun tentu saja proyek drone Skybender ini masih belum akan bisa dimanfaatkan dalam waktu dekat. Terlebih saat ini sendiri, Google sudah mempunyai program serupa yakni Proyek Loon, pemberian sarana akses internet untuk wilayah terisolir.

Baca Juga  Smartphone Harga Dual SIM RAM 3gb dari Infinix

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.