Pengertian dan Sejarah Perkembangan 4G LTE

 News


[Total: 0    Average: 0/5]

Pengertian dan Sejarah Perkembangan 4G LTE

Belakangan ini, serbuan smartphone berteknologi LTE kian menjadi. Operator juga sudah berlomba menawarkan layanan jaringan yang menjanjikan kecepatan tinggi tersebut sekalipun belum di seluruh wilayah Nusantara. Banyak suara sumbang yang menyatakan bahwa Indonesia terlambat dalam mengimplementasikan teknologi ini jika dibanding negara lain. Menyatakan benar atau tidaknya pendapat tersebut seperti membicarakan ayam atau telur yang lebih dahulu ada, percuma. Yang harus kita sikapi saat ini adalah mempersiapkan diri dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut. Cari tahu semua tentang jaringan terbaru ini di artikel ini.

pengertian dan sejarah 4G LTE



Apa Itu LTE

3GPP Long Term Evolution atau LTE adalah standar akses data komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi, berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA untuk ponsel seluler dan perangkat komunikasi mobile lain. LTE memiliki kecepatan unduh hingga 300 Mbps dan unggah hingga 75 Mbps. LTE mulai dikembangkan oleh 3GPP sejak tahun 2004, dan menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melalui banyak operator spektrum radio, masing-masing sebesar 180 KHz. Oleh OFDM, aliran data dibagi menjadi aliran lebih lambat yang ditransmisikan serentak.

Baca Juga  Kamera Digital Nikon Harga Murah dibawah 1 juta

 

SEKILAS TENTANG G

  • 1G

Diperkenalkan awal 1970-an, ini adalah jaringan generasi awal teknologi telepon seluler untuk komunikasi suara. Berbasis teknologi transmisi sistem analog dengan kemampuan terbatas, hanya untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim paket data via menara pemancar. Pasar ponsel seluler berkembang dari 30 menjadi 50 persen per tahun sejak kemunculan jaringan ini, dan jumlah pelanggan di seluruh dunia mencapai kisaran 20 juta pada 1990.

 

  • 2G

Ponsel 2G berteknologi GSM diperkenalkan di awal 1990-an. Teknologi ini menggunakan modulasi digital untuk meningkatkan kualitas suara dengan layanan data terbatas. Di masa 2G, beberapa operator mulai menambahkan layanan seperti pager, faks, pesan teks dan pesan suara. Sementara di akhir 1990-an, teknologi jaringan 2.5G diperkenalkan, dengan menggunakan standar GPRS. Contoh teknologi mobile 2.5G yang paling dikenal adalah EDGE dengan kecepatan mencapai 256 Kbps.

Baca Juga  Mobil Hybrid Toyota Hemat Bahan Bakar Terbaru Harga Murah

 

  • 3G

Revolusi 3G diperkenalkan pada 2002, memungkinkan pengguna telepon mobile menggunakan aplikasi audio, grafi dan video, serta menonton dengan metode stream serta melakukan panggilan video. Layanan seluler 3G, atau dikenal dengan sebutan UMTS, menyuguhkan kemampuan roaming global pertama, dengan akses potensial ke Internet dari mana saja. Sementara jaringan 3.5G hadir di tahun 2007.

 

  • 4G

Hadir pada 2014, jaringan ini dikembangkan untuk menyediakan rata-rata transmisi hingga 20 Mbps serta mendukung fiur Quality of Service (QoS). Fitur ini memungkinkan operator selular memprioritaskan lalu lintas berdasarkan aplikasi yang menggunakan bandwith dan menyesuaikannya dengan kebutuhan telepon.

 

MENGAPA LTE?

Teknologi LTE dirancang untuk menyediakan efiiensi spektrum yang lebih baik, peningkatan kapasitas radio, serta layanan pita lebar nirkabel bergerak berkualitas tinggi untuk pengguna. Dengan LTE, Anda dapat mengunduh dan mengunggah video beresolusi tinggi, mengakses email dengan lampiran besar, serta dapat melakukan percakapan video setiap saat dan tanpa jeda.

Baca Juga  Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik untuk Presentasi

Dalam kondisi normal dan stabil, jaringan ini mampu mengunduh fim berdefiisi tinggi dalam waktu 15 menit, serta menjalankan televisi on demand, game online berkualitas tinggi hingga iklan berbasis video dengan mulus dan stabil. Selain akses situs lebih cepat, juga mampu mengunduh konten musik berukuran 5 MB dalam waktu sekitar 5 detik. Teknologi ini diklaim ramah lingkungan dan mampu memperpanjang usia baterai perangkat mobile.

 

CARA MENIKMATI JARINGAN 4G LTE

Untuk bisa menikmati kenyamanan 4G LTE Anda harus menggunakan perangkat dengan spesifiasi yang sudah mendukung jaringan tersebut. Saat ini sudah banyak variasi merek dan harga, sehingga akan lebih mudah bagi Anda dalam menentukan pilihan. 4G LTE menuntut kartu SIM berbeda dari yang Anda gunakan saat ini, sehingga mungkin Anda harus melakukan migrasi kartu SIM di gerai sesuai dengan operator seluler yang Anda gunakan. Dan yang terakhir adalah berlangganan jaringan 4G LTE jika operator Anda memisahkan paket berlangganan jaringan 4G LTE dengan jaringan lainnya

 

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

2 Responses

  1. fakhrySeptember 7, 2018 at 10:27 amReply

    izin copy gan
    buat tugas

    • DanangSeptember 7, 2018 at 10:35 amReply

      cantumin sumber ya gan ­čśÇ

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.