Trend Penjualan Smartwatch

  • Whatsapp

Trend Penjualan Smartwatch

Di kuartal ketiga tahun 2016 ini, penjualan perangkat wearable smartwatch tampaknya tak terlalu menggembirakan. Bahkan bisa dibilang, kinerja penjualannya menurun signifi kan jika dibandingkan dengan tahun lalu

Pada kuartal ketiga tahun 2016 ini, terdapat sebanyak 2,7 juta unit smartwatch yang dikirimkan ke pasaran. Jumlah tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 lalu, di mana terdapat sebanyak 5,6 juta unit smartwatch yang dikirimkan. Ini berarti terjadi penurunan sebanyak 51,6 persen.

 

Ramon Lamas (Research Manager, Wearables Team, IDC) mengatakan, penurunan jumlah pengiriman smartwatch yang signifi kan ini menunjukkan bahwa para produsen sedang melakukan reposisi. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang menyebabkan turunnya pengiriman smartwatch ini. Pada kuartal ketiga tahun 2015 lalu, Apple Watch generasi pertama untuk pertama kalinya tersedia secara luas di pasaran, sedangkan Apple Watch generasi kedua justru baru tersedia dua minggu sebelum kuartal kedua 2016 berakhir. Selain itu, Android Wear 2.0 yang ditunda kemunculannya oleh Google juga membuat produsenprodusen Android Wear hanya bisa mengandalkan lini yang telah dirilis sebelumnya. “Ini juga menandakan bahwa smartwatch saat ini bukan untuk semua orang,” kata Jitesh Ubrani (Senior Research Analyst for IDC Mobile Device Trackers). Walaupun mengalami penurunan, Apple tetap menduduki posisi teratas dalam hal jumlah smartwatch yang dikirimkan.

Baca Juga  Inilah Laptop 13 Inch Terbaik Tipis Berkualitas dan Spek Tinggi 2019

 

Mengalami penurunan sebanyak 71,6 persen, Apple berhasil mengirimkan sebanyak 1,1 juta unit Apple Watch pada kuartal ketiga tahun 2016 dan memiliki pangsa pasar sebesar 41,3 persen. Angka ini turun dari tahun lalu yang mencapai besaran 70,2 persen. Di posisi dua, Gamin mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada kuartal ketiga tahun 2015, Garmin hanya mampu mengirimkan sebanyak sekitar seratus ribu unit smartwatch dan memiliki pangsa pasar sebesar 2,3 persen. Sementara pada periode yang sama di tahun ini, produsen yang berfokus merilis produk-produk smartwatch untuk memenuhi kebutuhan olah raga tersebut tumbuh sebanyak 324,2 persen dan berhasil meraih pangsa pasar sebesar 20,5 persen. Di posisi ketiga, terdapat Samsung yang tumbuh tipis sebesar sembilan persen. Sementara Lenovo dan Pebble menduduki posisi keempat dan kelima dengan pengiriman masing-masing sekitar seratus ribu unit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.