Mengatasi PC/Laptop Windows 7 8 dan Windows 10 Lemot Ngelag

 News, Review Games/Gadget/Hardware/Tips Trik

Mengatasi PC/Laptop Windows 7 8 dan Windows 10 Lemot Ngelag

11 Solusi Atasi Kinerja PC yang Menurun

 

Bingung mengapa kinerja komputer Anda tidak maksimal? Temukan jawabannya dalam tips berikut ini.

 

Pernahkah Anda mengalami sedang asik-asiknya berselancar di Internet atau di tengah pekerjaanyang menumpuk, tiba-tiba komputer Anda berjalan sangat lambat.  Tak hanya tubuh, komputer juga perlu perawatan secara berkala dan melakukan beberapa langkah tune-up sederhana agar semuanya bisa berjalan dengan maksimal. Namun, jika dirasa masalah komputer Anda cukup berat, kamu bisa instal ulang windows di laptopmu atau bisa meng-upgrade komponen hardware.

 

Agar komputer Anda dapat berjalan dengan optimal, pada edisi kali ini, CHIP akan membahas 12 hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat beserta solusi mengatasi komputer lambat tersebut. (Pada tulisan ini, kami menggunakan Windows 7

 

PC lemot



  • Spesifiasi Komputer

Saat pertama kali membeli komputer atau laptop, sebaiknya pastikan Anda sudah mengetahui kegunaan komputer Anda, apakah untuk bekerja dengan file-file Ms Office, graphic design, bermain game, atau hanya sekedar browsing. Gunakanlah spesifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda gemar bermain game dan mengerjakan proyek design, jangan gunakan komputer dengan spesifikasi yang minimalis, sebab kinerja komputer Anda tidak akan maksimal.

 

  • Kekurangan Memory

Pada umumnya, masalah komputer yang berjalan dengan lambat sering kali diakibatkan karena minimnya RAM yang terpasang. Untuk mengetahui berapa kapasitas RAM memory yang terpasang pada komputer Anda, Anda bisa memeriksanya dengan cara meng klik “ Menu pada Control Panel kemudian di klik System Security dan System”. Jika Anda ingin membeli komputer atau laptop baru, sebaiknya memilih spesifikasi dengan hardware processor core I3 atau Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dan operating systemnya adalah Windows 7 64 bit.

Baca Juga  Mouse Laptop buat Games Terbaik

 

  • Terlalu Banyak Install Program

Bijaklah dalam menginstall software pada komputer. Sebab, program yang terlalu banyak dapat mengakibatkan memory penuh dan pada akhirnya bisa memperlambat kinerja komputer Anda. Sebaiknya, gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki dan lakukan un-install pada program-program jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan sama sekali.

 

  • Terlalu Banyak Startup Programs dan Service yang Aktif

 

Proses Startup merupakan proses awal komputer bila banyak aplikasi yang dijalankan, secara otomatis akan terasa lag, lemot, berat dan lambat. Apalagi jika Anda terlalu banyak meng-install program, semakin banyak pula service yang akan dijalankan ketika windows startup. Untuk itu, Anda perlu menonaktifkan aplikasi maupun service yang tidak digunakan saat proses startup yang berjalan otomatis.

 

  • Temporary File yang Sudah Membengkak

Temporary File adalah kumpulan file yang sifatnya tidak permanen alias sementara serta akan  menjadi berlebihan setelah program selesai digunakan. Idealnya, temporary file ini harus segera dihapus setelah keluar dari program. Tanpa Anda sadari, file-file temporary tersebut makin membengkak dan memenuhi ruang harddisk komputer. Lokasi file temporary pada Windows 7 adalah C:\Users\\AppData\Local\Temp. Untuk membersih file-file sampah ini, Anda bisa menghapus file-file yang terdapat di lokasi tersebut atau dengan bantuan program pembersih Disk CleanUp. Untuk memanggilnya, klik menu Start dan ketikkan “cleanmgr” atau klik tombol Start, dan pilih pada ”All Programs 1.  Accessories  2 kamu Masuk di pilihan System Tools 3. Pilih  Disk Cleanup terus  pilih drive yang akan dibersihkan .

 

  • File Data “Berantakan”

Selain melakukan Disk Cleanup, agar beban kerja komputer lebih ringan Anda juga perlu melakukan Disk Defragment. Tools bawaan Windows ini akan membantu merapikan penempatan file-file yang kamu simpan,Sehingga meningkatkan  kecepatan dalam proses melakukan searching data yang kamu inginkan bisa lebih efisien karena tidak berpencar lagi. Tak hanya itu, Defragment juga berfungsi merapikan file berdasarkan jenis file/data sehingga dapat memperpanjang umur harddisk dan menjaga kinerja komputer. Kamu bisa masuk ke menu “Start | Program | Accesories | System Tool | Disk Defragmenter”.

Baca Juga  HP Smartphoone Lenovo RAM 2gb Harga Murah 1 Jutaan

 

  • Terlalu Banyak Instal Anti Virus

Demi keamanan, Anda perlu menginstall program security seperti antivirus maupun firewall. Namun, bukan berarti semakin banyak program security dengan menginstall beberapa antivirus sekaligus menjadikan komputer semakin aman. Hal ini malah bisa membebankan komputer. Apalagi jika ukuran software tersebut cukup. Untuk masalah security windows, Anda cukup melakukan update, aktifkan windows firewall, dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer, AVAST salah satunya.

 

  • Hardisk Bermasalah

Tak hanya RAM, penyebab komputer menjadi lambat juga bisa disebabkan oleh hard disk. Beberapa hal yang menjadi penyebab hard disk bermasalah diantaranya kapasitas hard disk yang mulai penuh, hardisk yang terfragmentasi, hardisk yang sudah berumur sehingga rpm-nya menurun, atau hardisk yang mengalami error/bad sector. Untuk mengatasi masalah pada hardisk tersebut, Anda bisa melakukan upgrade kapasitas hardisk dan usahakan agar harddisk selalu dalam keadaan bersih, serta hindari harddisk dari goncangan dan panas berlebih. Sementara untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk, Anda bisa menjalankan Check Disk melalui command line. Caranya, pada Start Menu ketikkan “chkdsk”.

 

  • Keberadaan Virus, Malware, atau Spyware

Saat kinerja komputer Anda melambat, coba periksa keberadaan virus, malware, atau spyware yang berjalan tanpa sepengetahuan Anda. Jika komputer Anda sudah dikunjungi oleh virus, coba jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore, dan gunakanlah program antivirus. Untuk masuk dalam Safe Mode pada Windows 7, lakukan restart PC lalu tekan tombol F8 berulang kali. Saat tampil menu Advanced Boot cek di menu Options, dan pilih  menu Safe Mode” Saat selesai kamu bisa lakukan restart alias booting ulang dan masuk ke Windows seperti biasa. Jangan lupa melakukan update pada sistem operasi.

Baca Juga  Headphone dengan Suara Detail dan Berkualitas, KLIPSCH REFERENCE R6 ON-EAR

 

  • Komponen hardware terlalu panas (overheat)

 

Menurunnya kinerja komputer juga bisa disebabkan oleh hardware yang terlalu panas (overheat). Biasanya, hardware overheat itu terjadi pada harddisk, vga card, processor atau CPU. Untuk itu, usahakan untuk menjaga sirkulasi udara pada bagian dalam CPU agar selalu berjalan dengan baik dan bersih dari debu, sehingga semua komponen hardware dapat bekerja dengan lancar. Jika Anda menggunakan laptop, hindari menggunakannya pada permukaan yang empuk, sebab bisa meningkatkan kadar suhu panas pada laptop dan adanya hambatan untuk sirkulasi udara pada kipas laptop. Ada baiknya menggunakan cooling pad atau kipas tambahan yang diletakkan pada bagian bawah laptop.

 

  • Masalah konektifias pada jaringan

Selain masalah hardware, trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang, adanya virus yang mencoba untuk masuk ke sistem komputer bisa menjadi penyebab kinerja komputer menurun. Untuk meng atasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, kemudian restart Switch/hub dan gunakan program bantuan dari phak ketiga seperti Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer.

 

 

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

30 Responses

  1. RizalApril 9, 2016 at 4:56 amReply

    laptop saya tiba tiba lemot saat update windows. tapi yang jadi masalah setiap saya beli laptop pasti kendalanya sama seperti ini. padahal sering di defrag.

    • Author

      adminApril 9, 2016 at 4:58 amReply

      spek laptopnya gmn? bwt instal software apa aja?

  2. ekikJune 12, 2016 at 4:14 pmReply

    laptop saya lemot banget pake windows 7. windows 8 juga sih.
    speknya : amd10 ram4gb
    itu kenapa ya kira kira

    • Author

      adminAugust 25, 2016 at 5:18 amReply

      Amd10 performanya standar sih gan. Kalau d instal software yg berat, dan jalan d bcakground bikin lemot. Cek ulang software2 nh

  3. arif ajfJuly 29, 2016 at 4:33 amReply

    sebelumnya saya pakai win 7 kipas laptop gak bunyi kencang-kencang amat. trus saya install ulang pakai win 7 juga tapi kipas laptop kencang banget+panas. apa ada software sistem bawaan yang buat lemot mas?

    • Author

      adminAugust 25, 2016 at 5:14 amReply

      Coba cek hardwarenya dl gan

  4. inggiAugust 3, 2016 at 7:42 amReply

    Mas, laptop sy toshiba L745 core i5, sy baru instal ulang, gak ada program yg berat2 cuma office,n yg standart aja. Tp knp pas starting lambat bgt, 3 menitan, pdhal sblumnya hitungan detik udh masuk, gmna caranya agar bsa cepat ya mas?

    • Author

      adminAugust 25, 2016 at 5:15 amReply

      Standar itu apa aja gan? Mungkin ada software yg bikin lemot, misalnya anti virus

  5. NaufalAugust 23, 2016 at 7:06 pmReply

    mas, laptop sy asus a46cb, dual gpu nvidia gt740m 128bit & intel hd graphics 4000. core i5 3317 1.7ghz, ram 4 gb, windows7 64bit sp1, tp kenapa klo dibuat game kyk pes 16 itu lemot? apa karena driver? atau karna apa? mohon solusinya

    • Author

      adminAugust 25, 2016 at 5:17 amReply

      Processor seri U memang lemot sih gan. Apalagi game pes 2016. Lumayan berat gamenya tuh

  6. MikoOctober 2, 2016 at 12:06 pmReply

    Mas.. Leptop saya HP core i3. Kenapa si ya setiap masuk ke windows warna nya Full hijau semua. Mohon direspon.. 😂

  7. Devi AnggraeniOctober 22, 2016 at 12:03 amReply

    Saya memakai Windows 10 dengan model netbook Acer.
    Dan lemott nya minta ampun tolong bantu gmna dong mengatasinya

    • Author

      adminOctober 22, 2016 at 12:28 amReply

      Acer tipe apa sis?instal software ap saja?

  8. agus willyNovember 30, 2016 at 4:05 pmReply

    makasih atas penjelasanny mas… mau sy coba

  9. Beni NoviantoDecember 11, 2016 at 4:16 amReply

    Btw, kx leptop saya lemot ya, padahal aplikasi cuma sedikit dan ngak ada ada background program, dan yang buat bingung kenapa pas saya pakai windows 10 tidak lag, dan sekarang di windows 7 malah lag berat, bisa kasih pendapat ?

    • Author

      adminDecember 11, 2016 at 12:46 pmReply

      Laptopnya ap dek?

  10. Udin gambutDecember 27, 2016 at 12:26 amReply

    Gan mau nanya dong klo laptopnya berat banget mau masuk windows terus mau masuk install windows juga berat kenapa yaa

  11. Hendri HendriyanaJanuary 25, 2017 at 6:46 amReply

    komputer saya juga lemot apa dari RAM nya ya? Saya mau coba bersihkan dulu aplikasi yang tidak terpakai kalau masih lemot itu dari apanya ya?

    • Author

      adminJanuary 25, 2017 at 12:53 pmReply

      Spek komputer nya gmn gan? Softwarenya yg d instal apa aja? Lemotnya saat browsing, booting atau gmn?

  12. nunJanuary 27, 2017 at 3:04 amReply

    mas saya mau tanya, laptop saya Acer aspire lemot buat download setelah install ulang, padahal space hardisk masih banyak, dan gk install aplikasi berat kayak sebelumnya, tapi sekarang buat streaming film dan download itu jadi lemot, wifinya baik baik aja, dan tidak limited

  13. Desy AndianiMarch 5, 2017 at 3:31 amReply

    Assalamualaikum admin.
    Saya mau tanya. Beberapa hari yg lalu saya mau nyalain laptop. Tiba2 laptop saya muncul blue screen dan ada tulisan “your pc ran into a problem and needs to restart ……” dan ada presentase persen giti. Tiba tiba muncul lg bacaan “recovery. Your pc/laptop needs to be repaired …”

    Setelah itu coba utak atik dan troubleshoot sendiri. Dan berhasil masuk windows dan asli. Itu lemot bgtttt. Tiba2 muncul tulisan seperti diatas lg. Akhirnya memutus kan instal ulang, saat instal ulang pun sangat amat lemot dan bahkan gagal. Dan saat proses instal muncul pesan eror seperti ini “windows cannot access the instalation sources. Verify that the instalation sources are accesible and restart the instalation” akhirnya kucoba ulang instal. Dan sampai 3 kali pun tetap sama. Itu kenapa ya admin. Mohon bantuan nya

    • Author

      adminMarch 5, 2017 at 11:19 amReply

      macem2 penyebabnya, bisa karena windows yg buat instal ulang itu ga kompatibel, versi windows macam2 soalnya. saran ane langsung bawa k teknisi laptop aja bwt instal ulang

  14. ilhamfirmansyahApril 1, 2017 at 10:45 amReply

    gan ini kenapa ya awalnya baik2 aja main game online ( dota ) terus saya install rf private terus download pb abis itu saya unsintall lagi space memory juga masih banyak, tp kenapa sekarang2 saya kalo main game suka agak patah2 ya ?

    • Author

      adminMay 6, 2017 at 11:36 amReply

      biasanya ada cache yang masih kesimpan bekas game2 yang lalu gan.

  15. yonoApril 13, 2017 at 2:01 pmReply

    mau taya gan, laptop ane acer aspire core i5-2430M 2.4GHz ram 2GB DDR3, tadinya asyik-asyik aja laptop ane, setelah ane update windows koq kenapa jadi lemot banget yah??
    apa ada hardware yg rusak, kadang-kadang muncul blue screen (dump phisical memory) tapi kalo menurut diagnostic memory gak ada masalah…

    • Author

      adminMay 6, 2017 at 11:39 amReply

      artinya waktu update kurang sempurna gan. ada file system yang tidak terupdate. tp bisa jadi RAM nya brmasalah. simak disini deskdecode com/how-to-fix-blue-screen-beginning-dump-of-physical-memory-error/

  16. AciApril 16, 2017 at 8:06 amReply

    Mas tolonh acer aku lemot banget padahal baru beli, tipe aspire E 14 gimana ya padahal baru di service

  17. SayaMay 19, 2017 at 12:12 amReply

    Permisi mau tanya, saya kemarin habis download di goole lewat laptop, nah kemudian ada peringatan kalau yang saya download ktu terinfeksi malware dan harus di discard, akhirnya saya discard, tapi setelah itu laptop saya lemot, padahal sebelumnya ngga

  18. RONALDOAugust 31, 2017 at 8:19 amReply

    Patut di coba thanks

  19. AntonNovember 14, 2017 at 8:38 amReply

    Makasih mas bro….mau coba saya informasi yang di berikan karena selam ini saya hanya pakai komputer saja dan memang sedikit lemot

Leave a Reply