Game Android untuk Anak yang Sifatnya Edukasi

 News, Review Games/Gadget/Hardware/Tips Trik



[Total: 0    Average: 0/5]

Daftar Game Android untuk Anak yang Sifatnya Edukasi

Di tengah makin agresifnya perkembangan perangkat mobile,banyak anak usia dini mahir memainkan smartphone atau tablet PC, yang pada umumnya hanya digunakan mereka untuk bermain game atau menjalankan aplikasi. Bahayanya, anak-anak semakin bebas mengakses aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya. Padahal, perkembangan teknologi harusnya membuat anak bisa belajar dengan lebih mudah. Untungnya, saat ini mulai banyak tersedia beragam aplikasi mobile khusus anak yang dapat menunjang sarana belajar mereka. Tim Teknorus.com merekomendasikan 5 (lima) aplikasi yang layak untuk digunakan sang buah hati. Berikut ulasan lengkapnya. Download Game Bola Gratis Liga Indonesia APK OBB MOD Offline

Goodnight Moon

Goodnight Moon adalah sebuah storybook interaktif yang menawarkan cerita bergambar dari seri anak-anak klasik yang berjudul sama, Goodnight Moon. Aplikasi ini tepatnya adalah buku cerita klasik anakanak karya Margaret Wise Brown dan Clement Hurd. Secara teknis, aplikasi ini dibuat oleh developer Loud Crow Interactive yang sebelumnya menggarap buku cerita visual anak-anak karya Sandra Boynton, Beatrix Potter, dan Charles Schulz. Kini, buku Goodnight Moon disulap secara interaktif untuk menemani sang buah hati tertidur dengan alunan nina bobo yang hadir di setiap bait ceritanya. Goodnight Moon hampir mirip dengan yang ada di versi buku ceritanya. Bedanya, Goodnight Moon versi Android mengusung tema interaktif dengan menghadirkan lebih dari 200 interactive object, dimana anak-anak bisa menyentuh dan menggerakannya melalui layar perangkat mobile. Tampilan animasi dari masingmasing halaman terlihat menarik, dengan visual kartun yang halus dan nyata – seakan-akan membawa Anda dan anak masuk ke dalam dunia malam penuh warna dan karakter lucu yang ada di Goodnight Moon. Iringan suara narator yang membacakan cerita di Goodnight Moon terdengar begitu syahdu dan mampu memberikan lantunan yang membuat anak dapat terpacu untuk menemukan objek yang ada di cerita. Karena aplikasi ini mengusung tema interaktif, anak harus dibantu untuk menemukan atau menggerakkan objek dengan kaca pembesar seiring dengan suara narator yang sedang menceritakan kisah tersebut. Jika tidak ingin narator membacakan cerita, Anda bisa switch setting untuk bisa membacakannya sendiri. Pastikan ketika Anda membacakan cerita, harus tahu objek yang dicari dengan kaca pembesar berada di sekitar ruangan yang sedang diceritakan. 11 HP Kamera Selfie Terbaik dengan Harga Murah

Kelebihan : Secara keseluruhan, Goodnight Moon tampil apik dan manis sebagai aplikasi interactive storybook karena dapat membantu stimulasi berpikir dan pergerakan tangan anak dengan instruksi narator terkait objek yang harus ditemukan dan digerakan. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat membawa suasana yang sesuai dengan yang tertulis di versi buku cerita, lengkap dengan musikalitas yang cocok untuk anak.

Kekurangan : Sayangnya, aplikasi ini memiliki beberapa konten yang harus dibeli secara In-App Purchases untuk unlock fiur angka dan huruf tambahan. Untuk ukuran aplikasi berbayar, seharusnya Goodnight Moon menghadirkan semua konten tanpa adanya fiur berbayar lagi. Aplikasi ini termasuk aplikasi berbayar, seharga Rp 52rb.

Baca Juga  Download Game Olahraga untuk Anak SD APK Ringan

Link Playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.loudcrow.goodnightmoon

 

Goodnight moon



 

 

Kids Connect the Dots (Lite)

Aplikasi yang dirancang khusus untuk anakanak ini hanya hadir di perangkat Android. Developer yang merancang aplikasi ini menjelaskan bahwa Toddlers Connect the Dots hanya bisa dimainkan oleh anakanak yang berada di bawah 7 tahun. Aplikasi ini menghadirkan beberapa puzzle interaktif yang mengharuskan sang anak menghubungkan titik demi titik agar membentuk satu kesatuan yang menampilan visualisasi objek. Puzzle yang dihadirkan juga dilengkapi fiur audio dan setting yang bisa mengubah dots menjadi angka (1,2,3), huruf kecil (a,b,c) dan juga huruf besar (A,B,C). Konten puzzle yang dihadirkan bervariasi dan sangat interaktif sehingga dapat membuat anak terus `bekerja` dengan mencoba menghubungkan titik demi titik agar bisa membentuk sebuah objek, seperti singa, gitar, buah, bulan, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak-anak karena mereka akan menghabiskan waktunya untuk bermain dan tentunya merangsang pola pikir mereka dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini memakai metode edukatif yang begitu up to date karena anak tetap bisa bermain mencoba menghubungkan titik demi titik dengan belajar melihat deretan huruf dan angka. Interface aplikasi ini cukup sederhana dan menghadirkan navigasi memudahkan anak untuk menggunakannya. Terlebih, aplikasi ini tampil penuh warna agar anak-anak tidak merasakan kejenuhan ketika bermain.

Kelebihan : Aplikasi ini memiliki banyak puzzle yang bisa dimainkan dan juga dilengkapi konten audio visual yang menarik dan menyenangkan, serta Harganya Gratis.

Kekurangan : Harus lebih banyak menghadirkan objek tambahan agar sang anak bisa belajar menghubungkan titik lebih variatif lagi.

Link Playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=zok.android.dots

 

Game anak2

 

Milli the Small Snail

Mirip dengan Goodnight Moon, Milli the Small Snail adalah aplikasi interactive storybook yang menceritakan siput Milli bertualang di bukit Apple Tree Hill. Di sana, Milli harus bertemu dengan makhluk ajaib lucu yang dapat membantunya menyelesaikan petualangannya. Sepanjang petualangan, Milli dan sahabatnya, Miro, akan berpetualang mencari apa yang membuat mereka menjadi unik dan berbeda dari hewan lainnya.

Contohnya seperti “Mengapa bunglon bisa bersembunyi?” Demikian suara narator yang terdengar, otomatis sang anak pasti akan menjawab di setiap pertanyaan narator yang menanyakan keunikan masing-masing dari hewan yang muncul di petualangan Milli. Aplikasi ini memiliki cerita interaktif yang dapat membuat anak akan selalu mendengar setiap pertanyaan dan dapat memberikan respon terkait pertanyaan sang narator. Selain itu, konten cerita di aplikasi ini memiliki pesan positif yang dapat disampaikan ke sang anak bahwa setiap orang memiliki keunikan tersendiri, sama halnya seperti sang siput Milli. Di samping itu, tampilan visual yang ada di aplikasi ini terlihat playful dengan sentuhan ilustrasi watercolour dan potato print yang memanjakan mata anak dan otomatis membuatnya tidak merasa jenuh. Sementara alunan musik yang memadupadankan cerita yang dibacakan sang narator, sangat sesuai dengan konten yang dibawakan. Milli the Small Snail menghadirkan 30 frames cerita interaktif yang seru dan tidak boleh dilewatkan oleh anak.

Terlebih, cerita ini memiliki 3 mini-game series tambahan. Jika tidak ingin sang narator membacakan cerita ini, Anda dapat membacakannya langsung untuk sang buah hati. Cerita ini pun tidak hanya hadir dalam bahasa Inggris

Kelebihan : Milli the Small Snail adalah salah satu aplikasi storytelling interactive yang dikemas manis dan menghibur. Keindahan animasi yang dipamerkan di tiap halamannya seakan membuat mata anak terhipnotis dan terbawa ke nirwana yang hadir di dunia fantasi Milli.

Baca Juga  Jenis file MP3 yang Suaranya Bagus di Mobil

Kekurangan : Aplikasi ini harus lebih memiliki beberapa konten tambahan agar anak tetap bisa menggunakan fiur tap untuk menggerakan objek yang tersaji.

Termasuk Aplikasi Berbayar seharga 34rb

 

mili snail

 

 

OctoPlus

OctoPlus adalah aplikasi pelajaran matematika dasar untuk anak-anak usia dini. Mereka bisa memulai belajar mengenal `ilmu pasti` dasar secara menyenangkan lewat permainan seru. Sang anak akan ‘menyelami’ laut dan menemukan banyak permainan interaktif yang tentunya menghadirkan pelajaran dasar matematika dengan dua mode: drill dan challenge. Aplikasi ini pun menghadirkan level dimana anak dapat menyesuaikan kemampuannya dengan pelajaran yang diberikan, mulai dari beginner, experienced, dan expert mode. Mereka juga bisa mengetahui sejauh mana dirinya sudah belajar dengan melihat proses pembelajaran yang hadir di setiap akhir pelajaran. Tak hanya dirancang untuk belajar matematika, aplikasi ini bahkan didesain khusus untuk meningkatkan perhatian visual, waktu, koordinasi, dan kontrol sang anak.

Dengan demikian, kemampuan motorik dan kognitif yang dikembangkan dapat tertata dan membantu sang anak berhitung dengan lancar tanpa adanya rasa bosan atau tertekan. Bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan motorik, jangan khawatir. Pasalnya, aplikasi ini menghadirkan fiur external switch, seperti Tab Access yang bisa dihubungkan lewat Bluetooth untuk menggunakan aplikasi ini. OctoPlus dapat membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika belajar matematika dan tentunya menolong mereka mengembangkan kemampuan berhitung.

Kelebihan : Aplikasi ini menghadirkan fiur Parent Zone, dimana para orang tua akan tetap terhubung dan update dengan proses yang dilakukan sang anak terkait sejauh mana mereka telah berhasil menyelesaikan pelajaran matematika yang diemban.

Kekurangan : Aplikasi ini sepertinya harus memiliki update lebih banyak dalam menghadirkan “bonus” lewat fiur reward agar sang anak tetap termotivasi dengan skor yang diterima. Termasuk Aplikasi Berbayar seharga Rp 12rb

 

octoplus

 

Rain Rain Go Away

Rain Rain Go Away adalah aplikasi musik untuk anak-anak berusia 4-6 tahun. Lewat aplikasi ini, anak bisa mengimprovisasi kemampuan koordinasi visual motorik antara tangan serta matanya lewat pengalaman mendengarkan musik interaktif di game ini. Aplikasi ini menghadirkan tampilan visual penuh warna yang cerah, lengkap dengan lagu nursery rhyme yang menyenangkan. Selain itu, dialog dan instruksi yang diberikan sangat mudah dan cocok untuk anak-anak. Rain Rain Go Away menggabungkan ilustrasi visual dan vocabulary dengan indikator yang muncul di setiap kalimat yang diucapkan agar anak bisa mudah mengikutinya. Ketika membuka aplikasi ini untuk pertama kali, akan terdengar beberapa lantunan lagu dan akan dilanjutkan dengan permainan karakter lucu yang melempar bola Frisbee ke temannya seiring lagu `Rain Rain Go Away` didendangkan. Selain itu, Rain Rain Go Away juga menghadirkan beberapa mini games seru yang bisa dimainkan oleh beberapa hewan yang lucu. Misalnya, bersama Ben the Dog, anak harus men-tap layar untuk membuatnya meloncat dan menangkap bola Frisbee ketika lagu terus diputar. Selain Ben, muncul pula Harry the Horse yang memungkinkan anak membantunya meloncati beberapa penghalang ketika berlari. Banyak variasi yang dihadirkan lewat aplikasi ini sehingga anak harus tetap `bergerak` seiring lagu terus diputar.

Baca Juga  Download Game Android Asah Otak untuk Anak Offline Online APK OBB

Link Playstore :  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ravin.rainraingoaway

Kelebihan : Aplikasi ini menghadirkan beberapa kelebihan, seperti menghadirkan fiur musical interactive yang dapat membantu anak terhibur dengan lagu `Rain Rain Go Away`.Harga Gratis

Kekurangan : Aplikasi ini kemungkinan akan membuat anak cepat merasa bosan lantaran lagu yang diperdengarkan begitu terbatas dan terkesan redundant atau mengulang terus menerus.

game anak2 2

 

Game Anak Simulasi

Game simulasi merupakan sebuah kategori game yang meminta pemainnya untuk memainkan game itu seolah – olah kita seperti ada di dunia game tersebut. Bagi Anda yang mempunyai perangkat Android baik itu tablet maupun smartphone, Anda dapat memainkan aneka game simulasi dari gadget Anda. Saat ini toko aplikasi Google yaitu Google Play Store telah menyediakan banyak pilihan game simulasi dengan gameplay yang menarik. Berikut ini adalah beberapa game simulasi Android terbaik yang populer di tahun 2014 ini

Farmville 2: Country Escape

Ini merupakan game mobile baru yang tidak sama dengan game Farmville 2 pada Facebook. Game ini hanya dapat dimainkan di tablet dan smartphone. Dalam game ini Anda masih akan dihadapkan dengan tanah pertanian yang sekarang menggunakan setting di area sekitar pantai. Anda bertugas untuk memulihkan tanah pertanian milik keluarga. Meskipun berbeda, tetapi terdapat Connected Reward dari keduanya sehingga memungkinkan Anda mensinkronisasikan data Anda antara facebook dan mobile dan dapat bertukar benda berharga seperti tanah pertanian pada kedua versi game. Selain itu player juga dapat mengirimkan sumber daya seperti air

Link  : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zynga.FarmVille2CountryEscape

farmville

F18 Carrier Landing II

Saat paling berbahaya pada pesawat terbang adalah saat landing dan take off. Dalam game ini, Anda akan melakukan kedua hal itu sebagai tujuan utamanya. Game ini tidak berkaitan dengan menghindari roket atau menembak roket dengan flare tetapi lebih fokus pada simulasi pesawat jet dengan beragam misi. Misalnya Anda akan diminati mengisi bahan bakar pesawat di udara dengan cara mensejajarkan pesawat dan memposisikan nozzle ke tanki pada pesawat Anda.

Link : https://play.google.com/store/apps/details?id=it.rortos.f18carrierlandingii

1_f18_carrier_landing

The Sims 3

Semua penggemar game tentu sudah tahu game yang satu ini. Ini adalah game simulator terpopuler yang mensimulasikan tentang kehidupan sehari – hari. Pemain dapat menciptakan karakter sendiri dan mengontrol aktivitas sehari – hari seperti menyuruh makan, tidur, mandi, jalan – jalan, membaca, dan bahkan berpacaran. The Sims versi mobile dalam format 3D memerlukan smartphone Android yang berkemampuan tinggi

Link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eamobile.sims3_na_qwf

the sims 3

Smurf’s Village

Game gratis yang satu ini cukup populer. Pemain dalam game ini akan mengelola sebuah kampung agar semakin berkembang dan memperoleh keuntungan dari beragam aktivitas. Kebanyakan aktivitas di sini adalah bertani dan bercocok tanam buah. Pemain harus teliti saat menanam pohon karena akan sia – sia bila tidak mampu mengelolanya. Sebelum Anda memainkan game ini, Anda harus mendirikan rumah untuk Smurfs. Anda juga harus menanam pohon sesuai dengan level yang dimainkan.

Link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.capcom.smurfsandroid

smurf

Paradise Island

Ini merupakan game simulator kota terpopuler dibandingkan game lainnya. Di sini, pemain bertanggung jawab untuk menjalan resort mulai dari membeli dermaga dan membuat tempat penyambutan yang akan dijadikan sebagai tempat wisata menarik untuk para turis. Di wilayah yang telah ditentukan, Anda dapat membangun bangunan berbeda yang semuanya memerlukan uang, listrik, dan staff

Link :  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.seventeenbullets.android.island

paradise island

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.