NewsReview Games/Gadget/Hardware/Tips TrikSmartphone / Tablet Pendatang BaruXiaomi

Harga HP / Smartphone Xiaomi Terbaik Terbaru Tercanggih Terbagus

Harga HP / Smartphone Xiaomi Terbaik Terbaru Tercanggih Terbagus

Daftar Harga HP / Smartphone Xiaomi Terbaik, Terbaru, Spesifikasi Tercanggih

Tak bisa ditampik lagi jika kehadiran Xiaomi kian memberikan warna baru bagi perindustrian gadget di Indonesia, khususnya produk gadget besutan dari China. Jika biasanya produk smartphone China selalu dipandang sebelah mata, namun tentu berbeda dengan vendor yang satu ini. Dimana masyarakat Indonesia selalu menanti-nanti kehadiran inovasi terbarunya lewat produk-produk smartphone yang diluncurkannya.

 

5 Hp Xiaomi Terbaru 2016_4

 

Alasan mengapa vendor ini menjadi pilihan terbaik para konsumen di Indonesia adalah selain harganya yang dibanderol cukup terjangkau juga dukungan spesifikasi yang tak kalah handal dengan vendor ternama di Indonesia, seperti Samsung dan LG yang telah lebih dulu bertengger di jajaran pertama produk smartphone berkualitas.

Pasalnya, Xiaomi kini meluncurkan produk-produk terbarunya dengan dukungan inovasi dan spesifikasi yang begitu handal yang pastinya bakal banyak diburu para pencinta gadget. Apa saja produk-produk smartphone tersebut? Yuk, kita simak ulasannya!

Update Daftar Harga HP / Smartphone Xiaomi Terbaik, Terbaru, Spesifikasi Tercanggih

HP Android Xiaomi Ram 4gb Murah yang bisa Video Slow Motion

Xiaomi Redmi Note 5 AI , Harga 2.3 juta – 2.6 jutaan

SaaT iNi bisa dibilang smartphone di kelas low-mid, rata-rata unggulkan f tur yang tidak jauh berbeda. Yang paling sering diangkat dan sering memiliki kesamaan adalah digunakannya layar dengan aspect ratio lebih panjang dari 16:9 dan memiliki desain notch, serta digunakannya dua kamera belakang maupun depan untuk menghasilkan bokeh. Begitu pula dengan apa yang coba ditawarkan Xiaomi Redmi Note 5 ini. Bedanya, Redmi Note 5 tidak menggunakan desain notch sehingga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang kurang menyukai desain tersebut. Sementara dua f tur lain yang disebut tadi masih disematkan pada smartphone ini. Desain notch memang masalah selera, tetapi penulis lebih menyukai layar tanpa notch. Ini membuat tampilan layar lebih enak di mata penulis tanpa ada notch yang mengganggu. Layar Redmi Note 5 yang memiliki aspect ratio 18:9 memanfaatkan resolusi Full HD+ alias 2.160 x 1.080 pixel. Menggunakan desain dengan lengkungan 2.5D, layarnya sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass, meski tidak disebut secara rinci versinya. Untuk tampilan lebih maksimal, disertakan pilihan Full Screen Gesture yang akan menyembunyikan tombol haptic dan menggantinya dengan fungsi gesture. Dari sisi kamera, ini merupakan seri Redmi yang menggunakan kamera utama ganda. Kamera utama tersebut memiliki resolusi 12 MP dan 5 MP.

Baca juga : Siapa Penemu Teknologi Jaringan 5G

Dengan mengandalkan dua kamera, Anda bisa menghasilkan foto bokeh dengan hasil yang rapi. Pada kamera itu, Xiaomi menambahkan teknologi AI (artif cial intelligence) sehingga hasil tangkapan foto bisa terlihat lebih alami. Untuk menambah bokeh, Anda mesti menggunakan pilihan Portrait. Adapun pilihan lain yang ada di kamera utama termasuk Panorama, Square, Photo, Video, dan Short Video. Sementara untuk merekam video, tersedia dua pilihan mode tambahan yaitu slow-motion dan time-lapse. Terdapat pula pilihan manual yang menurut kami tidak terlalu berguna karena seperti seri Redmi lainnya, hanya menyediakan pengaturan untuk White Balance dan ISO saja. Kamera depan untuk self e memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2,0 yang terbilang standar. Menariknya kamera ini juga bisa menghasilkan bokeh, hanya hasilnya memang terlihat tidak sebaik kamera utama. Teknologi AI sendiri disematkan pada kamera depan dan belakang. Sementara fitur-fitur khas lain yang biasa dihadirkan pada seri Xiaomi lain seperti sensor inframerah untuk remote control, dukungan layar terhadap 10 titik sentuhan, beragam sensor termasuk gyroscope untuk aplikasi 360 dan virtual reality, menjadi ftur yang cukup menyenangkan bagi kebutuhan yang lebih beragam. Ini masih ditambah dengan ftur keamanan maupun privasi, yakni fngerprint sensor di bagian depan serta face unlock yang memiliki respon cukup cepat. Redmi Note 5 dibekali dengan SoC Snapdragon 636 yang merupakan debut global dari SoC Qualcomm dengan technology node 14 nm tersebut. Prosesor octa core yang menggunakan arsitektur Kryo ini membawa peningkatan performa dan penghematan daya sampai 40% dari pendahulunya, Snapdragon 630. Daya tahan baterai juga selalu menjadi keunggulan seri Redmi. Kali ini pengujian kami mampu menembus waktu sekitar 7 jam 10 menit. Hasil tersebut jika dirata-ratakan untuk penggunaan sehari-hari, bisa bertahan sampai seharian.

Spesifikasi : SoC Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (quad core Kryo 260 1,8 GHz dan quad core Kryo 260 1,6 GHz plus Adreno 509) RAM 4 GB LPDDR4X Media simpan internal 64 GB Selot SIM Dual nano-SIM (dukung microSD secara hibrida) Jaringan seluler GSM/HSPA/LTE Dukungan koneksi Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, inframerah, radio FM, jack audio 3,5 mm, USB OTG Sensor Accelerometer, light, proximity, gyroscope, orientation, sound, magnetic Kamera Belakang: 12 MP (f/1,9, dual pixel PDAF) dan 5 MP (f/2,0, depth sensor), dual LED ?ash, video 1080p @ 30fps Depan: 13 MP, f/2,0, video 1080p @ 30fps Layar 5,99” IPS LCD 2.160 x 1.080 pixel, Gorilla Glass Baterai Li-ion 4.000 mAh Dimensi/bobot 15,86 x 7,54 x 0,81 cm/ 181 gr Sistem operasi Android 8.0 Oreo (MIUI 9) Situs www.mi.com/id/

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan layar besar ber-aspect ratio 18:9 sehingga bodinya tetap ramping. Kinerja yang ditawarkan pun sudah mumpuni untuk berbagai kegiatan Xiaomi baru saja menghadirkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang sudah menggunakan layar dengan aspect ratio baru, 18:9. Varian Plus menegaskan ukuran layar yang lebih luas dan resolusi lebih tinggi, yakni 5,99 inci Full HD+ dibandingkan 5,7 inci HD+. Dengan aspect ratio 18:9, kedua varian Redmi seri 5 ini mengedepankan konsep bezel-less. Aspect ratio 18:9 juga memungkinkan Anda lebih puas menyaksikan tayangan video YouTube yang memiliki aspect ratio lebih lebar dari 16:9. Video dengan aspect ratio 16:9 akan menampilkan bar hitam di sisi kanan dan kiri, tetapi Anda bisa mengubahnya hingga satu layar penuh dengan cara menjentikan jari ke layar. Sayangnya hal ini tidak berlaku pada beberapa video yang ada di Gallery maupun game yang masih menggunakan engine lawas. Untungnya aneka game populer terbaru seperti Mobile Legends, Arena of Valor, maupun Rules Of Survival bisa tampil penuh. Keuntungan lain dari penggunaan aspect ratio tersebut adalah dimensi smartphone yang lebih memanjang. Smartphone tetap ramping dan terasa pas digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan. Redmi 5 Plus memiliki desain yang terbilang eye-catching dalam tiga pilihan warna yaitu black, gold, dan light blue.

 

Produk yang kami uji memiliki warna light blue di bagian belakang serta bezel putih di bagian depan yang terlihat lebih menarik dibanding dua warna lainnya. Meski bezel bawah masih menyisakan sedikit ruang, tombol navigasi dimasukkan ke dalam tampilan layar. Redmi 5 Plus menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 625.

Produk yang kami uji memiliki memori utama 3 GB dan media simpan 32 GB. Kombinasi ini membuat Redmi 5 Plus sudah nyaman untuk berbagai kebutuhan multimedia, bermain game, dan lainnya. Hasil uji sendiri menunjukkan skor yang mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game terkini. Untuk smartphone dua jutaan, kualitas kamera yang dihasilkan tidak mengecewakan. Dalam kondisi pencahayaan cukup, hasilnya cukup tajam. Sedangkan pada kondisi low light, terlihat beberapa noise yang masih dimaklumi untuk kamera dari smartphone dua jutaan. Aplikasi kamera yang disertakan sama dengan Redmi seri lainnya. Mengandalkan resolusi 12 MP, kamera belakang menyediakan 9 mode pilihan yang salah satunya Manual. Sayangnya, mode Manual hanya menyediakan dua pengaturan yaitu White Balanced dan ISO.

Pada mode video, kamera ini bisa digunakan untuk merekam dengan resolusi maksimal 3.840 x 2.160 pixel pada 30 fps. Ini masih dilengkapi dengan pilihan mode slow motion dengan resolusi 1.280 x 720 pixel pada 120 fps. Kamera depan hanya memiliki resolusi lima megapixel, tetapi hasilnya sudah mencukupi untuk bernarsis ria atau memasangnya pada media sosial. Sementara, resolusi video maksimalnya yang 1.920 x 1.080 pixel pada 30 fps sudah cukup untuk melakukan video call atau membuat vlog. Secara umum, daya tahan baterainya terbilang baik. Namun dibanding smartphone Xiaomi yang pernah kami uji, torehan waktu PCMark for Android-nya yang tujuh jam lebih masih kurang lama. Redmi 5 Plus menggunakan antarmuka MIUI 9.2 yang memiliki beberapa ftur seperti split screen, second space, dan dual apps. Hadir pula aplikasi seperti Mi Remote yang merupakan remote control berbasis merah infra untuk berbagai macam perangkat elektronik.

Xiaomi Mi5s

 

Xiaomi Mi5 Pro

 

Xiaomi Mi5c

 

Xiaomi Redmi 4a , Via Lazada

Xiaomi Redmi 4 Prime RAM 3gb, Internal 32gb, 4G, Kamera 13mp & 5mp

 

 

Xiaomi Mi Note Pro, RAM 4gb, Internal 64gb

harga-xiaomi-terbaru-2

 

Xiaomi Mi Note RAM 3gb, Internal 16gb

harga-xiaomi-terbaru-1

 

Harga Terbaru Xiaomi Redmi Note 4

 

Harga di kisaran 2.5 juta, hingga 2.7 jutaan

xiaomi-redmi-note-4-2

 

xiaomi-redmi-note-4

 

Harga Terbaru Xiaomi Redmi Pro

 

 

spesifikasi-xiaomi-redmi-pro-2 spesifikasi-xiaomi-redmi-pro-1

 

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-6

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-1

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-2

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-3

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-4

 

harga-smartphone-xiaomi-terbaik-5

 

Xiaomi Mi4S

Setelah kesuksesan hasil penjualan Mi4S yang diluncurkan tahun lalu, kini pasalnya Xiaomi meluncurkan seri Xiaomi Mi4S setelah diluncurkannya Xiaomi Mi5 yang hanya beda beberapa hari saja. Bahkan pasalnya, belum lama diluncurkan Xiaomi Mi4S sudah laris di pasaran Tiongkok. Dengan tingginya permintaan akan Mi4S sendiri sebenarnya telah diprediksi, terlebih lagi produk Xiaomi di tempat asalnya ini begitu populer.

 

hp xiaomi tercanggih 1

 

Hal ini wajar jika melihat harganya yang dibanderol cukup terjangkau dengan dukungan spesifikasi yang sudah mumpuni. Dari segi layar sendiri, Xiaomi Mi4S ini berukuran sekitar 5 inchi dengan dukungan chipset dari Snapdragon 808 berkapasitas 3 GB. Memori penyimpanan internal sendiri disematkan berkapasitas 64 GB yang bisa diperbesar memakai micro SD. Dimana spesifikasi tersebut tampaknya sudah begitu jelas apalagi harga dari Xiaomi Mi4S ini dibanderol hanya Rp. 3,4 jutaan saja.

 

[nextpage title=”HP Xiaomi dengan Spesifikasi tercanggih”]

Xiaomi Mi5

Baru-baru ini, tepatnya di bulan Februari 2016 kemarin Xiaomi meluncurkan produk inovasi terbarunya secara resmi. Walaupun memang baru dikeluarkan 2 bulan lalu, namun spesifikasi smartphone besutan Xiaomi ini telah beredar lama. Bahkan berdasarkan pemberitaan sendiri, sudah banyak beredar gambar Xiaomi Mi5 dengan terang-terangan menampilkan penampakan dari Xiaomi Mi5.

hp xiaomi tercanggih 2

 

Melalui foto yang telah beredar tersebut, Xiaomi Mi5 hadir lewat balutan warna putih. Bahkan terdapat pula tombol aplikasi Home dengan kelengkapan sensor untuk sidik jari. Bahkan pada tampilan antarmuka smartphone asal China ini sudah menggunakan MIUI. Belum lagi tampilan yang begitu mencolok dengan bezel begitu tipis dilengkapi desain simpel namun tetap elegan. Untuk spesifikasi sendiri, menurut banyak kabar ponsel tersebut dibenamkan kapasitas RAM 3 GB.

 

Xiaomi Mi5 juga pasalnya dibenamkan memori internal sebagai ruang penyimpanan data hingga 64 GB. Selain itu, untuk sistem operasi sendiri Mi5 sudah disematkan sistem operasi terbaru dari OS Android Marshmallow 6.0. Xiaomi Mi5 hadir sebagai varian ponsel low-end dengan kapasitas RAM 3GB. Menurut kabar yang tengah beredar, Mi5 juga akan hadir untuk varian premium dengan kapasitas RAM 4 GB sampai 6 GB.

 

Harga varian RAM 3gb internal 32gb adalah sekitar 3.8 juta rupiah

 

 

Xiaomi Mi Note Pro

Produk smartphone yang diluncurkan pada awal Mei 2015 silam, Xiaomi Mi Note Pro termasuk salah satu produk smartphone yang kian banyak diburu. Tak hanya itu saja, smartphone besutan China ini di gadang-gadang menjadi produk terbaik sepanjang tahun 2015 yang siap bersaing bersama vendor smartphone ternama lainnya. Xiaomi Mi Note Pro mengusung Chipset dengan dukungan loading tercepat dari Qualcomm Snapdragon 810 dilengkapi kapasitas RAM 4 GB.

 

hp xiaomi tercanggih 3

 

Mi Note Pro sudah dilengkapi dengan spesifikasi dual sim card berikut teknologi LTE CAT 9 dimana masing-masing dari sim card sendiri berbentuk micro sim dan nano sim berkecepatan hingga 450 MBPS sebagai teknologi LTE paling cepat kini. Sistem operasi yang dibenamkannya memanfaatkan sistem operasi Android Lollipop melalui sentuhan teknologi MIUI V6. Anda juga bisa mengubah tampilan dari launcher memakai ribuan opsi theme, status bar, font hingga icon yang tersedia.

 

Xiaomi telah menyediakan kapasitas ruang penyimpanan hingga 64 GB untuk memori internal. Performa dapur pacu Xiaomi Mi Note Pro sendiri sudah disematkan Chipset dari Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 dengan kecepatan dari Octa Core 64 Bit. Belum lagi kamera yang mengusung sensor dari Sony IMX214 dengan resolusi 13 MP membuatnya tampil begitu sempurna. Dukungan fitur dual LED flash buatan dari Philips dan teknologi OIS pun turut disematkan. Dengan spesifikasi yang ada, Xiaomi MI Note Pro dibanderol dengan harga 3 jutaan rupiah.

 

[nextpage title=”HP Xiaomi dengan Spesifikasi tercanggih”]

 

Xiaomi Mi4

Xiaomi Mi4 hadir sebelum diluncurkannya Xiaomi Mi Note Pro tepatnya bulan April tahun 2015 kemarin. Xiaomi Mi4 hadir sebagai produk ponsel premium dengan menyajikan fungsi dan hiburan secara maksimal pada sebuah produk ponsel. Jika dilihat sekilas, tampilan desainnya terlihat sebagai produk smartphone premium yang berkelas. Tampilan layar dari IPS LCD berkualitas tinggi turut dibenamkan untuk memanjakan para penggunanya. Dari sektor dapur pacu sendiri, Xiaomi Mi4 ini dibenamkan teknologi Quad Core 2.5 GHz Krait 400 berkecepatan tinggi.

hp xiaomi tercanggih 4

 

Mi4 hadir dengan sokongan chipset qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan kartu grafis yang mengusung Adreno 330 untuk menjamin kualitas tampilan layar tinggi ketika bermain HD gaming. Belum lagi sistem operasi yang mengandalkan OS Android Kitkat seri V4.4.2 dengan kelengkapan berbagai fitur. Mi4 dari Xiaomi juga mengusung RAM berkapasitas sebesar 3GB untuk menunjang aktivitas multitasking dengan lancar.

 

Dari sektor kamera sendiri, Xiaomi Mi4 sudah dibenamkan kamera sekitar 13 MP dengan kerapatan yang dihasilkan sekitar 4128 x 3096 pixels dengan begitu menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Selain kamera utama, Xiaomi Mi4 juga dibenamkan kamera sekunder yang beresolusi tinggi hingga 8 MP. Melalui resolusi yang dibenamkannya inilah, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan foto selfie. Adapun harga yang dibanderol untuk Xiaomi Mi4 ini sekitar Rp. 1.9 jutaan pada memori yang berkapasitas 16 GB, sedangkan memori berkapasitas 32 GB dibanderol Rp. 2.5 jutaan.

 

 

Xiaomi MI Note

Produk andalan Xiaomi berikutnya diluncurkan pada awal tahun 2015 dengan nama Xiaomi Mi Note hadir dengan layar 155.9 x 77.6 x 7 mm bertipe IPS LCD 5.7 inchi beresolusi sebesar 1440 x 2560 pixels. Untuk mendukung komunikasi, Mi Note sebagai generasi sebelum Mi Note Pro ini hadir dengan dukungan fitur dual sim. Dukungan sistem operasi dari OS Android v4.4.4 Kitkat hadir untuk memanjakan para penggunanya. Kapasitas memori yang dibenamkan terdapat 2 pilihan di antaranya 16 GB dan 64 GB.

 

hp xiaomi tercanggih 5

 

Untuk mendukung performanya sendiri, Xiaomi Mi Note hadir dengan dukungan teknologi dapur pacu dari Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan Chipset Quad Core 2.5GHx Krait 400 yang berkapasitas mencapai 3 GB. Untuk sektor baterai sendiri, Mi Note disematkan baterai tipe non removable Li-Ion 3000 mAh. Belum lagi dukungan kamera yang beresolusi tinggi mencapai 13 MP sebagai kamera utama dilengkapi oleh beberapa fitur tambahan, seperti autofocus, optical image stabilization dan dual LED flash dengan kamera depan 4 MP.

Adapun harga yang dibanderol pada ponsel keluaran Xiaomi ini terbagi ke dalam 2 bagian, di antaranya Rp.2.000.000 untuk varian 16 GB sedangkan Rp. 2.500.000 dibanderol untuk varian kapasitas 64 GB.

Dari kelima produk terbaru Xiaomi di atas, tentunya Anda sangat berantusias untuk memilih produk smartphone Xiaomi dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda. Xiaomi memang menjadi pilihan karena spesifikasi yang dibenamkannya cukup handal dengan dukungan harga terjangkau!

 

 

 

 [nextpage title=”Harga hp Xiaomi Terbaru”]

Xiaomi Redmi Note, Generasi Pertama, Harga Saat ini 1 Jutaan aja gan. 

 

Selain sukses dengan produk Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi nampaknya juga akan menuai kesuksesan yang sama pada produk terbarunya yaitu Xiaomi Redmi Note. Smartphone ini begitu menarik perhatian karena mengusung spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang relatif terjangkau. Ponsel canggih ini sudah dilengkapi dengan prosesor octa core dan di dalamnya juga sudah disematnya banyak fitur yang menarik. Xiaomi sendiri telah dikenal sebagai pabrikan asal Tiongkok yang sangat fenomenal

redmi note

 

Dengan pembaharuan dari versi terdahulunya, bukan tidak mungkin phablet Redmi Note ini mampu mengalahkan para rivalnya yang kebanyakan berasal dari Tiongkok sekelas ZTE, Huawei, dan pesaing mereka yang paling tangguh yaitu Lenovo. Ponsel canggih bertenaga cpu octa core ini hanya ditawarkan dengan harga Rp 2 jutaan di Indonesia. Redmi Note sendiri sudah lebih dulu dipasarkan di China baru kemudian Indonesia dan negara – negara lain di Asia Tengagra

Tidak sama dengan kebanyakan gadget buatan China lainnya, Xiaomi telah membuktikan kapasitas mereka sebagai pabrikan smartphone berkualitas dan terbaik di dunia. Bukti dari kualitas pabrikan ini salah satunya dapat dilihat pada spesifikasi yang diusung oleh phablet Redmi Note. Perangkat ini ditenagai oleh prosesor octa core berkecepatan tinggi dan dikombinasikan dengan hardware yang berkualitas handal tetapi dijual dengan harga yang terjangkau

Redmi Note hadir dalam dua veri yakni Octa Core berkecepatan 1,4 GHz dan Octa Core berkecepatan 1,7 GHz. Dengan penggunaan CPU versi berbeda, phablet ini tentu akan dibanderol dengan harga sesuai dengan tipenya. Namun selisih harganya juga tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar Rp 300 ribuan.

Prosesor yang digunakan pada phablet ini merupakan persembahan dari Mediatek yang juga berasal dari Cina. Sama dengan produk Xiaomi lainnya, phablet Redmi Note ini juga berjalan dengan sistem operasi Miui andalan Xiaomi. Sistem operasi tersebut merupakan Custom Rom Android yang sengaja dibuat khusus untuk perangkat Xiaomi.

Phablet Redmi Note hadir dengan mengusung layar berukuran 5,5 inch beresolusi 720 X 1280 pixel. Dengan berbekal layar tersebut, banyak yang meyakni bahwa phablet ini adalah pesaing Samsung Galaxy Note. Tingkat kepadatan layar atau pixel density smartphone ini adalah 267 ppi. Layar tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi panel IPS untuk sudut pandang yang lebih luas

Selain mengusung prosesor Octa Core, phablet ini juga didukung dengan memori RAM berkapasitas 2 GB. Hal ini membuat Redmi Note cukup handal untuk multitasking. Kapasitas memori internal pada smartphone ini berkapasitas 8 GB. Memori tersebut dapat diekspansi lewat microSD hingga maksimal 32 GB

Kamera utama yang disematkan oleh Xiaomi pada phablet terbarunya ini sebesar 13 mp. Kamera tersebut telah didukung dengan berbagai macam fitur seperti LED flash, autofocus, touch focus, geo tagging, face detection, HDR, dan kemampuan merekam video dengan kualitas Full HD. Sementara itu tersedia pula kamera 5 mp di sisi depan untuk berfoto selfie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^