4 Jenis Backlight LED pada TV LCD

  • Whatsapp

4 Jenis Backlight LED pada TV LCD

 

Saat ini, panel LCD adalah teknologi yang paling tersebar luas karena harganya yang relatif terjangkau dan hemat daya. Berbeda dengan panel plasma dan OLED, panel LCD tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Oleh karena itu, ia memerlukan cahaya di belakang fiter warna (merah, hijau, biru) miliknya yang disebut backlight. Panel LCD modern sudah memanfaatkan cahaya LED ketimbang CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp). Berikut adalah jenis backlight LED pada panel televisi LCD.

 

Edge-Lit

Panel LCD dengan metode pencahayaan edge-lit menggunakan informasi pencahayaan yang datang dari pinggir panel. Cahaya tersebut kemudian menyebar ke seluruh panel yang menyebabkan konten gambar pana panel terlihat secara keseluruhan. Namun, jika cahaya tidak terdistribusi dengan baik, kualitas gambar terkadang akan menurun saat menampilkan adegan gelap

Baca Juga  Download Aplikasi Chat Cari Jodoh Online Serius Bule Orang Kaya Terbaik Islami

 

jenis pencahayaan lcd 1

 

 

Edge-Lit Local Dimming

Metode ini diciptakan untuk menyempurnakan metode pencahayaan edge-lit. Untuk melakukan distribusi cahaya yang baik, edge-lit local dimming otomatis mendeteksi bagian konten gelap pada panel LCD kemudian meredupkan cahaya LED sesuai kebutuhan. Kekurangannya adalah saat menampilkan konten terang di tengahtengah area gelap (seperti bulan di tengah langit malam), tipe pencahayaan edge-lit local dimming akan samarsamar menampilkan cahaya garis lurus dari pinggir layar ke arah bulan.

 jenis pencahayaan lcd 2

 

 

 

Direct-Lit

Hampir semua backlight panel LCD menggunakan metode ini. LED disusun di seluruh bagian belakang panel LCD sehingga membuat tampilan gambar di panel terlihat. Metode tersebut tidak dilengkapi proses peredupan pencahayaan secara individual. Biasanya, pencahayaan seperti ini memiliki keseragaman warna lebih baik ketimbang metode edge-lit. Namun panel tipe direct-lit memiliki rasio kontras kurang bagus.

Baca Juga  Earphone Murah Kualitas Bass Terbaik, Aurvana In-Ear3 Plus

 

jenis pencahayaan lcd 3

 

Full-Array Local Dimming

Metode ini merupakan pencahayaan panel LCD terbaik karena menawarkan performa setara dengan panel plasma. Seperti metode directlit, lampu LED diletakkan di seluruh belakang panel LCD; namun bedanya adalah setiap lampu LED dapat meredup secara individual, atau bahkan mati di area gelap. Oleh karena itu gambar terlihat lebih tajam dengan kontras rasio tinggi. Tetapi penerapan metode backlight seperti ini berbiaya mahal sehingga hanya ada di televisi high-end.

 

jenis pencahayaan lcd 4

 

 

Sumber : Majalah HWM Indonesia Mei 2015

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.