3 Cara Pembuatan Panel OLED

  • Whatsapp

3 Cara Pembuatan Panel OLED

Saat ini, ada tiga metode utama dalam pembuatan panel OLED. OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi panel terbaru yang sangat hemat daya dibandingkan dengan teknologi panel LCD karena setiap piksel OLED menggunakan material organik untuk menghasilkan cahayanya sendiri, tidak membutuhkan cahaya tambahan di belakangnya (backlight). Tips Main Game Clash of Lords 2

metode pembuatan oled

Pada awalnya, perangkat OLED agak rentan terhadap penurunan performa dari waktu ke waktu, yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak vendor baru mulai menerapkan teknologi tersebut pada tahun 2008. Kata “Organic” pada panel OLED bukan berarti teknologi tersebut menggunakan bahan organik yang berasal tumbuhan. Ketimbang menggunakan semikonduktor silikon, panel OLED menggunakan lapisan konduksi senyawa organik dan lapisan emisif lainnya senyawa organik berbeda yang terapit antara anoda dan katoda. Kedua senyawa organik tadi terpilih sehingga ketika proses transfer elektron yang terjadi di antara lapisan emisif dan lapisan konduksi, energi dilepas dalam bentuk foton cahaya. Bahkan, warna yang dipancarkan juga dapat dikontrol berdasarkan senyawa yang digunakan. HP Asus Tahan Lama Internal Lega 64gb dan 128gb

  • Inkjet Printing
Baca Juga  Smartphone Terbaru Terbaik Murah Dari Acer

Inkjet printing merupakan salah satu metode termurah untuk memproduksi panel OLED. Senyawa organik disemprotkan ke substrat, serupa dengan bagaimana printer inkjet menyemprotkan tinta ke kertas. Metode ini dapat digunakan untuk memproduksi panel OLED berukuran besar.

 

  • Penguapan Endapan Organik

Gas pengangkut digunakan untuk membawa uap molekul organik ke substrat dingin. Proses keseluruhannya terjadi dalam ruang reaktor bertekanan rendah dan bertemperatur tinggi.

 

  • Endapan Termal Hampa

Seluruh proses dilakukan di ruang hampa. Awalnya molekul organik menguap, kemudian dibiarkan berkondensasi sebagai lapisan tipis pada subsstrat dingin. Metode ini memakan banyak biaya dan tidak efiien.

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.