Ban Mobil Terbaik untuk Harian

  • Whatsapp

Ban Mobil Terbaik untuk Harian

  • Accelera 651 Sport

Jaman dulu mungkin ban high performance masih dianggap barang mahal. Namun sekarang, ban high performance sudah bisa diproduksi siapapun, termasuk merek lokal yang salah satunya adalah Accelera dengan lini 651 Sport-nya. Ban semi slick ini aman dan nyaman untuk digunakan untuk harian. Desain tapak dan kompon yang sangat sporti dengan beragam permukaan jalan dan cuaca. Salah satunya adalah diameter ring 17 inci dengan ukuran 225/45 Dengan harga yang terjangkau, performa yang didapat pun juga enggak kalah sama ban merek luar. Tapi yang jadi pertanyaan adalah, seberapa perlukah ban sport, dalam artian semi slick untuk digunakan sehari-hari?

Salah satu pertimbangan membeli ban semi slick, adalah untuk mendapatkan grip atau handling yang maksimal. Dengan kompon yang lebih soft dibanding ban biasa, ban semi slick jelas lebih nempel di permukaan jalan. Namun yang jadi perhatian, jenis treadwear yang diusung sama ban semi slick itu sendiri. Treadwear-nya lebih rendah, jadi otomatis lebih cepat habis dibanding ban non semi slick. Tapi treadwear rendah ini dibayar dengan kemampuan traksinya tadi. Misal di Accelera 651 Sport, “651 Sport memiliki pattern tapak dan kompon yang didesain sangat  sporty. Di dalamnya tetap ada nilai safety, performa, estetika, dan low noise-nya,” ucap Surya Dharma, Sales and Marketing Manager PT ElangPerdana Tyre Industry.

Baca Juga  Daftar Harga HP Samsung Terbaik, Terbaru 2016 - 2017, 1 Jutaan

Tipe 651 Sport didevelop biar punya grip optimal layaknya ban semi slick, tapi juga aman dan nyaman untuk harian. Kompon dan alurnya bisa buat hadapi beragam permukaan jalan dan cuaca. “Makanya dinamakan Racing Tire Street Legal, ban spek balap yang legal dipakai di jalan raya,” jelas Surya lagi. Pertimbangan lain, atau mitos yang kerap terdengar di ban semi slick adalah cenderung berisik dibanding ban biasa. “Secara logika enggak salah, karena makin lebar tapaknya, bidang yang bersentuhan dengan aspal makin besar,” jawab Surya. Tapi ia mewanti, “Harus dilihat juga besar alur yang meloloskan hambatan udara dan bentuk alur kembangnya.” Variabel ini bisa mereduksi tingkat kebisingan. Jika bentuk alurnya didesain memecah angin atau udara, bisa dipastikan kalau ban tersebut tidak seberisik yang dikira.

Baca Juga  Daftar Smartphone & Tablet Asus yang Mendapat Update Marsmallow

Jadi meski tapaknya besar, belum tentu bannya berisik atau dengung. “EP Tyres selalu melakukan pengecekan ke Eropa dulu sebelum meluncurkan produknya ke pasar,” terang Surya. Sebagai buktinya, EP Tyres mendapatkan sertifi kasi dari Eropa yang menyatakan tingkat noise-nya enggak melewati batasan standar Eropa.

 

TRIK ANTI “MELAYANG”

Pemilihan ban yang ampuh untuk digunakan di permukaan jalan kering dan aspal memang tak bisa sembarangan. Bahkan ban tipe sport (semi slick) sekalipun tidak berarti memiliki cengkeraman yang baik di permukaan jalan basah. Lalu bagaimana performa ban semi slick untuk jalanan basah? Surya menjawab, “Karena ban itu dibuat sesuai riset dan kebutuhannya. Ban tipe sport ada yang khusus untuk permukaan jalan kering, tapi ada juga bisa digunakan untuk permukaan jalan basah,” tambah Surya. Tekanan angin juga sangat menentukan traksi ban saat di permukaan jalan basah atau genangan air. Menurut Surya, idealnya tekanan angin pada permukaan jalan basah ada di angka 32 hingga 35 psi. “Jangan kurang atau lebih dari angka tersebut karena sangat berbah aya,” wantinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.