Ide Bisnis Budidaya Jambu Air dan Belimbing Demak

  • Whatsapp
Ide Bisnis Budidaya Jambu Air dan Belimbing Demak

Ide Bisnis Budidaya Jambu Air dan Belimbing Demak – Sikap tidak mudah puas membawa Karmono mencapai puncak prestasi di bidang pertanian. Ia berhasil menciptakan varietas buah unggul. Yakni belimbing Demak dan jambu air Merah Delima. Belimbing adalah ikon Kota Demak, Jawa Tengah. Se- bagian besar penduduk, meng gantungkan hidup dari mem budidayakan tanaman bernama latin Averrhoa carambola ini. Sayang, meskipun belimbing sudah lama dibudidayakan, namun belum ada inovasinya. Kondisi itu mengusik Karmono, petani di Betokan, Demak, Jawa Tengah. “Saya tak puas melihat hasil panen yang segitu-gitu saja. Padahal saya yakin masih bisa ditingkatkan,” papar pria berusia 63 tahun itu.

Baca Juga : Laptop 11 inch Terbaik Tahun Ini

MULIAKAN VARIETAS LOKAL

Kakek yang dikaruniai 10 cucu itu kemudian memuliakan belimbing lokal dan menemukan variates belimbing unggul Demak. Karmono membibitkan belimbing tersebut dengan cara mencangkok sejumlah pohon induk generasi ketiga dan generasi keempat. Kedua generasi belimbing Demak ini disilangkan. Hasilnya adalah varietas baru berpostur pendek (tinggi 1-2 meter) dan rajin berbuah. Selama beberapa tahun, belimbing Demak besutannya menjadi idola para petani di Demak dan sekitarnya. Diperkirakan pada waktu itu ada 70.000 pohon belimbing “ciptaan” Karmono ini. Kemunculan varietas anyar dari Blitar, Jawa Timur yang diluncurEdisi 47 / April 2014 kan pertengahan 1990, akhirnya menggusur kepopuleran belimbing Demak. Sehingga jumlah belimbing Demak menyusut hingga tersisa hanya 20% dari populasi awal. “Kemudian saya melihat tanam an jambu yang saat itu ba nyak tumbuh di sini, tapi belum banyak dibudidayakan secara in tensif,” kata Karmono. Lalu ia mem – budidayakan tanaman ter sebut. Sama seperti yang sudah dilakukan pada tanaman belimbing, Karmono memuliakan tanaman buah jambu. Hasilnya, pria tekun ini mampu menciptakan tanaman jambu air Merah Delima dan menyedot perhatian konsumen.

Baca Juga  Contoh Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

Ide Bisnis Budidaya Jambu Air dan Belimbing Demak

Lumrah jika kawan-kawan sesama petani tergiur memiliki varietas jambu ciptaan Karmono. Sadar akan hal itu, pria murah hati ini kemudian membagikan bibit jambu jambu itu kepada beberapa petani di sekitar kebunnya tanpa meminta bayaran sepeser pun. Akhirnya varietas baru jambu air itu menjadi buah bibir. Karmono pun mendapat banyak permintaan bibit dari petani di luar daerah tempat tinggalnya. Jumlah pesanan bisa tembus hingga ribuan bibit. “Sekarang bibit jambu merah itu saya jual seharga Rp5.000- Rp10.000/pohon,” tutur Karmono. Guna memastikan hasil panen buah dari para petani bisa tersalurkan, Karmono berinisiatif mendirikan koperasi yang ia beri nama Koperasi Merah Delima. Dari ko perasi inilah, hasil bumi para petani sampai ke tangan pengepul, pedagang, bahkan konsumen. Keuletan dan ketekunan Karmono di atas mengantarnya menjadi pemenang Danamon Awards 2011.

Baca Juga  Contoh Usaha yang Langka tapi Menguntungkan

“Penghargaan itu menjadi salah-satu pemacu semangat saya. Saya merasa berutang budi kepada Bank Danamon. Saat itu saya mendapatkan bantuan dana sebesar Rp35 juta untuk modal usaha, dan dana tambahan Rp2 juta untuk akomodasi ikut serta dalam acara penyerahan penghargaan,” kata Karmono. Dana sebesar itu dimanfaatkan untuk membeli pompa air, membeli power sprayer, dan memperbaiki pagar kebun.

Sekian artikel mengenai : Ide Bisnis Budidaya Jambu Air dan Belimbing Demak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.