BeritaBisnisKesehatan dan Gaya HidupNews

Kuliah di Singapura, Berikut Biaya dan Beasiswa Kuliah di Singapura

Kuliah di Singapura, Berikut Biaya dan Beasiswa Kuliah di Singapura – Singapura adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan terletak di dekat semenanjung Malaysia. Negara ini memiliki luas sekitar 710 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 5,6 juta orang. Singapura merupakan salah satu negara paling maju di dunia dengan tingkat kemakmuran yang tinggi dan tingkat kriminalitas yang rendah. Negara ini juga merupakan salah satu pusat keuangan dan perdagangan terkemuka di dunia. Kuliah di Singapura merupakan salah satu pilihan untuk belajar pengembangan diri.

Singapura memiliki beberapa universitas yang terkemuka di dunia, di antaranya adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), dan Singapore Management University (SMU). NUS dan NTU merupakan dua universitas terbaik di Singapura dan Asia Tenggara, sementara SMU merupakan salah satu universitas terkemuka di bidang bisnis dan manajemen. Singapura juga memiliki beberapa universitas lainnya, seperti SIM University, Singapore University of Technology and Design, dan SIT.

Pilih-pilih tempat untuk melanjutkan pendidikan tidak boleh sembarangan. Banyak universitas hingga jurusannya yang harus dipilih. Belum lagi biaya kuliah yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Perluas jangkauan untuk bisa studi di luar negeri, karena lebih banyak keuntungan yang akan di dapat. Salah satu terbesarnya adalah mendapatkan lebih banyak kenalan baru dengan taraf internasional.

Jika disuruh untuk memilih negara manakah yang akan kamu jadikan tujuan studi? Amerika? Inggris? Atau memilih negara yang ada di Asia? Apabila tidak ingin memilih negara yang jauh dari Indonesia tetapi sangat maju maka Singapura adalah pilihan yang terbaik. Singapura adalah negara maju yang sangat terkenal dengan berbagai suku dan ras yang tinggal di sana.

Mengapa Memilih Kuliah di Singapura sebagai Tempat Belajar?

Berkebudayaan luas membuat negara ini menerima berbagai perbedaan dan cocok sebagai tempat belajar mahasiswa dari seluruh dunia. Singapura telah menjadi negara yang terbaik dalam menyelenggarakan sistem pendidikan. Banyak yang bilang bahwa kuliah di Singapore adalah tiket menuju kesuksesan. Fokus pendidikan yang banyak dikembangkan adalah inovasi.

Saat ini pendidikan di Singapura telah banyak dilirik secara internasional. Pemerintah Singapura juga meningkatkan semua fasilitas pendidikan dan peralatan lainnya. Sebagai negara, perbedaan kebudayaan, keindahan kota serta alam dan keamanan adalah keunggulannya. Negara ini termasuk negara paling aman di dunia. Bukan hanya belajar yang akan didapatkan tetapi juga eksplorasi budaya.

Nanyang Technological University (NTU) merupakan salah satu universitas yang memiliki rangking tertinggi di negara ini bahkan di Asia. Tidak hanya itu saja, NTU telah masuk ke 11 besar universitas terbaik menurut QS World University Ranking 2018.

Jenis pendidikan tinggi yang tersedia tidak terbatas universitas saja. Masih ada beberapa jenis institusi pendidikan tinggi lainnya yang bisa menjadi pilihan yaitu sebagai berikut.

Jenis Kuliah di Singapura

Universitas negeri

Di Singapura, tidak ada yang namanya universitas negeri. Namun, ada beberapa universitas yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah Singapura, di antaranya adalah National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU). Kedua universitas tersebut merupakan universitas terbaik di Singapura dan Asia Tenggara, serta salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, ada juga Singapore Management University (SMU) yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah Singapura. SMU merupakan salah satu universitas terkemuka di bidang bisnis dan manajemen.

Didirikan oleh pemerintah dan dibuka untuk mahasiswa lokal maupun internasional. Operasional dari universitas negeri dibiayai langsung oleh pemerintah. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh pun lebih tinggi jika berhasil masuk ke universitas ini. Walaupun dibiayai oleh pemerintah, namun pengembangan tetap dilakukan baik seperti pelayanan dan juga penelitian.

Universitas swasta

Merupakan jenis universitas yang melakukan pembiayaan sendiri. Bagi mereka yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah juga bisa masuk ke universitas swasta. Beberapa universitas ini juga menyediakan beasiswa, namun mahasiswa wajib kuliah di universitas tersebut.

Politeknik

Institusi pendidikan yang memiliki orientasi pada level diploma. Biasanya ditawarkan untuk pengembangan secara profesional setelah menapaki dunia kerja.

Pendidikan teknik

Di Singapura, tidak ada yang namanya politeknik. Namun, ada beberapa institusi pendidikan tinggi yang menawarkan program-program teknik dan vokasi, di antaranya adalah Institute of Technical Education (ITE), Nanyang Polytechnic, dan Republic Polytechnic. ITE merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar di Singapura yang menawarkan berbagai program vokasi dan teknik. Nanyang Polytechnic dan Republic Polytechnic adalah dua politeknik yang terkemuka di Singapura yang menawarkan berbagai program teknik dan vokasi.

Disebut sebagai Institute of Technical Education (ITE) yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknik dan juga praktek. Mahasiswa memiliki dua pilihan pendidikan yaitu melibatkan training atau pendidikan secara penuh.

Universitas asing

Menawarkan pendidikan sarjana dan pascasarjana yang ditawarkan oleh universitas asing. Biasanya membuka cabang sekolah di Singapura.

Sekolah seni

Di Singapura, ada beberapa sekolah seni yang terkemuka, di antaranya adalah Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), LASALLE College of the Arts, dan Singapore School of the Arts (SOTA). NAFA merupakan sekolah seni terbesar di Singapura yang menawarkan berbagai program seni, termasuk seni lukis, seni rupa, dan seni pertunjukan. LASALLE College of the Arts adalah salah satu sekolah seni terkemuka di Singapura yang menawarkan berbagai program seni, termasuk seni lukis, seni rupa, dan seni pertunjukan. SOTA adalah sekolah seni yang unik karena hanya mengambil siswa berbakat dan berpotensi tinggi di bidang seni.

Seperti namanya, sekolah ini menawarkan bidang pendidikan tentang seni. Jenjang pendidikan yang diberikan adalah diploma dan sarjana.

Kuliah di singapura

Perkiraan Biaya Kuliah di Singapura dan Biaya Hidup yang Harus Dipersiapkan

Persiapan selanjutnya adalah memperkirakan biaya yang harus disiapkan. Bagi orang Indonesia, hidup di negara Singapura terkenal mahal. Bagaimana dengan biaya kuliahnya? Kamu mungkin sudah memilih universitas mana saja yang menjadi tujuan. Pada saat mencari info lengkapi juga tentang biaya yang harus dipenuhi. Mulai dari biaya masuk hingga per semesternya.

Mempersiapkan biaya kuliah di luar negeri sangatlah penting karena nantinya rincian biaya dan sumber dana akan menjadi syarat pembuatan visa. Ada dua biaya yang harus dipersiapkan yaitu biaya kuliah dan biaya hidup. Secara lengkap keduanya dibahas sebagai berikut ini.

Biaya Kuliah di Beberapa Universitas

SAma seperti negara lainnya, ada perbedaan yang sangat besar untuk masalah biaya ini antara satu universitas dengan universitas lainnya walaupun dalam satu negara. Biaya untuk universitas top biasanya akan lebih mahal. Biaya rata-rata untuk mahasiswa jurusan teknik yang mengambil gelar sarjana pada universitas top seperti NTU bisa mencapai 30 ribu dollar Singapura atau setara dengan 300 juta rupiah. Itu untuk kuliah selama empat tahun.

Opsi lainnya yang lebih murah adalah memilih universitas swasta seperti PSC Academy yang membutuhkan biaya 21.000 dollar Singapura yang setara dengan 210 jutaan. Sedangkan untuk program master yang rata-rata biayanya adalah 60.000 dollar SIngapura yakni 600 juta rupiah.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan program master di Singapura, berikut ini perkiraan biaya kuliah di beberapa universitas .

Nanyang Technological University : 55.000 dolar Singapura setara dengan 550 juta rupiah.
National University of Singapore : 58.000 dollar Singapura setara dengan 580 juta rupiah.
Singapore Management University : 60.000 dolar Singapura setara dengan 600 juta
Nanyang Institute of Management : 22.800 dolar Singapura setara dengan 228 juta rupiah.

Apabila melihat paparan akan biaya kuliah di Singapura dalam rupiah satu universitas di atas maka cukup luar biasa. Biaya yang tinggi tentu sebanding dengan pendidikan yang ditempuh. Selama berkuliah, mahasiswa tentunya akan mendapat fasilitas yang memadai hingga materi pendidikan bertaraf internasional.

Biaya Hidup selama Tinggal di Singapura

Majunya negara Singapura dalam hal ekonomi dan gaya hidup membuat masyarakat memiliki pengeluaran yang tinggi. Menilik tentang biaya hidup, ada beberapa kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa. Misalnya seperti tempat tinggal, konsumsi, transportasi dan peralatan kuliah seperti buku.

Sebagai rinciannya, berikut ini jumlah biaya yang harus dipenuhi.
Tempat tinggal (asrama) sekitar 210 hingga 330 dolar Singapura setara dengan 2 – 3 juta rupiah.
Makan (kantin universitas) sekitar 150 hingga 500 dolar Singapura setara dengan 5 jutaan.
Transportasi bisa dengan bus yaitu 120 dolar Singapura setara dengan 1,2 juta rupiah.

Maka jika ditotal untuk satu bulan kebutuhan yang harus dipenuhi sekitar hampir 10 juta rupiah. Sedangkan biaya peralatan kuliah selama 2 atau empat tahun bisa mencapai 300 hingga 500 dolar Singapura yang setara dengan 3 atau 5 juta rupiah. Biaya ini tentu termasuk murah karena tempat tinggal adalah di asrama.

Alur yang Harus Diikuti untuk Mendaftar Kuliah di Singapura

Setiap pendaftaran kuliah selalu memiliki alur, secara umum alur yang diikuti antar universitas tidak jauh berbeda. Hanya saja khusus untuk mendaftar ke universitas asing perlu tambahan syarat yaitu visa yang harus dipenuhi. Ijazah yang dikirim juga harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Inggris dengan penerjemah yang bersertifikat.

Seperti apa alur yang harus diikuti dalam pendaftaran ke universitas di Singapura? Berikut ini alur yang harus diikuti.

Memilih program studi

Langkah awal adalah memilih program studi, mulai dari jurusan dan universitasnya. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti antusias diri dan bakat yang dimiliki. Pilihlah jurusan yang akan kamu pelajari di masa depan dalam jangka waktu yang lama. Kemudian pilih universitas yang menyediakan beasiswa untuk meringankan biaya kuliah. Cari informasi lengkap tentang lokasi dan ketersediaan asrama.

Melengkapi persyaratan

Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Masing-masing universitas biasanya memberikan syarat berbeda-beda. Kamu juga harus menyertakan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat seperti TOEFL atau IELTS sesuai yang dipersyaratkan. Kumpulkan juga persyaratan untuk pembuatan visa pelajar ke Singapura agar setelah diterima kamu bisa langsung membuatnya.

Mendaftar

Pada proses pendaftaran ini kamu tidak harus memberikan dokumen langsung ke universitas. Cukup kirim melalui email atau melalui form yang biasanya tersedia di website universitas tersebut. Pastikan mengirim sebelum deadline terlewati dan sekali lagi cek semua kelengkapan dokumen.

Menerima surat penerimaan

Setelah mendaftar kamu akan menunggu sekitar 2 atau 3 minggu hingga pengumuman penerimaan. Pihak universitas akan mengirimkan surat melalui pos dan juga email bahwa kamu diterima. Surat ini nantinya akan digunakan sebagai dokumen pembuatan visa. Jika tidak mendapatkan surat, maka kamu bisa mencobanya lagi tahun depan.

Membuat visa

Ketika surat penerimaan telah tiba kamu bisa langsung mengurus pembuatan visa. Biasanya cukup memakan waktu pada proses ini sekitar satu bulan lebih. Maka akan lebih baik jika sudah mempersiapkan sebelumnya. Urus visa langsung ke kedutaan Singapura di Indonesia. Setelah selesai kamu bisa membeli tiket untuk pergi ke Singapura.

Alur pendaftaran ini harus dipersiapkan sejak satu tahun atau dua tahun sebelumnya. Biasanya dimulai dengan memperdalam ilmu tentang bahasa Inggris serta jurusan yang hendak diambil. Persiapan yang matang akan memperlancar jalanmu untuk bisa langsung diterima.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Kuliah di Singapura
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Kuliah di Singapura
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^