Makalah Contoh Penerapan AI di Bisnis Online dan Digital Marketing

  • Whatsapp

Makalah Contoh Penerapan AI di Bisnis Online dan Digital Marketing – Sebagai hasil pengembangan dari teknologi AI, chatbot kini juga digunakan untuk melakukan kampanye marketing digital sebuah perusahaan. PENgguNAAN konten yang semakin berkembang dan meningkat menempatkan konten marketing pada urutan atas dalam tren digital marketing di tanah air selama semester satu tahun 2019. Apalagi, konten berupa video seperti yang ada pada kanal YouTube dan Instagram Stories marak digunakan oleh in?uencer untuk menyampaikan informasi, edukasi, atau media pemasaran iklan secara visual dan audio. Sebagai pemasar atau pemilik merek, tentunya banyak yang sudah mengetahui tren itu dan mulai memikirkan untuk menyatukan konten dan in?uencer dengan teknologi serta menentukan platform digital apa yang efektif digunakan untuk melakukan kampanye marketing digital. Untuk saat ini, sudah banyak ditemui platform digital untuk kebutuhan kampanye marketing digital.

Baca Juga  Urutan Hp/smartphone Cpu tercepat Processor GPU Terbaik

Platform tersebut mulai dari yang bersifat organik, berbayar, hingga automasi (bot). Lebih lanjut, untuk mencapai target tertentu, seperti penjualan misalnya, pemasar juga harus siap menjawab kebutuhan sekaligus mengarahkan calon pembeli (prospek) kepada produk atau layanan yang ditawarkan. Salah satu teknologi yang sedang tren adalah penggunaan AI (Artifcial Intelligence) untuk kegiatan digital marketing. Nah, terkait dengan AI, chatbot merupakan wujud yang paling umum digunakan sebagai implementasi. Chatbot sendiri berperan layaknya customer service di perusahaan yang melayani calon konsumen atau klien. Dengan chatbot, customer service bisa sedia setiap waktu dan menjawab serta memproses permintaan tertentu saja. Terkait chatbot, mengombinasikan konten (video) dan chatbot di dalam iklan digital dapat meningkatkan engagement dengan adanya video yang atraktif dan aktivitas chat secara langsung antara konsumen dan merek.

Baca Juga  Bingung Transfer Data dari iPhone ke Laptop Windows ? Gunakan Software ini

Konsumen dapat mengetik pertanyaan yang kemudian “dipahami” dan dijawab oleh bot secara dinamis yang mencakup pemasaran, customer service, dan personalized assistance. Pada sisi lain, menerapkan influencer marketing juga diketahui dapat membantu merek dalam menjangkau lebih banyak audiens dan membantu bisnis kecil menjadi lebih besar dengan memberikan mereka lebih banyak publikasi. Selain itu, tentunya juga dapat memberikan ROI yang lebih baik daripada metode pemasaran lainnya. Lantas, bagaimana cara menghitung ROI dari influencer marketing? Beberapa faktor yang perlu kita perhatikan saat menghitung ROI in?uencer marketing yaitu Brand Awareness, Better Brand Perception, meningkatkan Trafc dan Engagement, serta konten feed yang beraneka ragam. Karena dibutuhkan inventori yang besar untuk menunjang pemasaran produk, maka diperlukan teknologi digital marketing yang dapat mengautomasi proses digital media buying agar nantinya dapat tercapai tujuan bisnis seperti peningkatan penjualan atau akuisisi konsumen baru. Untuk saat ini, salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan solusi terkait adalah EMC Group, dengan produknya bernama Phi SSP yang merupakan independen SSP (Supply Side Platform)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.