Spesifikasi Harga Fitur All New Avanza Veloz Matic

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Spesifikasi Harga Fitur All New Avanza Veloz Matic

Grand New Avanza diluncurkan bersamaan dengan Grand New Veloz pada 2015 lalu. LMPV ­ yang telah menjadi tulang punggung penjualan Toyota semenjak 2004 silam ini mendapatkan perubahan signifikan, misalkan penggunaan mesin baru dengan teknologi terkini, serta perubahan pada desainnya. Meskipun mengadopsi platform yang sama, Toyota memasarkan LMPV terbarunya menjadi Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Grand New Veloz diposisikan lebih tinggi, dengan tampilan yang lebih agresif berkat desain Toyota “Keen Look” seperti pada milik Vios serta Yaris. Keduanya mendapatkan mesin baru berteknologi dual VVT­i dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5­speed, maupun transmisi otomatis 4­speed. Inilah Mobil Mewah Para Koruptor

  • Desain

memiliki perubahan desain eksterior yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Kini, bonnet yang digunakan lebih lebar, bentuk lampu lebih sipit mengikuti lekukan bonnet, dan air dam yang sangat besar, hingga mendominasi bentuk bumper. Toyota tidak lupa menyertakan unsur chrome pada bagian grille, serta foglamp. Daftar Mobil Eropa Terbaru dengan Teknologi Hybrid Canggih

Untuk meningkatkan unsur keselamatan, spion dilengkapi dengan lampu sein saat berbelok. Bagian buritan mendapatkan sentuhan pembaharuan pada bagian stoplamp, kini terdapat mika merah pada bagian pintu bagasi yang membuatnya terlihat berukuran besar. Grand New Veloz memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jarak sumbunya sebesar 2.655 mm, dengan jarak pijak roda depan 1.425 mm dan jarak pijak roda belakang 1.435 mm. Sedangkan ground clearancenya berada di angka 200 mm, lebih dari cukup melewati beragam tipikal jalanan di Indonesia. Dengan radius putar sebesar 4,7 m, Grand New Veloz dapat bergerak gesit mengarungi lalu lintas, dan membuat nya mudah untuk berputar di jalanan. Penggunaan Electronic Power Steering membuat berkendara semakin mudah, dan sistem power steering tidak membebani putaran mesin.

  • Interior

Ruang kabin milik Grand New Veloz terbilang cukup lapang dan memadai untuk menunjang kenyamanan penggunanya. Interior bernuansa Dark Grey didominasi oleh bahan plastik, kualitasnya cukup memuaskan untuk di kelasnya. Dapat terlihat aksen silver menghiasi beberapa panel, penempatannya terbilang cukup memuaskan dan memanjakan mata. Penggunaan sistem pendingin double blower dapat mendinginkan kabin lebih cepat hingga baris ketiga. Lingkar kemudi berlapis kulit cukup nyaman digenggam, begitu pula dengan jok terasa nyaman berkat penggunaan busa tebal. Instrumental panel terlihat modern dan menarik, MID menunjukkan beragam informasi, seperti konsumsi bahan bakar ratarata. Aplikasi Mewarnai Gambar di Android untuk Anak

Baca Juga  Tips Memilih Printer untuk Kantor dan Industri

Toyota menyematkan tombol pengaturan sistem hiburan pada lingkar kemudi, sehingga mempermudah Anda saat memilih lagu kesayangan sembari berkendara. Tuas transmisi Grand New Veloz mengadopsi jenis gate, sehingga mempermudah untuk perpindahan gear secara manual. Hal ini akan mempermudah saat ingin menyusul kendaraan, maupun saat menghadapi tanjakan. Layaknya transmisi manual, namun tanpa keberadaan pedal kopling. Ruang kabin miliknya menawarkan tempat penyimpanan barang yang terletak di beragam tempat. Tempat penyimpanan multifungsi ini mempermudah pengemudi maupun penumpangnya untuk menyimpan barang pribadi, hingga botol minuman pada saku pintu. Duduk di baris kedua terbilang cukup nyaman dan cukup leluasa.Untuk mengakses ruang duduk baris ketiga, cukup dengan melipat bangku baris kedua melalui satu sentuhan. Bangku baris ketiga akan terasa lebih nyaman jika diisi oleh anak­anak.

  • Performa

Hal yang mewakili penggunaan kata “Grand” pada Grand New Veloz terletak pada pergantian mesin dari VVT­i menjadi dual VVT­i, pada unit yang kami coba mesin 1.5 liter dengan kode 3SZ­VE berubah menjadi 2NR­VE. Mesin ini menghasilkan tenaga 104 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4­percepatan. Di saat kompetitornya menggunakan penggerak depan untuk meningkatkan efisiensi, Toyota tetap mempertahanan konfigurasi penggerak belakang pada mobil terbarunya ini. Kazuhiko Yamashita, Chief Engineer Grand New Avanza & Grand New Veloz mengatakan,” Menurut kami, mayoritas konsumen di Indonesia tidak terlalu peduli terhadap penggerak roda di mobinya. Mereka lebih mementingkan unsur lainnya, seperti kenyamanan, keheningan kabin dan sebagainya.” Teknologi Dual VVT­i (Variable Valve Timing with intelligence) yang tersemat pada mesin baru ini mengatur suplai bahan bakar dan udara pada intake secara optimal oleh ECU, sistem ini memaksimalkan efisiensi melalui pengaturan katup intake dan exhaust pada sistem pembakaran.

 

Toyota mengklaim mesin baru 1.5 liter ini memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik 20%, dan suara bising mesin yang masuk ke dalam kabin berkurang hingga 14%. Mesin ini dapat menggerakkan mobil mencapai kecepatan 100 kpj dalam waktu 13,77 detik. Untuk mencapai kecepatan 120 kpj membutuhkan waktu 19,73 detik dengan jarak 416,37 m. Grand New Veloz sudah dilengkapi pengereman dengan sistem ABS, untuk berhenti sempurna dari kecepatan 80 kpj membutuhkan waktu 2,95 detik dengan jarak 28,4 meter, sedangkan untuk berhenti dari kecepatan 60 kpj membutuhkan waktu 2,01 detik dengan jarak 14,72 meter. Mesin berkapasitas 1.5 liter tersebut dapat menyeimbangkan kebutuhan untuk berkendara dengan lincah, serta kekuatan untuk mengangkut penumpang dan barang bawaan. Torsi puncak 136 Nm dapat diandalkan untuk melahap tanjakan di berbagai jalanan di Indonesia. Perpaduan mesin tersebut dengan transmisi 4­percepatan otomatis akan semakin optimal jika Anda memainkan tuas transmisinya. Saat akan menyusul pada kecepatan tinggi, tinggal pindahkan ke mode 3 maka mesin akan meraung menandakan gear berada di posisi tiga. Saat berhadapan dengan tanjakan curam dengan kecepatan rendah, maka pindahkan ke gear 2 atau L untuk merayap dengan perlahan tapi pasti. Konsumsi bahan bakar yang diberikan cukup memuaskan, hasil pengujian dalam kota mencatat angka 8,9 kpl, sedangkan konsumsi luar kotanya 17,15 kpl. Total jarak pengujian yang dilakukan sejauh 250 km.

  • Pengendaraan & Pengendalian

Grand New Veloz melakukan perubahan pengaturan pada suspensinya, hanya saja bantingan suspensi miliknya terbilang cukup keras jika dibandingkan dengan saudaranya, yaitu Great New Xenia 1.3 Deluxe AT yang kami uji pada edisi lalu. Salah satu alasan perbedaan pengaturan suspensi, karena kapasitas mesinnya berbeda. Grand New Veloz cukup menyenangkan dibawa bermanuver di sirkuit kecil, lingkar kemudi berbentuk proporsional di tangan membuatnya mudah untuk diajak bermanuver. Sesekali gejala understeer terasa saat bermanuver di tikungan, untungnya sistem pengeremannya sudah mengadopsi ABS, sehingga mempermudah untuk mengendalikan understeer tersebut. Berkat dimensinya yang kompak, Grand New Veloz dapat bermanuver di dalam perkotaan dengan mudah. Sistem EPS turut berkontribusi dalam kemudahan berkendara di dalam kota, dan sistem EPS tidak membebani putaran mesin seperti pada power steering hydraulic.

  • Membeli & Memiliki

Toyota menjual LMPV terbarunya menjadi dua tipe, yakni Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Grand New Avanza memiliki lima varian, sedangkan Grand New Veloz ditawarkan dengan empat varian. Keduanya mendapatkan pilihan mesin 1NR­VE (1.3 liter), dan 2NR­VE (1.5 liter), dan keduanya sudah mengadopsi teknologi dual VVT­i. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4­ percepatan, atau manual 5­percepatan. Pada varian Grand New Avanza, mesin 1.5 liter hanya dipasangkan dengan transmisi manual, jika Anda menginginkan mesin 1.5 liter dengan transmisi otomatis, maka pilihan satu­satunya adalah Grand New Veloz. Grand New Avanza memiliki delapan pilihan warna, dengan warna empat baru, yaitu Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, dan Grey Metallic. Sedangkan, Grand New Veloz tersedia dalam empat pilihan warna dengan satu warna baru yaitu Dark Red Mica. Harga yang ditawarkan dari Rp 184.200.000 hingga Rp 230.500.000 (On The Road Jakarta). Unit yang saya coba, yaitu Grand New Avanza 1.5 AT dibandrol seharga Rp 230.500.000 (On the Road Jakarta), kompetitor yang bermain di harga tersebut bertransmisi otomatis/CVT adalah Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT (Rp 204.100.000), Honda Mobilio RS CVT (Rp 234.500.000), Nissan Grand Livina 1.5 HWS CVT (Rp 243.600.000), dan Suzuki Ertiga Dreza GS AT (Rp 236.500.000). Grand New Veloz bukanlah LMPV dengan harga yang paling kompetitif diantara kompetitornya, namun upaya Toyota untuk memperbaiki perlu diapreasi. Meskipun, bisa saja Toyota menyempurnakannya dengan transmisi otomatis yang baru, daripada mengandalkan transmisi 4­percepatan yang terbilang sudah lama. Rivalnya sendiri sudah mulai mengadopsi transmisi berjenis lain, misalkan CVT. Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT menawarkan harga yang cukup kompetitif dengan mesin serta transmisi otomatis 6­percepatan yang modern. Pilihan menarik lainnya adalah Honda Mobilio RS CVT yang memiliki tampilan sporty, dengan mesin paling bertenaga serta transmisi sudah mengadopsi CVT. Hanya saja, nama besar Toyota membuat Grand New Veloz memiliki daya tarik tersendiri, meskipun masih memiliki kelemahan. Salah satunya adalah layanan purna jual Toyota yang sudah menyebar di seluruh Indonesia tentu menjadi salah satu faktor calon konsumen, selain itu pertimbangan harga jual mobil masih menjadi salah satu faktor yang mendominasi.

KolaborasiToyota dengan Daihatsu untuk menciptakan mobil penumpang dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat diindonesia. Penggunaan mesin baru dengan teknologi lebih modern membuat Grand New Veloz lebih baik dibandingkan pendahulunya, sayangnya masih terdapat ruang improvisasi, seperti pada bagian transmisi maupun suspensi. Dari segi keselamatan, fitur Dualsrsairbag sudah disematkan sebagai standar pada sebuah varian, begitu pula fitur abspada sistem pengeremannya. Hal ini menunjukkan pentingnya fitur keselamatan pada mobil Toyota. strategi penamaan Grand New Veloz menjadi hal yang unik. Karena Grand New Veloz terlihat sedikit lebih agresif dibandingkan Grand Newavanza. Jikaanda menginginkan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan transmisi otomatis, maka Grand New Veloz 1.5aT menjadi satu­satunya pilihan.

 

Baca Juga  Mobil Penggerak Roda Depan vs Roda Belakang Kelebihan Kekurangan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.