Tips Memilih Roof Box Mobil yang Tepat

  • Whatsapp

K alau ruang bagasi tidak cukup untuk memuat barang bawaan kita, box dapat menjadi solusi roof ruang tambahan di mobil. Biasanya kebutuhan ini diperlukan saat liburan, atau menjelang Lebaran seperti dalam waktu dekat ini. Di pasaran juga sudah cukup banyak produk roof box dijual. Nah, sebelum memutuskan memasang roof box, ada baiknya simak terlebih dulu tips berikut ini

Pilih Roof Rack yang TePaT

Roof rack adalah tempat duduknya roof box. Roof rack mesti punya kekuatan yang mumpuni agar mampu menahan bobot roof box dan isinya. Ia juga mesti punya dudukan ke atap mobil yang kuat. Roof rack punya tiga komponen utama, ada kit (penjepit), foot pack dan cross bar. Kit adalah kontruksi penjepit. Tugasnya mengikat sistem roof rack dengan bodi mobil. “Karena tiap mobil bentuk atapnya berbeda, maka bentuk dan spesifikasi kit juga berbeda-beda,” buka Rona Yogintara, dari gerai Banteng Mas yang jadi distributor resmi produk outdoor Thule. Menurut Rona lagi, “Pastikan kit ini sesuai spek mobil. Belum tentu kit atau penjepit untuk mobil A, bisa dipasang ke mobil B,” jelasnya lagi. Ia tidak menyarankan tipe kit yang universal, lantaran berisiko bergerak akibat guncangan dan bobot berat selama perjalanan. Setelah kit, ada foot pack yang jadi perantara antara kit penjepit dan cross bar. Cross bar atau batang dudukan juga wajib kuat menahan beban roof box dan isinya. “Pastikan kekuatannya sesuai dengan spek bobot maksimum roof box,” jelas Rona lagi.

Roof Box

Pilihlah jenis roof box berbahan plastik ABS yang ringan, kuat dan antiair. Pastikan juga rumah kuncinya tidak ringkih dan menyusahkan. Kini, desain dan bentuk roof box bermacammacam, tinggal pilih sesuai selera. “Ada yang suka desain tebal, ada juga tipis dan panjang. Rata-rata roof box punya volume mulai dari 320 liter, dengan load capacity 50-75 kg,” jelas Rona. Roof box-nya sendiri, biasanya punya bobot kosong sekitar 10-15 kg. Sedangkan untuk dimensi, biasanya punya spek antara 133 x 86 x 37 cm, 139 x 90 x39 cm, hingga 215 x 91,5 x 44 cm. Khusus untuk Thule, harga roof box berkisar mulai dari Rp 4,5 jutaan hingga puluhan juta. Untuk jenis mobil low MPV seperti Mitsubishi Roof Box Jenis roof box bermacam, ada yang tipis panjang banyak disukai pemilik mobil-mobil SUV besar FOtO: DOK. OtOMOtIF Pastikan juga rumah kuncinya tidak ringkih dan menyusahkan Xpander, Nissan Grand Livina atau Toyota Avanza dan Rush, ada tipe Thule Ocean dan Touring. Jenis SUV besar seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, termasuk yang paling banyak menggunakan roof box, untuk merek Thule tipe Touring, harganya kisaran Rp 10 jutaan. Satu lagi yang perlu diperhatikan setelah pemasangan, “Selama perjalanan wajib ingat kalau sedang menggunakan roof box, ketinggian mobil kan bertambah, kalau masuk tol pilih gerbang tol yang sesuai atau lebih tinggi dari biasanya,” wanti Rona.

Baca Juga  Hp Oppo Terbaru yang Bisa Foto Bokeh , Oppo F7

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.