Tips Untuk Asuransi Mobil Terbakar

  • Whatsapp

Tips Untuk Asuransi Mobil Terbakar


Pernahkah terbayangkan mobil Anda terbakar? Hal ini memang mengerikan, tapi bukan tidak mungkin bisa saja terjadi pada mobil Anda Sebagai pemilik mobil, tentu tidak pernah membayangkan kalau mobil sendiri tiba-tiba terbakar. Tapi apa mau dikata, hal tersebut bisa saja datang di waktu yang tidak terduga. Kita tentu tidak inginketika meninggalkan mobil di tempat parkir, tiba-tiba terbakar akibat ketidaktahuan. Yang paling mengerikan apabila mobil sedang dikendarai dan tiba-tiba terbakar, kerugian materi hingga jiwa mengancam. Untuk itu perlulah memahami prosedur serta sistem penanggungan pada mobil yang terbakar. Julian Noor, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pun menjelaskan soal asuransi kendaraan terbakar. Menurutnya, mayoritas kendaraan bermotor di Indonesia umumnya dibeli melalui sistem kredit.

Baca Juga  Harga Karet Pelindung Bibir Velg Mobil

Pembelian kendaraan mobil menggunakan sistem kredit, sudah otomatis dapat fasilitas jaminan asuransi dari perusahaan pembiayaan. Julian menjelaskan ada dua jenis asuransi kendaraan yaitu sistem komprehensif dan total loss only (TLO) atau asuransi kehilangan total. “Untuk kasus kebakaran, jika memilih asuransi komprehensif artinya klaim asuransi yang ditanggung berdasarkan kerugian yang dialami. Artinya sedikit banyak bagian yang terbakar akan ditanggung sesuai aturan yang berlaku. Besar premi untuk asuransi komprehensif tentunya lebih besar daripada TLO,” ujar Julian.

Sementara itu, untuk sistem asuransi TLO, Julian menegaskan, klaim asuransi yang dilakukan dapat diterima bila kerugian yang dialami di atas 75% dari harga kendaraan. “Kejadian tersebut tentunya bukan dengan sengaja. Klaim bisa dilakukan apabila kebakaran terjadi tanpa sengaja. Kebakaran yang kerusakannya hingga 75%, itu bisa ditanggung, tinggal lapor ke perusahaan pembiayaan kalau yang kredit, nanti mereka yang mengurus,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.