Inilah Teknologi Mobil di Masa Depan

 News, Otomotif

Teknologi Mobil di Masa Depan

Seberapa antusias Anda terhadap mobil-mobil masa depan? Kalau Anda layangkan balik pertanyaan tersebut kepada kami, maka jawaban kami adalah dari kecil! Ingat film trilogi legendaris Back To The Future? Merekalah pencetus ide mobil masa depan pertama di dunia. Karena pada saat itu, mobil masa depan yang sering dijadikan bahan pembicaraan orang tidak mempunyai wujud yang pasti. Sampai akhirnya film tersebut lahir, maka hadirlah sebuah wujud nyata mobil yang bisa terbang di layar kaca, DeLorean.

artikel-teknologi-mobil-di-masa-depan-1



Kami yakin Anda semua sudah tahu apa yang bisa dilakukan mobil DeLorean pada film Back To The Future, dan itu mengacu kepada salah satu sains yang terkubur bersama pencetusnya, tak lain adalah Albert Einstein. Kami bukan ingin membahas lebih dalam tentang kemampuan DeLorean yang bisa menembus ruang dan waktu. Tetapi hal menarik yang harus dilihat adalah perkembangan fiksi yang terjadi di masa sekarang dan menjadi nyata. Contoh nyatanya adalah sepatu Marty McFly yang bisa mengikat sendiri pada film Back To The Future.

 

Coba bayangkan, fiksi pada masa film tersebut booming sungguh sangat tidak masuk akal bukan? Tetapi siapa yang menyangka sepatu tersebut kini menjadi kenyataan. Nike merilisnya pada bulan Oktober lalu dan dijual worldwide untuk para sneakers head. Lalu apa dampaknya terhadap dunia otomotif sekarang ini? Berkat ide-ide dari fiksi itulah tercipta pondasi yang membuat kita dapat melihat bahwa teknologi merupakan hal yang paling mempengaruhi perkembangan dunia otomotif sampai sekarang. Beberapa pabrikan mobil sudah sangat sering mendeklarasikan bahwa akan seperti apa bentuk dan teknologi yang akan diadopsi oleh mobil dan motor pada tahun 2050 mendatang. Tetapi yang harus digarisbawahi adalah, dimana teknologi masa depan harus memenuhi ekspektasi manusia dalam kemudahan.

 

Karena mobilitas manusia yang begitu besar menyebabkan beberapa dari kita harus menghadapi kenyataan bahwa setiap tahunnya 1,2 juta orang terbunuh karena aktivitas lalu lintas yang sangat padat. Jadi yang menjadi PR oleh pabrikan otomotif adalah bagaimana membuat kendaraan menjadi lebih aman, ramah lingkungan dan tetap enjoyable to use. Jadi teknologi apa saja yang kira-kira nanti akan terjadi pada mobil masa depan?

 

Teknologi kendaraan apa yang Anda dan kami butuhkan pada masa depan nanti?

  • Self Driving

Percaya atau tidak, beberapa perusahaan sudah mengerjakan bahkan membuat konsep untuk teknologi ini. Beberapa diantaranya sudah mencobanya di lapangan. Bahkan mobil dari Google sudah ada yang bisa jalan tanpa harus memegang steering wheel (meskipun waktu itu pernah kecelakaan sih, tetapi ya tidak masalah, it happens anyway). Meski memang jauh dari kata sempurna, terwujudnya ide fiksi tersebut akhirnya jadi kenyataan bukan? Lalu ada yang namanya teknologi Traffic Jam Assistant dari BMW. Dimana fitur canggih yang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan lalu lintas. Bayangkan ketika Anda super ngantuk di jalan tol. This thing will make you lay down and do a lil bit power nap. How great is that?

Baca Juga  Inilah Merk Harga PC All in One Terbaik

 

  • Digital Frontier

Sulit untuk tidak mengakui bahwa Google, Apple, Microsoft dan Facebook akan mendominasi perusahaan mobil pada masa mendatang. Karena sudah banyak perusahaan yang bekerja sama untuk membuat inovasi yang baru bagi para konsumen untuk memenuhi kenyamanan berkendara. Kaca depan Anda akan menjadi sebuah kokpit yang mempunyai layar sentuh dan teknologi untuk men-setting kendaraan Anda. Trust us it will happen. Robot Siri yang dimiliki Apple akan menuntun setiap tujuan yang Anda ingin lalui. Tidak hanya itu, berkat keempat raksasa perusahaan digital teratas tersebut, Anda bisa tetap video call (sambil meeting mungkin), melakukan transaksi, dan masih banyak lagi.

 

  • Fly?

Kami belum mau berharap banyak untuk inovasi ini sebenarnya. Tetapi, one day it might happen. Karena populasi yang semakin bertambah akan membuat jalan semakin padat. Dan opsi yang paling sempurna adalah membuat langit menjadi lalu lintas baru bagi mobil, seperti di film Back To The Future. Meskipun sampai sekarang belum ada bukti mobil yang sudah bisa terbang, tetapi kami yakin teknologi ini wajib dimiliki oleh setiap mobil masa depan.

artikel-teknologi-mobil-di-masa-depan-2

 

 

Lantas brand mobil mana saja yang sudah sedikit membocorkan keunggulan mobil masa depan mereka masing-masing untuk disempurnakan pada tahun 2050 mendatang?

 

  • Infiniti Synaptiq

Sekilas memang bentuknya hampir setara dengan mobil F1 dengan tambahan lampulampu LED di sekujur tubuh mobil. Dan saat mempresentasikan tentang mobil ini, Nissan membuat semua tamu amazed berkat desain, frame, sasis, kabin dan semua parts yang terkandung di dalamnya. Nissan menyebutkan bahwa mobil ini adalah kombinasi antara mesin dan manusia. Teknologi dalam mobil ini dinamai Symbiotic User Interface Technology (SUIT). SUIT mempunyai sistem biometric sensors dan synthetic muscles. Kami bahkan nggak tahu apa itu.

Baca Juga  Mobil Citroen Terbaru, C1 Furio

artikel-teknologi-mobil-di-masa-depan-3

Tetapi Nissan mengatakan kepada kami bahwa, ketika Anda ingin mengendarai Synaptiq, Anda akan memakai baju khusus yang akan menghubungkan Anda dengan mobil. Yang lebih kerennya lagi, tidak ada sama sekali tombol di dalam mobil ini. Lantas bagaimana cara mengendarainya? Once you syncronize with the car, the only way to control, is using your imagination. Kaca depan mobil Anda akan men-display semua yang ada di pikiran Anda dan memberikan gambaran visual yang Anda mau. Mobil ini juga mempunyai tiga mode berkendara yang bisa Anda ubah sesuai dengan keadaan. • Mode ARC Race: Dapat menjadikan mobil seperti Formula 1 dan berjalan layaknya sebuah mobil balap. • Desert run across rocky and bumped roads: Bentuknya mungkin seperti mobil F1, tetapi bannya bisa menyesuaikan medan yang Anda lalui. Jika jalannya rusak dan banyak bebatuan, mode ini adalah pilihan terbaik. • Radical gymkhana style jet race through virtual pylons: Entah apa maksud istilah tersebut, tetapi mobil ini dapat melaju setara dengan kecepatan pesawat Jet.

 

  • BMW The Next 100 Years

The Car Ternyata tidak terasa bahwa produsen mobil asal Jerman ini sudah berumur 100 tahun. Untuk merayakannya, maka mereka membuat konsep mobil dan motor masa depan. Desainnya kurang lebih hampir sama dengan mobil hybrid keluaran terakhir mereka yakni BMW i8. Namun yang membedakan adalah mobil ini lebih ramping dan desainnya sungguh keren. Perlu Anda tahu, body mobil ini dibuat dari bahan menarik, yaitu campuran dari karbon dan plastik sampai menutupi bagian ban. Jadi ketika membawa mobil ini, Anda nggak akan bisa melihat ke arah mana ban ini belok. Ternyata, body yang menutup tersebut akan berkoordinasi untuk mendapatkan grip yang sempurna. Ada dua variasi mobil untuk Vision Next 100, Boost (manual) dan Ease (auto pilot). Aneh ya? Terus apa gunanya orang pilih yang manual kalau yang versi auto pilot bisa mengantar Anda kemanapun dan ditinggal tidur? Ah sudahlah, anggap saja bahwa maksud dari BMW itu baik. Meski BMW masih merahasiakan mesin yang akan dipakai Vision Next 100, BMW berencana untuk menjualnya dengan harga yang fantastis. Tetapi sayangnya mobil ini hanya didistribusikan ke tiga negara saja yaitu US, Cina, dan Inggris.

Baca Juga  Hp Samsung Murah dengan Harga dibawah 1 Juta

 

  • The Bike

Agak riskan sebenarnya jika berbicara mengenai motor masa depan. Karena jika dibuat perbandingan dengan mobil, tentu motor akan mempunyai perbedaan teknologi yang kalah saing. Baru saja bulan kemarin BMW me-launching versi motor futuristiknya yang diberi nama BMW Motorrad Vision Next 100. Dan ternyata motor tersebut memang memenuhi ekspektasi kami terhadap motor futuristik. Kini para pengendara akan sangat dimanjakan dengan kecanggihan yang diberikan. Mereka tidak membutuhkan protective gear, helm, dan pengalaman berkendara. Jadi apabila nanti Anda punya anak atau cucu, nggak usah khawatir harus belajar naik motor, karena motor ini sangat pintar dan bisa beradaptasi dengan jalan. Ditambah lagi, motor ini bisa menganalisa untuk menghindari kecelakaan. Pengendara juga akan diberikan baju yang match dengan motor tersebut. Sebenarnya baju tersebut lebih berbicara kepada fashion statement meski memang mempunyai fitur yang lightweight dan breathable, ditambah beberapa spot yang diberikan teknologi extra support untuk mereduksi kelelahan pengendara.

artikel-teknologi-mobil-di-masa-depan-5

  • IED Syrma

IED mempunyai teknologi yang sangat merakyat. Dalam arti, ketika berkendara di kota, mobil ini sepenuhnya tidak akan mengeluarkan suara, alias diam. Mesin yang dipakai menggunakan tenaga electric yang efektif untuk mengurangi polusi udara. Terus bagaimana kita mengetahui bahwa di belakang terdapat sebuah Ied Syrma yang berjalan? Kedatangan mobil ini dapat dirasakan melalui proyeksi laser yang ada pada bagian depan mobil dan informasi dari display di jalan. Wow, keren banget. Jarang sekali ada pemikiran seperti ini. Seperti layaknya ada presiden yang mau lewat, diinfokan di layar proyeksi yang ada di jalanan. Cukup spesial menurut kami.

 

  • Mercedes Vision AMG GT

Mungkin ini merupakan salah satu yang less tech dari semua kendaraan yang kami jabarkan. Tetapi bentuknya adalah yang paling keren dari semuanya menurut kami. Why? Simple kok. Memang benar bodinya seperti mobil futuristik, tetapi coba lihat, meski seperti mobil masa depan, tetapi unsur gaya vintage tetap melekat pada DNA. Ibarat katanya adalah ini mobil memang futuristik tapi masih terlihat sisi mobil lamanya. Seperti yang sering kami bilang beberapa kali, vintage tak pernah mati dan abadi. Jadi kalau ingin adu keren, kami seratus persen akan voting mobil ini sebagai mobil yang mempunyai desain terbaik.

artikel-teknologi-mobil-di-masa-depan-4

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.