Software Gratis di Windows untuk Edit Foto dan Gambar

  • Whatsapp

Software Gratis di Windows untuk Edit Foto dan Gambar

Pasalnya, Microsoft menyatakan via blognya bahwa alih-alih dihapus sama sekali dari Windows 10, Paint kini akan tersedia di Windows Store. Pengguna setia dan pengguna lain yang berminat terhadap aplikasi ini akan bisa mengunduh dan memakai aplikasi ini secara gratis. “MS Paint akan tetap ada. Aplikasi ini hanya akan berpindah tempat baru secepatnya, yakni di Windows Store. Di Windows Store, aplikasi ini akan tersedia secara gratis,” ujar Megan Saunders (General Manager Windows Experiences Group) di blog Microsoft.

Baca Juga : Bagaimana Kualitas Internet Indosat, Indosat Ooredoo Kembangkan Jaringan

 

Banyak Pengguna Setia

Saunders menyatakan bahwa Microsoft mendengarkan permohonan para pengguna setia MS Paint yang tidak ingin aplikasi lawas ini dihapus sama sekali dari Windows 10. “Kami mendapatkan banyak tanggapan, dukungan, dan kisah nostalgia seputar penggunaan MS Paint,” tulis Saunders. “Hikmah yang kami dapatkan adalah, setelah 32 tahun dirilis, MS Paint memiliki cukup banyak pengguna setia. Sangat menakjubkan melihat begitu banyaknya rasa cinta terhadap aplikasi lawas kami ini,” tambahnya. Sebelumnya, Microsoft memutuskan bahwa MS Paint merupakan aplikasi yang tidak lagi tersedia (deprecated) dalam Windows 10 Fall Creators Update mendatang. Keputusan ini mengindikasikan bahwa Microsoft secara resmi menghentikan pengembangan aplikasi ini, dan berencana menghapusnya dari Wndows 10. Namun demikian, Microsoft dikabarkan masih memberikan kesempatan kepada pengguna MS Paint di Windows 10 untuk mengakses aplikasi tersebut sesuai keinginannya.

Baca Juga  Harga Terbaru Xiaomi Redmi 2 Tahun 2016

Paint3D Tetap Ada

Saunders sendiri sayangnya belum mengungkap kapan MS Paint akan beralih menjadi aplikasi di Windows Store. Ia juga tidak menyebutkan apakah MS Paint masih akan dikembangkan oleh Microsoft atau hanya akan menjadi aplikasi lawas yang tersedia sebagaimana adanya. Namun, Saunders menyatakan bahwa Paint3D (aplikasi 3D content creation) masih tetap ada dan tetap akan menerima pembaruan nantinya. MS Paint sendiri dirilis bersamaan dengan munculnya Windows 1.0 di tahun 1985, sebagai sebuah aplikasi versi lisensi dari PC Paintbrush. Aplikasi ini awalnya hanya mendukung format bitmap (BMP) dan PCX sampai tahun 1998. Para pengamat menyatakan bahwa rendahnya kemampuan dan sedikitnya fi tur merupakan faktor yang membuat MS Paint tidak pernah menjadi aplikasi mumpuni bagi para pengguna profesional. Microsoft selama ini telah memperbarui MS Paint via berbagai versi, dengan menambahkan dukungan terhadap format JPEG, TIFF, dan aneka format populer lainnya. Menurut para pengamat, meskipun telah banyak aplikasi pengolah gambar yang muncul, MS Paint tetap dipakai para pengguna setia Windows. Para pengamat mengungkap bahwa aplikasi ini cocok untuk keperluan sederhana seperti meng-copy and paste gambar, melakukan pemotongan (cropping) gambar atau foto, serta melakukan perubahan ukuran gambar. Sejauh ini, versi terbaru Paint for Windows 7 dan versi di atasnya telah banyak memiliki perbaikan dibandingkan versi awalnya. Namun demikian, aplikasi ini tetap dianggap tidak memiliki kemampuan dan keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi penyunting gambar lain

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.