Bagaimana Metode Pengamanan Mobil Otonom agar Tidak Mudah di Hack

  • Whatsapp

Bagaimana Metode Pengamanan Mobil Otonom agar Tidak Mudah di Hack – Ada proses panjang di balik upaya menghadirkan mobil swakemudi dengan tingkat kecerdasan, keamanan, dan efisiensi yang tinggi. Kehadiran komputasi awan dapat membantu mengakselerasi di beberapa sisi.MOBIL autonomous, atau swakemudi, dapat membuat berkendaraan lebih aman, lebih cerdas, dan lebih efisien. Membekal koneksi internet, mobil swakemudi dapat berkomunikasi satu sama lain maupun dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu fitur mobil ini adalah menjaga jarak dan mensinkronisasi sistem rem untuk menghindari kecelakaan. Fitur-fitur seperti lane assist (membantu pengendara tetap berada di jalurnya), collision avoidance (menghindari kecelakaan), dan automatic call (panggilan otomatis ke pusat bantuan darurat) dapat menciptakan pengalaman berkendara dengan lebih aman. Bahkan beberapa brand otomotif telah membuat automasi yang selangkah lebih maju, yaitu kemampuan kendaraan berkomunikasi dengan infrastruktur terdekat dan bahkan dengan pejalan kaki. Hal ini menambahkan satu dimensi baru terhadap cara automasi memberi manfaat pada masyarakat. Infrastruktur teknologi yang tepat adalah faktor menentukan dalam mengembangkan dan mendeploy-nya dalam skala yang memadai. Produksi kendaraan jenis swakemudi membutuhkan sumber daya komputasi berkinerja tinggi (high-performance computing), keamanan maya, dan kemampuan mengelola data dalam jumlah besar. Inilah mengapa banyak organisasi memanfaatkan kelebihankelebihan yang ditawarkan oleh infrastruktur cloud, di antaranya reliabilitas, skalabilitas, dan aman. Bagaimana cloud computing dimanfaatkan di area pengembangan kendaraan swakemudi?

Baca Juga  Sensor Mata dan Cara Kerjanya | Teknologi Pembuluh Darah

Training & Testing

Mobil swakemudi ditujukan menjadi kendaraan yang bekerja dengan keamanan lebih baik daripada jika dioperasikan oleh manusia. Namun untuk mewujudkan itu dibutuhkan proses testing dan modelling yang ekstensif. Kemampuan mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data sangatlah kritis, demikian pula halnya dengan teknik-teknik machine learning yang bersifat advanced. Toyota Research Institute (TRI) percaya bahwa untuk melatih mobil swakemudi secara akurat dibutuhkan uji di jalan sepanjang triliunan kilometer. Untuk itu, TRI memiliki armada kendaraan dengan sensor Light Direction and Ranging (Lidar) untuk merekam data, mengumpulkan data dalam volume terabyte setiap hari, dan melakukan proses pemanggilan (retrieval) serta analisis data. TRI menggunakan AWS untuk mengelola data tersebut, dan mengakses daya pemrosesan untuk melatih model machine learning secara cepat. Dengan infrastruktur cloud, TRI dapat mengalokasikan sumber daya komputasi dan penyimpanan saat ada kebutuhan dan memadukannya dengan layanan pengelolaan dan orkestrasi. Kini, TRI dapat melatih modelmodel kendaraan, meningkatkan akurasi, dan memperkenalkan fitur-fitur baru dengan lebih cepat. Dengan cara ini, lebih banyak pebisnis otomotif dapat mengakselerasi pengembangan mobil yang lebih aman.

Komputasi Edge

Dengan memungkinkan mobil swakemudi mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data, jalan raya akan menjadi tempat yang lebih aman. Kendaraankendaraan ini membutuhkan dukungan infrastruktur yang andal dengan latensi rendah dan ketersediaan tinggi. Mobil swakemudi juga harus melakukan analisis terhadap informasi secara real time, termasuk di dalamnya adalah data tentang kondisi di jalan, cuaca, dan perilaku kendaraan lainnya. Penerapan AI memungkinkan kendaraan bereaksi dengan cepat dan aman terhadap kondisi di jalan raya. Edge computing memungkinkan teknologi in-car ini melakukan data crunching pada sistem di mobil itu sendiri. Ketika satu detik keterlambatan saja dapat menyelamatkan atau justru membahayakan, maka kendaraan swakemudi tidak dapat menunggu pemrosesan data di cloud. Oleh karena itu, organisasi harus mencari penyedia layanan cloud yang juga menyediakan solusi edge terintegrasi. Solusi ini memungkinkan analisis data yang bersifat mission-critical di sumbernya langsung dan membantu mengurangi biaya transmisi data tambahan ke cloud.

Baca Juga  Hp Murah dibawah 500rb Bisa Bbm

Keamanan Cloud

Keamanan siber adalah faktor penting dalam pengembangan mobil swakemudi. Tiap kendaraan itu adalah endpoint yang harus diamankan. Perlindungan dari hacker dan malware harus menjadi prioritas utama untuk memastikan mereka tidak dapat mengakses dan mengambil alih kontrol atau data yang berada di kendaraan. Ketika para produsen mobil swakemudi bergantung pada cloud untuk mendukung dan mengoperasikan connected car, adalah tugas penyedia cloud untuk menjamin update dan upgrade keamanan siber dilakukan secara berkala. Penyedia layanan cloud yang baik juga seharusnya memiliki layanan automated security yang menerapkan machine learning untuk secara proaktif mengelola tugas, termasuk security assessment, deteksi ancaman, dan pengelolaan kebijakan. Dengan keamanan yang tercakup dalam layanan (cloud), para pembuat mobil swakemudi akan merasa percaya diri bahwa mereka telah memiliki solusi yang siap untuk mendeteksi kerentanan dan ancaman baru sehingga dapat mengurangi bahaya terhadap pengemudi dan menurunkan risiko terjadinya data breach. Mobil swakemudi adalah masa depan.

Baca Juga  Laptop TouchScreen, Bisa Jadi Tablet, 4 Jutaan, HP pavilion X2 10-J019TU

Namun untuk mendorong adopsinya, para produsen harus memastikan bahwa mobilmobil tersebut aman dan didukung oleh infrastruktur yang kokoh. Memilih vendor cloud yang tepat adalah faktor penting karena akan memungkinkan organisasi fokus pada sumber dayanya dalam mengembangkan pengalaman berkendara yang berbeda, dan bukan sibuk mengelola infrastruktur TI. AWS sendiri memiliki layanan lengkap untuk mendukung pengembangan maupun deployment kendaraan swakemudi, dari sisi pengembangan sistemnya, ketersediaan kapasitas komputasi dan penyimpanan untuk mendukung deep learning framework, serta solusi edge computing dengan kemampuan machine learning untuk pemrosesan real-time. Paduan dari kemampuan dan layanan ini dapat membantu mengakselerasi proses uji dan pengembangan layanan. Dan di saat yang sama, platform yang agile ini akan membantu bisnis mempercepat inovasi, meningkatkan security posture, dan mengurangi struktur biaya TI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.