Rekomendasi Filter Kamera DSLR yang Bagus dan Terbaik

  • Whatsapp

Filter Kamera DSLR yang Bagus dan Terbaik

Bagi fotografer lanskap, sebuah filter ND gradual sangat diperlukan. Karena filter ini mampu menunjukkan perbedaan ekstrim kecerahan langit dan bumi dalam satu foto secara profesional. Sesuai namanya, filter ini terdiri dari filter ND, yang pada satu sisinya sepenuhnya transparan. Biasanya, filter ini digunakan untuk fotografi lanskap, khususnya pada kondisi langit yang lebih terang dari lanskap di bawahnya. Tanpa filter ND gradual, fotografer harus memilih obyek mana yang lebih diutamakan: langit dengan struktur awan, namun dengan latar yang gelap; atau lanskap berwarna redup, namun langit yang cerah. Filter ND gradual tersedia dalam desain persegi dan lingkaran. Namun, desain lingkaran sangat tidak praktis untuk digunakan, hususnya pada kasus dimana garis horizontal tidak berada di tengah. Harga 8 Lensa Makro Terbaik Kamera DSLR Nikon Canon

Read More

  • Kekuatan yang tepat Seperti filter ND, filter ini juga tersedia dalam beberapa kekuatan yang berbeda. Semakin gelap warna filter, maka akan semakin banyak cahaya yang diterima. Tentu saja arahnya juga memiliki perbedaan: dengan garis cakrawala yang terlihat jelas, dibutuhkan tumbukan keras dengan kekuatan tinggi, dengan lainnya yang lembut, maka menara atau pepohonan, yang menonjol ke langit, akan menjadi terlalu gelap untuk dipetakan
  • Atur posisi filter Pertama-tama, Anda harus mengatur kamera pada tripod dan menyusun gambar yang ingin diambil. Lalu, geser filter ND gradual berbentuk persegi begitu jauh ke braket hingga menampilkan langit yang gelap. Mode Live View berguna untuk melakukan hal ini. Apakah Anda punya filter ND gradual berbentuk lingkaran? Maka Anda harus memposisikan gars cakrawala di bagian tengah.
  • Putar filter. Jika garis cakrawala jatuh di satu sisi, putar posisi filter sehingga bagian yang gelap hanya menutupi langit. Jika Anda juga memasang filter C-PL, Anda harus menempatkan filter ND gradual secara tepat terlebih dulu bar filter C-PL. Jika tidak, Anda bisa secara tidak sengaja memutar filter C-PL dan bisa mendistorsi efek.
Baca Juga  Cari Laptop yang bisa jadi Tablet dan Touch Screen ? Ini yang Terbaik

Sedangkan untuk filter berwarna, sangatlah jarang untuk digunakan. Namun pada saat yang bersamaan, filter ini masih sangat dibutuhkan dalam fotografi hitam putih (BW). Foto-foto yang eksotik juga bisa membutuhkan filter infrared, yang hanya mengirimkan sesuai panjang gelombang, dan efek filter yang, misalnya, memunculkan cahaya bintang ke dalam foto. ?

 

Filter mana yang berguna?

Anda yang tertarik dengan fotografi lanskap, harus berinvestasi pada filter C-PL dan filter ND dengan kekuatan yang berbeda-beda. Karena hanya dengan filter yang tepat, gambar air terjun yang halus dapat tercipta. Filter C-PL mampu menghilangkan bayangan air dan kilauan pada batu yang basah, filter ND lalu “menelan“ cahaya yang biasanya terlalu terang dan memperpanjang shutter speed hingga gerakan air menjadi kabur. Dan keduanya tidak dapat dihasilkan pada proses digital imaging. ?

 

Apakah filter ND gradual penting?

Fotografer profesional memanfaatkan filter ND gradual untuk mengompensasi perbedaan kecerahan cahaya yang ekstrim ketika pemotretan lanskap. Biasanya, langit yang cerah sengaja “digelapkan“ dengan penggunaan filter ini. Hasilnya? struktur awan akan lebih terlihat dan cahaya matahari tenggelam akan lebih tampak. Filter ini banyak kegunaannya, namun tidak dapat sepenuhnya dapat diandalkan ketika memotret objek yang statis: karena permasalahan akibat perbedaan nilai kecerahan juga baik dikendalikan oleh dua pengambilan gambar berbeda: foto pertama diatur untuk langit, yang kedua diatur untuk permukaan tanah, dan keduanya kemudian di atas layer pada Photoshop. Metode ini menjanjikan hasil yang lebih baik bahkan dengan garis cakrawala yang tidak merata.

Baca Juga  3 Laptop Gaming dan Kerja 6 Jutaan Terbaik Bulan Ini

 

Filter ND bekerja layaknya sebuah kacamata hitam: kacatamata dengan sepasang lensa berwarna yang mampu membiarkan sebagian cahaya saja yang masuk, sehngga dapat meningkatkan shutter speed secara signifikan. Filter ND secara komersial juga dapat disebut sebagai “filter abu-abu“. Setiap lapisan kaca berwarna pada filter tersebut memiliki ketebalan yang berbeda, namun selalu berwarna abu-abu. Tidak ada kesamaan desain yang diterapkan pada ketebalan filter: lapisan kaca, misalnya, hanya dapat metransmisikan 12,6 persen cahaya, atau secara opsional dapat disebut sebagai 0,9 ND, 8 NDc atau “+3 aperture“

 

Bagaimana cara memotret air terjun dengan filter ND?

Sulit untuk merekomendasikan filter ND atau shutter speed ketika mengambil gambar air terjun, arena intensitas dari gerakan blur tergantung pada kondisi cahaya pada lokasi dan tingkat aliran pada air. Biasanya, bisa digunakan filter ND dengan ketebalan 0,9 NDx atau +3 aperture untuk hasil yang baik. Pengaturan yang pasti bisa ditentukan oleh bagaimana keadaan di lapangan: Letakkan kamera pada tripod dan cari komposisi gambar yang tepat. Gunakan ISO 100 dan bukaan medium, coba ambil foto tes dengan filter ND. Lihat efeknya pada layar. Dengan membuka atau menutup bukaan, Anda dapat mengubah shutter speed. Sudahkah menemukan eksposur yang tepat? Jika demikian, lepaskan filter secara cepat dan lihat ketajamannya, karena Anda akan kesulitan untuk menemukan titik fokus yang tepat dengan filter ND yang masih terpasang. Setelah semuanya terasa tepat, letakkan kembali filter ND dan mulailah mengambil gambar. Perhatian: tambahan filter C-PL dapat memperpanjang shutter speed. ?

Baca Juga  Samsung Galaxy V Plus, Pilihan Smartphone 1 juta dari Samsung

Apa filter ND punya manfaat lain? Terkadang, filter ND dapat digunakan untuk foto portrait. Siapapun yang ingin mengambil gambar seseorang dengan ketajaman gambar yang lebih rendah keimbang latar belakang, harus membuka aperture. Pada kondisi dengan cahaya yang terang, hal ini bisa membuat shutter speed menjadi sangat rendah, yang khususnya dengan kombinasi flash, bisa menjadi masalah; karenanya sinkronisasi flash tak perlu dijalankan. Filter ND mengurangi intesitas cahaya dan memingkinkan aperture terbuka. Filter ND juga bisa dimanfaatkan untuk memotret arsitektur dan travel: dengan filter ND yang kuat, Anda juga dapat menggunakan shutter speed yang panjang pada lokasi atau tempat yang mearik pada siang hari. Sehingga mobil atau orang yang bergerak dapat “dirusak“. AKan tetapi, hal ini tak selalu bekerja dengan baik karena sejumlah objek akan ditampakkan sebagai kabut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.