Harga Samsung Galaxy J6 dan Spesifikasi

  • Whatsapp

Harga Samsung Galaxy J6 2018 – Di masa di mana konten digital adalah raja, banyak orang menginginkan ponsel dengan layar besar, masa pakai baterai yang lebih lama, dan ukuran yang cukup ringkas untuk bisa dimasukkan ke dalam saku.

Jika Galaxy A6 (2018) masih terlalu mahal untuk dibeli, Samsung memiliki penawaran yang lebih terjangkau dengan menghadirkan Galaxy J6.

Model terbaru dalam seri Galaxy J ini memiliki tiga kriteria ponsel terkini seperti yang telah disebutkan tadi dengan harga yang lebih murah daripada harga Galaxy A6 (2018).

Galaxy J6 adalah perangkat terbaru Samsung dalam jajaran keluarga Galaxy J. Sebagai penerus Galaxy J7 Core yang edar tahun lalu, spesifikasi Galaxy J6 dirancang sebagai smartphone yang mengutamakan segi hiburan.

Samsung Galaxy J6 2018 adalah pilihan bagus bagi konsumen yang sadar anggaran yang selalu ingin tetap terhubung saat bepergian melalui aplikasi media sosial, mengambil gambar selfie atau wefie, dan menonton video online pada layar besar, kapan saja dan di mana saja.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan Galaxy J6 ini sehingga layak dijadikan perangkat utama penyuguh konten hiburan yang bisa diandalkan?

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J6 (2018)

HargaRp 2.580.000
RilisMei 2018
Platform
ChipsetExynos 7870 Octa
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
RAM3GB/4GB
Storage32GB/64GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 8.0 (Oreo)
Bodi
Dimensi149.3 x 70.2 x 8.2 mm (154 gram)
LayarSuper AMOLED 5.6 inci (1480 x 720 piksel)
BateraiLi-Ion 3000 mAh
WarnaBlack, Gold, Blue
Kamera
Depan8MP, f/1.9, LED flash
Belakang13MP (f/1.9, 28mm), autofocus, LED flash
Video1080p @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
RadioFM Radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
DaftarHarga Hp Samsung Terbaru
Baca Juga  6 Pilihan Game Android Offline Terbaik

Harga Samsung Galaxy J6 dan Spesifikasi-2

1. Fisik makin slim

Secara tampilan, Galaxy J6 2018 terkesan lebih ramping dibandingkan Galaxy J7 Core. Selain mengusung rancangan unibody polikarbonat, Galaxy J6 menjadi model pertama dari seri Galaxy J yang hadir dengan layar Infinity dan tombol virtual di layar.

Penggunaan layar Infinity berarti pengguna akan mendapatkan bezel tipis dengan layar makin lega. Dengan begitu pengalaman menonton pun menjadi lebih baik terutama ketika memutar video atau bermain game. Sementara resolusinya berada di level HD+ yang dirasa sudah cukup memadai untuk sebagian besar kebutuhan multimedia.

Tombol Home, Recent App dan Back yang kini dalam bentuk virtual di layar menjadikan Galaxy J6 sebagai ponsel trendi dan bergaya untuk pengguna muda. Kesing belakang dibuat tak mudah meninggalkan noda sidik jari yang merupakan nilai tambah sepele namun cukup menyenangkan.

Karena menggunakan plastik bukan logam, unit Galaxy J6 2018  terasa lebih ringan dibandingkan dengan kebanyakan ponsel dalam kisaran harga yang sama. Sebagian konsumen mungkin mengeluhkan bahan yang digunakan untuk bodi ponsel, tetapi Galaxy J6 tidak terkesan murahan sama sekali meskipun memiliki tubuh polikarbonat.

Galaxy J6 2018 terasa lebih kompak daripada ponsel kebanyakan, poin menguntungkan terutama bagi pengguna yang lebih memilih smartphone yang dapat dengan mudah masuk ke kantong celana. Pengguna akan melihat kontrol volume dan baki kartu SIM di sebelah kiri, tombol daya dan loudspeaker di sebelah kiri, port microUSB, mikrofon, dan jack headphone di bagian bawah, dan pemindai sidik jari di bagian belakang.

2. Layar HD+

Galaxy J6 menawarkan layar HD + (720 x 1480 pixels) Super AMOLED berukuran 5,6 inci, yang dikenal lebih terang, lebih cemerlang, dan hemat energi daripada layar IPS dengan resolusi yang sama.

Harga Samsung Galaxy J6 dan Spesifikasi-2

Dengan mengusung rasio aspek 18.5: 9 yang tinggi, layar ini memungkinkan pengguna menikmati foto, video, dan konten visual lainnya dengan lebih memuaskan. Untuk fitur yang satu ini pengguna tak akan banyak mengeluh sebab panel layar buatan Samsung ini memang dinobatkan sebagai layar dengan tampilan terbaik mengalahkan teknologi layar yang lain.

3. Prosesor Standar

Dengan prosesor yang lebih baru seperti Snapdragon 636 yang lazim di ponsel dengan kisaran harga yang sama, pemakaian Samsung Exynos 7870 terasa sebagai sebuah kemunduran.

Sementara 3GB RAM dan penyimpanan internal 32GB yang diterapkan sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari, namun bermain game dengan Galaxy J6 adalah cerita lain.

Pengguna memang masih dapat terus memainkan game seperti PUBG Mobile, tetapi mereka harus melakukan pengaturan grafis terlebih dahulu untuk menikmati gameplay yang stabil dan halus. Meski begitu satu hal yang cukup menyenangkan dari Samsung J6 2018 ini adalah menyediakan baki kartu MicroSD tersendiri selain baki kartu SIM ganda.

Ini tentu sangat penting bagi mereka yang menganggap penyimpanan internal 32GB masih terlalu kecil dan tak cukup untuk kebutuhan mereka.

Karena sangat mirip dengan Galaxy A6 (2018), pengguna pun akan mendapatkan fitur yang hampir sama untuk Galaxy J6 ini.

Salah satunya adalah fitur Dolby Atmos untuk suara sinematik saat menggunakan earphone, fitur face unlock, sensor sidik jari untuk akses lebih mudah ke panel notifikasi, dan juga platform Android Oreo. Platform Android dari smartphone cukup cepat dan juga bersih.

Beberapa aplikasi sudah terpasang secara pre install di ponsel termasuk Samsung Apps. Seperti Galaxy A6 (2018), loudspeaker yang dipasang di bagian samping terasa canggung, tetapi masuk akal ketika pengguna menggunakannya dalam mode lansekap.

Output audio cukup bagus asalkan tidak melampaui 70% dari volume maksimum. Sayang pemindai sidik jari tidak responsif sebagaimana yang dimiliki Galaxy A6 (2018). Selain itu ponsel ini pun tidak memiliki sensor giroskop dan magnetometer. Pun tidak memiliki dukungan untuk WiFi 5Ghz, yang sedikit mengecewakan jika pengguna ingin menikmati akses data yang lebih cepat.

4. Kamera 13 MP f/1.9

Mungkin memang cukup untuk tahun 2018 ini namun kamera utama 13-megapiksel f / 1.9 dan kamera 8-megapiksel f / 1.9 untuk kamera depan boleh diandalkan untuk menangkap momen-momen istimewa dan juga jepretan narsis.

Kinerja kamera di situasi cahaya yang cukup cerah terlihat sangat sempurna dengan detil dan warna-warna yang tajam. Hanya saja kamera Galaxy J6 membutuhkan waktu agak lama untuk menyeimbangkan highlights dan bayangan dalam situasi kontras tinggi, kecuali pengguna memotret menggunakan mode HDR.

Harga Samsung Galaxy J6 dan Spesifikasi-2

Untuk situasi cahaya redup, performa kamera agak menurun. Selain kehilangan detail yang cukup signifikan dari foto yang dihasilkan, sulit untuk mendapatkan bidikan bebas buram kecuali pengguna menggunakan mode Pro dan mengganti nilai ISO ke 800 serta menggunakan lampu flash tersendiri.

Secara umum, pengguna harus memaksimalkan fitur kamera di hp Samsung Galaxy J6 jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Baterai Tahan Lama

Mempertimbangkan bahwa Samsung Galaxy J6 2018 menggunakan panel HD+ dan juga chipset Exynos 7870 yang meski tak terlalu kencang namun sangat efisien dalam penggunaan daya maka baterai 3000 mAh yang terpasang dapat bertahan setidaknya satu hari penuh.

Itu untuk pemakaian standar normal seperti media sosial, game, dan menjelajahi web dengan masih menyisakan sekitar 30% dayanya.

Namun, seperti Galaxy A6 (2018), Galaxy J6 pun tidak memiliki fitur pengisian daya cepat, yang berarti pengguna harus menunggu lebih lama hingga terisi penuh sekitar dua jam.


Youtube: Arrinish

6. Harga Hp Samsung Galaxy J6 2018

Sejujurnya sulit untuk merekomendasikan Galaxy J6, mengingat perangkat ini hampir mirip dengan Galaxy A6 (2018). Meskipun lebih murah namun pengguna akan mendapatkan bodi plastik, kamera dengan kemampuan yang diturunkan, dan jeroan yang standar.

ASUS ZenFone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 keduanya lebih murah daripada Galaxy J6 namun menawarkan spesifikasi jeroan yang lebih baru dan lebih baik, dan datang dengan Full HD + display. Saat ini [Desember 2018] harga Samsung Galaxy J6 2018 yang dikutip dari Tokopedia dipatok pada kisaran Rp.2,4 juta – Rp.2,5 juta. Tiga macam warna kesing bodi tersedia untuk ponsel ini yaitu hitam, emas, dan biru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.