Huawei vs Oppo Bagus Mana ?

  • Whatsapp

Huawei vs Oppo Bagus Mana

Huawei Ascend P6 vs Oppo Find Way S Keduanya Relatif Berimbang

Kamera Find Way S maupun Ascend P6 berbekal 8 MP untuk kamera utama, dan 5 MP untuk kamera depan. Lensa kamera utama sama-sama AF, dan didampingi flash. Artinya, pertarungan berada di sektor fitur ekstranya. Sama-sama tak punya tombol khusus untuk kamera, keduanya sama-sama andalkan shutter sentuh untuk pengoperasian. Ascend P6 dan Find Way S tak bisa jepret foto sambil rekam video. Keduanya menyediakan tombol pause untuk jeda rekam. Yang membedakan, ketika jendela video Find Way S terbuka, proses rekaman langsung berjalan. Di Ascend P6, kita masih bisa setel sana-sini dulu.

Kamera utama Ascend P6 dilengkapi moda Single, Smart, Beauty, HDR, Panorama, dan Effect. Di antara pengaturan foto juga kami temukan Object tracking, Capture smile, GPS tag, dan ISO maksimal 800. Sementara itu, di antara pengaturan video terdapat Object tracking, HDR video, Stabilizer, dan GPS tag. Boleh dicatat, resolusi maksimal untuk video adalah FHD 1080p stereo. Kamera utama Find Way S punya moda Rewind, Beauty Plus, Auto Scene, Night, Panorama, Defocus, HDR, dan Sports, selain Normal. Kamera depannya punya Mirrored selfshot. Tak ada yang spesial pada pengaturan video.

Secara umum, kualitas foto dan video dari kamera utama maupun kamera depan relatif setara antara Find Ways S dan Ascend P6. Dengan pengaturan default, pada kondisi cukup cahaya, keduanya menghasilkan foto dengan warna natural dan detil objek tergolong tajam. Diuji pada kotak gelap SINYAL, Ascend P6 dan Find Way S lagi-lagi mampu menangkap detil secara tajam dan warna cukup akurat. Pindah ke video, keduanya sama-sama hasilkan video yang mulus diputar di komputer. Hasil foto dan video sama-sama mudah di-share ke media sosial. Audio Sama-sama menempatkan speaker eksternal di belakang bodi, apalagi sebelah bawah, membuat suara mudah teredam karena ketutupan. Disetel pada level volume yang sama, masing-masing speaker perdengarkan suara yang “bersih” dan nyaring. Pun ketika didorong ke volume maksimal, suara tetap terdengar bulat.

Baca Juga  Chronograph Adalah? Apa itu Jam Tangan Chronograph

Find Way S dibekali Dirac, sementara Ascend P6 membawa Dolby Digital Plus. Kedua fitur tersebut sama-sama aktif ketika earset tercolok. Dengan begitu, kenyamanan dengar musik via earset memang lebih oke. Secara default, hanya ada Music untuk player musik di Find Way S. Sementara Ascend memasang Music maupun Play Music (meski yang ini masih versi 4.5). Pada Find Way S maupun Ascend P6 tak ada fitur yang spesial. FM Radio di Find Way S maupun Ascend P6 baru aktif bila earset tercolok. Tak ada fitur khusus di radio Find Way S maupun Ascend P6; bahkan pengaturannya sangat minim. Kinerja Dengan kondisi firmware terakhir, kami jalankan benchmark pada keduanya dan hasilnya sebagai berikut: Sama-sama ber-clock speed 1.5 GHz, angka Find Way S relatif lebih tinggi.

RAM 2 GB sepertinya tak berpengaruh untuk mendongkrak kinerja Ascend P6. Meski begitu, aplikasi yang menggunakan grafis “berat” relatif malah terasa lebih lancar berjalan di Ascend P6. Keduanya sama-sama lancar menjalankan aktivitas standar. Storage Find Way S yang maksimal 16 GB pastinya lebih lega dibanding Ascend P6 yang hanya maksimal 8 GB. Tapi Find Way S tak dibekali slot microSD. Dengan kondisi WiFi nyala, main game Clash of Clans, sering cek Facebook dan Path, serta grup BBM dan WhatsApp ramai, baterai Find Way S sedikit lebih lama bertahan.

Mungkin karena 3000 mAh, dibanding Ascend P6 yang “hanya” 2000 mAh. Tapi secara rata-rata, keduanya sama-sama boros, yaitu sekitar 6 jam. Software Find Way S di-default empat jendela home screen – bisa ditambah sehingga totalnya sembilan jendela. Semua jendela dipenuhi widget dan ikon. Ascend P6 juga di-default empat jendela home screen, dan bisa ditambah sampai mencapai maksimal sembilan jendela. Bedanya, jendela kedua dari kiri menjadi “jendela utama”, dan jendela kedua dari kanan menjadi “jendela menu” yang dipenuhi ikon aplikasi. Ini mengingatkan kami pada gaya iOS yang langsung menempatkan ikon aplikasi pada home screen. Find Way S dibenami banyak aplikasi pihak ketiga, Kingsoft Office, Facebook, Flashlight, Compass, sampai empat game dari Gameloft. Bawaan khas Oppo yang tampak antara lain NearMe Themes, Wallpapers, Apps, sampai Sync.
Sementara Ascend P6 membawa Polaris Office 4.0, Notes, Flashlight, sampai game Riptide GP. Kami tak mendeteksi keberadaan aplikasi khas Huawei. Yang jelas, Find Way S dan Ascend P6 sama-sama bisa diinstall BBM. Koneksi dan Internet Find Way S tak punya PC suite, sementara Ascend P6 berbekal HiSuite. PC Suite bikinan Huawei ini bisa melakukan banyak hal, dari backup sampai screen capture. Meski begitu, ketika keduanya dihubungkan ke komputer ber- Windows 7 lewat kabel data, driver bisa langsung terinstal. Keduanya bisa terdeteksi sebagai drive, dan kita bisa lakukan transfer file. Bluetooth di Ascend P6 sudah versi 3.0, sementara di Find Way S masih versi 2.1.

Baca Juga  Kail Pancing Mod Apk v1.6.1 (Fishing Hook) Update 2017

Tapi kalau hanya butuh untuk transfer file antar perangkat, sudah mencukupi. Keduanya sama-sama tak punya NFC. WiFi di Find Way S dilengkapi WiFi Direct; di Ascend P6 tak tampak. Ascend P6 dukung USB OTG, Find Way S tidak. Koneksi internet di Ascend P6 dan Find Way S sama-sama bisa bersumber dari seluler maupun WiFi. Keduanya dukung 3G dan setting internet operator langsung dikenali. Keduanya juga punya fungsi WiFi hotspot, serta USB tethering. Di Ascend P6 ada Bluetooth tethering, di Find Way S tidak terlihat. Desain Antara 5.5 inch dan 4.7 inch, layar Find Way S jelas jauh lebih lega. Dukung sepuluh titik sentuh, respon sentuh layar IPS milik Ascend P6 maupun Find Way S sama-sama lancar. Ascend P6 tak menyediakan panel tersendiri untuk Back, Home, dan Recent Apps.

Baca Juga  Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasi

Find Way S menambahkan panel sentuh di bawah layar sentuh untuk Menu, Home, dan Back. Layar Ascend P6 terlihat sedikit lebih terang pada saat brightness disetel ke level tertinggi. Tapi samasama masih bisa dibaca di bawah silau matahari. Keduanya punya opsi otomatis untuk brightness. Objek dalam layar sama-sama tampak tajam dengan warna natural. Dengan layar yang lebih luas, konsekuensinya adalah bodi Find Way S jadi lebih besar lagi sehingga bobotnya pun lebih berat lagi. Bagi mereka yang mematok 4 inch sebagai batas psikologis kenyamanan memegang handset, makin sulit saja untuk memegangnya dengan satu tangan. Dari depan, Find Way S dan Ascend P6 sama-sama terasa “kotak”.

Tapi pada tampak samping, Ascend P6 lebih unik dengan bagian bawah bodi yang melengkung. Penampilan Ascend P6 sendiri agak mengingatkan kami pada iPhone, namun jauh lebih tipis. Ascend P6 menganut unibodi, sementara case Find Way S bisa dibuka. Tersedia dalam warna hitam, putih, dan pink, Ascend P6 tampak metalik. Sementara si putih Find Way S tampak doff mulus. Find Way S meletakkan port micro USB di bawah bodi, jack 3.5 mmm di atas bodi, power di kiri bodi, dan volume 2-arah di kanan bodi. Tak tampak slot microSD. Kedua slot microSIM tersembunyi di balik casing. Sedangkan Ascend P6 menjajarkan power, volume 2-arah, slot microSD, dan slot micro SIM di kanan bodi, jack 3.5 mm di kiri bodi, serta port USB micro di atas bodi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.