Internet Gratis dari Google, Indonesia Kapan ?

  • Whatsapp

Internet Gratis –¬†Saat ini, akses internet dibutuhkan oleh semua kalangan. Termasuk pula kalangan yang kurang mampu. Untuk itu, Google menghadirkan akses internet berkecepatan tinggi secara gratis bagi warga yang kurang mampu. Layanan akses internet gratis ini disediakan oleh Google Fiber untuk warga kurang mampu yang tinggal di Kansas City, sebuah kota di Missouri, Amerika Serikat. Dikutip dari Google Fiber Blog, Google Fiber akan menyediakan layanan internet gratis tersebut di West Bluff, sebuah kawasan permukiman di Kansas City, Missouri. Walaupun gratis, kecepatan yang ditawarkan oleh Google Fiber tak main-main, yakni mencapai satu gigabit per second. Menurut Google Fiber Blog, sebanyak seratus rumah di kawasan tersebut telah tersambung dengan layanan Google Fiber. Keluarga-keluarga yang tinggal di rumah-rumah tersebut dapat mendaftar untuk menikmati akses internet hingga satu gigabit per second. Selain itu, Google Fiber juga berencana akan bekerja sama dengan perusahaan lain penyedia tempat tinggal untuk keluarga kurang mampu untuk menghadirkan layanan serupa di kawasan tersebut. Dengan begitu, nantinya sekitar 1.300 keluarga yang tersebar di sembilan kawasan permukiman akan dapat menikmati layanan internet.

Baca Juga  Download Game Android Offline Tower Defense

Selain Kansas City (Missouri), Google Fiber juga berencana akan menghadirkan layanan serupa di kota-kota lain, dimulai dari kota-kota di mana layanan Google Fiber telah tersedia seperti Austin (Texas) dan Provo (Utah). Namun Google juga telah merencanakan penyediaan layanan di enam kota lain dan kabarnya sedang mempertimbangkan sebelas kota lainnya. Sebelum menghadirkan akses internet gratis dengan kecepatan satu gigabit per second, Google Fiber juga telah menyediakan layanan internet dengan harga yang terjangkau. Pengguna hanya dikenai biaya oleh 1,6 persen perangkat. Sementara hingga bulan Februari kemarin, tercatat sekitar 17 persen smartphone yang telah menggunakannya. Angka tersebut belum ditambah dengan smartphone yang telah menggunakan Android 5.1 yang mencapai sekitar 17,1 persen sehingga adopsi total Android Lollipop telah mencapai angka 34,1 persen. Sementara itu, proses adopsi sistem operasi Android terbaru, Android 6.0 Marsmallow, terbilang masih sangat kecil. Sejak dirilis pada November 2015 lalu, adopsi Android 6.0 Marshmallow masih berada di angka 1,2 persen. Hal ini bisa dipahami mengingat saat ini masih belum banyak smartphone Android yang telah menggunakan sistem operasi tersebut. Tercatat hanya sejumlah varian smartphone Nexus dan sejumlah kecil smartphone lain yang telah menggunakannya.

Baca Juga  Proyektor Terbaik dan Termurah

Namun jika melihat dari adopsi Android Lollipop yang tumbuh pesat dalam setahun. Tampaknya Android Marshmallow juga akan mengalami hal yang sama. Pasalnya, pada tahun ini akan ada banyak smartphone baru yang telah menggunakan sistem operasi tersebut. Di posisi bungsu, masih ada sejumlah kecil pengguna yang masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo, maupun Android 2.3 Gingerbread. Hingga bulan Februari, tercatat ada sebanyak 2,7 persen smartphone yang masih menggunakan Android 2.3 Gingerbread. Sementara pasar Android 2.2 Froyo jauh lebih kecil. Sistem operasi yang telah berusia lima tahun ini masih digunakan oleh 0,1 persen smartphone Android yang ada saat ini. (Steven Irwandi) pemasangan sebesar US$300 yang bisa dibayar langsung atau dicicil selama satu tahun. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan akses internet dengan kecepatan unduh (download) sebesar 5 Mbps dan kecepatan unggah (upload) 1 Mbps tanpa biaya tambahan. Untuk mendapatkan layanan internet gratis di kawasan permukiman umum, para penghuni tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Google juga bekerja sama dengan sejumlah organisasi lokal di Kansas City seperti Connecting for Good dan Surplus Exchange untuk menawarkan diskon pada sejumlah perangkat komputer seperti komputer tablet, notebook, dan smartphone. Tujuannya agar para penghuni bisa membelinya dengan harga yang terjangkau dan menggunakannya untuk mengakses internet dan mempelajari kemampuan baru dalam menggunakan komputer.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.